Kenapa Penonton Live TikTok Turun? Berikut Penjelasan dan Cara Mengatasinya!

by Viki
kenapa penonton live tiktok turun

TikTok telah menjadi platform media sosial yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir hingga mengubah cara kita mengkonsumsi konten video dan berhubungan dengan orang lain di seluruh dunia. Tapi ada fenomena yang mulai mengkhawatirkan para pengguna dan kreator TikTok yaitu penurunan penonton live TikTok. Lantas mereka bertanya-tanya, kenapa penonton live TikTok turun? 

Mau Bikin Live TikTok Selalu Ramai?

Yuk, gabung komunitas live streamer MEA! Bongkar semua strategi bikin TikTok banjir audiens dan cuan mengalir di sini. Tenang, full bimbingan, GRATIS!!!

Sementara live TikTok sendiri bisa menjadi salah satu cara berjualan dimana kreator melakukan interaksi secara langsung dengan para penonton hingga menawarkan produk yang dijual. Dengan hal ini, Calon pelanggan pun bisa bertanya langsung mengenai produk yang Sobat MEA tawarkan melalui fitur komentar dan bisa Sobat MEA jawab selama live tersebut berlangsung di aplikasi TikTok. 

Tapi berjualan dengan live TikTok juga sama seperti metode jualan lainnya, terkadang mengalami masalah dimana penonton tiba tiba berkurang secara drastis. Tapi kenapa penonton live TikTok turun? Mari kita analisa untuk mengetahui apa yang harus diperbaiki agar penjualan lebih maksimal. Jadi, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Kenapa Penonton Live TikTok Turun?

Mau Penjualan Naik Terus Tanpa Harus Live Sendiri Terus?

Sini, biar tim hebat MEA yang akan bantu! Jadi kamu gak perlu risau sama live yang sepi. Karena kami akan bantu boost live kamu sampai cuan maksimal~

Salah satu faktor yang mungkin menjadi penyebabnya adalah kejenuhan konten. Seiring dengan pertumbuhan pesat TikTok, semakin banyak pengguna yang menjadi kreator konten. Ini berarti bahwa penonton memiliki lebih banyak pilihan konten yang dapat mereka tonton, dan sebagai akibatnya, persaingan semakin ketat. 

Artikel Terkait  Video Lebih Asyik, Ini 2 Cara Menambahkan Lagu di Capcut. Proses Cepat!

Jika penonton merasa bahwa konten yang mereka lihat pada live TikTok tidak menarik atau tidak unik, mereka mungkin beralih ke konten lain atau bahkan ke platform sosial media lainnya.

Frekuensi live TikTok juga dapat berdampak pada penurunan penonton. Beberapa kreator mungkin berlebihan dalam melakukan siaran langsung, yang dapat mengurangi rasa eksklusivitas dan keistimewaan dari pengalaman tersebut. 

Jika penonton terbiasa dengan konten live TikTok yang sering muncul, mereka mungkin kehilangan minat atau merasa bahwa tidak ada yang baru atau menarik dalam siaran tersebut.

Selanjutnya, interaksi dan keterlibatan yang kurang dapat menjadi alasan penonton live TikTok turun. Live TikTok seharusnya memberikan kesempatan bagi penonton untuk terlibat dengan kreator dan berinteraksi secara langsung melalui komentar dan hadiah virtual. 

Tapi jika kreator tidak memperhatikan komentar atau tidak memberikan respons yang memadai, penonton mungkin kehilangan minat dan merasa bahwa live TikTok tidak menawarkan pengalaman yang berharga.

Menurunnya penonton live juga bisa karena adanya indikator akun yang terkena shadowban. Hal ini merupakan larangan atau pembatasan secara otomatis oleh algoritma TikTok yang bersifat sementara pada suatu akun TikTok pribadi. 

Tidak ada pemberitahuan secara pasti mengenai ciri ciri ShadowBan. Tapi jika akun TikTok terkena Shadowban biasanya konten akan menjadi sulit FYP, sulit mendapatkan interaksi, akun sulit dicari, bahkan kehilangan banyak penonton live. Adapun tujuan dari shadowban yaitu untuk melindungi platform dari konten pornografi, spam, konten negatif, dan lain sebagainya. 

