5 Alasan Kenapa Instagram Tidak Bisa Menyimpan Foto dan Solusinya

by Fanny
kenapa Instagram tidak bisa menyimpan foto

Instagram adalah aplikasi yang menonjolkan pada tampilan visual yang estetik. Karena itulah alasan mengapa banyak orang yang memanfaatkan kamera dan filter pada Instagram untuk mengabadikan suatu momen. Namun tidak jarang  pengguna Instagram yang mengalami error dan bertanya-tanya kenapa Instagram tidak bisa menyimpan foto yang telah ditangkap.

Karena permasalahan ini cukup umum dan sering dirasakan banyak pengguna, dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai beberapa alasan kenapa Instagram tidak bisa menyimpan foto beserta solusinya agar setiap foto yang diambil dapat Sobat MEA simpan ke galeri. Nah daripada berlama-lama lagi, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Alasan Kenapa Instagram Tidak Bisa Menyimpan Foto

Makin laris jualan di Instagram

Dengan gabung ke komunitasnya dan ngobrol langsung dengan ahlinya. Gratis!

Sobat MEA pasti pernah mengambil foto dengan kamera Instagram dan berniat untuk menyimpannya, namun tidak bisa? Tentunya Sobat MEA kebingungan dan kesal karena hal ini terjadi, bukan? Pertanyaannya kemudian adalah, apa sih penyebab hal ini dan bagaimana solusi untuk menyelesaikan permasalahan ini? Pertanyaan tersebut akan kita bahas di bawah ini. Yuk simak!

1. Koneksi Internet Buruk

Alasan pertama kenapa Instagram tidak bisa menyimpan foto adalah karena jaringan internet yang Sobat MEA gunakan tidak lancar. Instagram sendiri adalah salah satu dari banyak aplikasi yang membutuhkan koneksi stabil agar dapat dioperasikan. 

Jadi jika koneksi tidak lancar, maka Sobat MEA akan kesulitan untuk memanfaatkan berbagai macam fitur yang ditawarkan oleh Instagram. Untuk itu agar bisa mengunduh foto di Instagram, pastikan Sobat MEA menggunakan jaringan internet yang stabil, ya.

2. Foto yang Diambil Melanggar Kebijakan Instagram

Jika Sobat MEA belum tahu, Instagram sendiri memiliki kebijakan ketat terkait konten yang akan diunggah atau foto yang diambil. Jika Sobat MEA mengambil foto yang mengandung unsur kekerasan atau hal yang tidak menyenangkan, maka foto tersebut akan terhapus secara otomatis dan Sobat MEA tidak dapat menyimpannya. Jadi, selalu pastikan agar foto yang diambil tidak ada tulisan, gambar, atau ornamen yang menunjukkan tidak kekerasan, ya!

Artikel Terkait  4 Cara Agar Postingan Instagram Tidak Tersimpan di Galeri Secara Otomatis

3. Copyright

kenapa instagram tidak bisa menyimpan foto

Penyebab kenapa Instagram tidak bisa menyimpan foto selanjutnya adalah alasan copyright dan plagiasi. Sobat MEA tidak bisa menyimpan foto yang sudah dipatenkan dan merupakan konten milik orang lain.

4. Akun Di Privasi

Sobat MEA juga tidak bisa menyimpan foto dari Instagram jika akun Sobat MEA merupakan akun private. Instagram sangat menjaga privasi penggunanya, oleh karena itu Instagram juga tidak akan membiarkan akun yang diprivate untuk menyimpan sembarangan foto dengan mudah. Sobat MEA bisa mengatasi masalah kenapa Instagram tidak bisa menyimpan foto ini dengan cara mengubah pengaturan akun menjadi akun publik.

5. Ada Error dan Bug

Setelah mengambil foto dari kamera Instagram, biasanya akan muncul opsi pengunduhan yang bisa Sobat MEA lakukan dengan mengklik ikon unduh pada layar. Namun terkadang ikon ini tidak muncul karena adanya bug, error, atau cache Instagram yang belum dihapus, sehingga mengganggu kinerja aplikasi ini. Hal ini juga bisa terjadi karena Sobat MEA masih menggunakan versi aplikasi yang lama, sehingga banyak fitur baru atau bug yang belum diperbarui.

Solusi Instagram Tidak Bisa Menyimpan Foto

kenapa instagram tidak bisa menyimpan foto

Setelah mengetahui 5 alasan kenapa Instagram tidak bisa menyimpan foto di atas, sekarang saatnya Sobat MEA mengetahui solusinya agar tetap dapat mengunduh foto dari Instagram. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Sobat MEA lakukan:

1. Cek Pengaturan Instagram

Sobat MEA bisa menyimpan foto yang diunggah pada feed Instagram maupun pada Instagram Story secara otomatis dengan mengaktifkannya pada pengaturan di Instagram. Dengan begitu, Sobat MEA tidak perlu menyimpan foto pada Instagram secara manual. Berikut adalah langkah-langkah mudahnya:

  • Buka aplikasi Instagram lalu masuk ke akun Sobat MEA.
  • Masuk ke profil akun dengan klik di sebelah kanan bawah pada halaman utama Instagram.
  • Klik garis tiga di sebelah kanan atas lalu pilih Settings and Privacy atau Pengaturan dan Privasi.
  • Gulir ke bawah dan pilih menu Archiving and Downloading atau Mengarsipkan dan Mengunduh.
  • Pada bagian bawah, ada menu Save Original Photos dan Save Story to Gallery yang bisa Sobat MEA klik toggle-nya hingga berwarna biru.
  • Kembali jika pengaturan sudah selesai dilakukan dan sekarang Sobat MEA bisa menyimpan unggahan pada feed dan story secara otomatis.
Artikel Terkait  Apa itu CTWA? Ini Penjelasan Sampai Cara Menggunakannya!

2. Perbarui Aplikasi

Ketika Sobat MEA masih menggunakan aplikasi Instagram dengan versi yang lama, akan ada beberapa gangguan seperti aplikasi yang lebih lama dibuka hingga beberapa fitur yang tidak dapat digunakan. Oleh karena itu, agar masalah kenapa Instagram tidak bisa menyimpan foto dapat diatasi, Sobat MEA perlu menggunakan versi aplikasi yang terbaru. Berikut caranya memperbarui aplikasi Instagram:

  • Buka Google Play Store atau App Store pada ponsel Sobat MEA.
  • Cari aplikasi Instagram di kolom pencarian yang tersedia.
  • Klik Update atau Perbarui pada tombol yang tersedia.
  • Tunggu hingga aplikasi selesai mengunduh pembaruan.
  • Jika pembaruan sudah selesai, buka kembali aplikasi Instagram dan unduh foto yang diinginkan.

3. Clear Cache

Sobat MEA juga bisa mengatasi kenapa Instagram tidak bisa menyimpan foto dengan membersihkan cache pada ponsel. Cache yang jarang dibersihkan akan membuat aplikasi jadi lebih lama dibuka dan menghambat fitur yang ada. Cara membersihkan cache pada setiap ponsel bisa sedikit berbeda-beda, namun kurang lebih begini langkah-langkah untuk membersihkan cache:

  • Masuk ke Pengaturan pada ponsel Sobat MEA.
  • Pilih menu Aplikasi lalu masuk ke Kelola Aplikasi.
  • Cari aplikasi Instagram pada menu pengaturan, lalu pilih menu Hapus Data.
  • Selanjutnya pilih Bersihkan Cache.
  • Lalu buka kembali aplikasi Instagram dan coba unduh kembali gambar yang diinginkan.

4. Restart Ponsel

ika beberapa cara mengatasi kenapa Instagram tidak bisa menyimpan foto tidak berhasil, maka Sobat MEA bisa merestart ponsel dan membuka aplikasi kembali. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan semua bug atau error yang ada pada ponsel.

You may also like

Leave a Comment