Cara Mengatasi Penonton Live TikTok Turun

Setelah memahami faktor-faktor menyebabkan kenapa penonton live TikTok turun, MiMe juga akan membagikan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. Adapun langkah-langkah yang perlu Sobat MEA lakukan adalah sebagai berikut:

Berinovasi dalam Membuat Konten

Kreator harus berupaya untuk terus menghadirkan konten yang unik, menarik, dan berbeda dari yang lain. Mereka dapat melakukan riset tentang tren terbaru, mengeksplorasi topik yang sedang naik daun, atau menampilkan keahlian khusus yang mereka miliki. Semakin menarik konten yang disajikan, semakin besar kemungkinan penonton akan kembali dan menonton live TikTok.

Menjadwalkan Siaran Live dengan Bijak

Kreator perlu mempertimbangkan frekuensi dan jadwal siaran live TikTok mereka. Terlalu sering atau terlalu jarang melakukan siaran live dapat membosankan atau menghilangkan ekspektasi penonton.

Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan

Kreator harus aktif berinteraksi dengan penonton selama siaran live TikTok. Mereka harus merespons komentar, menjawab pertanyaan, dan melibatkan penonton dalam percakapan. Dengan cara ini, penonton akan merasa dihargai dan terlibat dalam pengalaman live TikTok, yang dapat mendorong mereka untuk tetap berada di siaran dan bahkan mengajak teman-teman mereka untuk bergabung.

Menggunakan Fitur-Fitur yang Tersedia

TikTok menyediakan berbagai fitur yang dapat digunakan oleh kreator untuk meningkatkan interaksi dan daya tarik siaran live. Misalnya, mereka dapat menggunakan polling atau pertanyaan langsung untuk melibatkan penonton dalam keputusan atau diskusi. Fitur hadiah virtual juga dapat digunakan untuk memberikan apresiasi kepada penonton yang aktif berpartisipasi dalam siaran.

Promosi Sebelum Siaran Live

Kreator dapat menggunakan platform TikTok untuk mempromosikan siaran live mereka sebelumnya. Mereka dapat membuat video pendek yang mengundang penonton untuk bergabung dalam siaran live dengan memberikan gambaran tentang apa yang akan ditampilkan. Mereka juga bisa memanfaatkan TikTok Ads untuk memperluas jangkauan videonya.

Artikel Terkait  Ini Dia Ukuran Video Facebook yang Efektif Untuk Promosi Bisnis. Yuk, Intip!

Dengan membangun antisipasi dan menarik perhatian penonton potensial, ada kemungkinan lebih besar bahwa mereka akan mengikuti siaran live TikTok.

Kolaborasi dengan Kreator Lain

Kolaborasi dengan kreator TikTok lain dapat menjadi cara efektif untuk menarik lebih banyak penonton ke siaran live. Melalui kolaborasi, kreator dapat saling memperluas jangkauan dan menarik penggemar dari masing-masing basis pengikut mereka. Ini dapat menciptakan kesempatan bagi penonton yang baru untuk mengenal kreator dan menonton live TikTok mereka.

Memperhatikan Umpan Balik Penonton

Kreator perlu mendengarkan umpan balik dari penonton mereka dan menggunakan informasi tersebut untuk memperbaiki dan memperbaiki siaran live TikTok mereka. Mengadakan jajak pendapat, meminta saran, atau mengadakan sesi tanya jawab dapat membantu kreator memahami apa yang diinginkan penonton dan bagaimana mereka dapat meningkatkan pengalaman live TikTok.

Ya, begitulah kira-kira penyebab kenapa penonton live TikTok turun. perlu Sobat MEA ketahui, dalam mengatasi penurunan penonton live TikTok, penting bagi kreator untuk tetap fleksibel dan terbuka terhadap perubahan. 

Ingat, Platform sosial media selalu berubah dan berkembang, dan kreator harus siap untuk beradaptasi dengan tren dan preferensi baru. Dengan begitu, penonton live TikTok yang turun dapat dikembalikan, dan popularitas kreator dapat tumbuh kembali.

You may also like

1 comment

Bundanunu2 September 30, 2023 - 4:22 pm

Beri masuk yg bagus

Reply

Leave a Comment