Kenapa Shopee Live Tidak Bisa Digunakan? Ini Alasannya!

by Viki
kenapa shopee live tidak bisa digunakan

Kenapa fitur Shopee Live tidak muncul ketika ingin live streaming? Kendala seperti ini memang jarang terjadi, tapi jika sobat MEA mengalaminya, ada beberapa kemungkinan penyebab. Untuk itu, Mari kita bahas alasan dan solusi dari kenapa Shopee Live tidak bisa digunakan. Simak artikel ini sampai habis ya!

Table of Contents

Bagaimana Cara Menemukan Fitur Shopee Live?

Maksimalkan Live Shopee sampai cuan lewat Shopee MCN Partner
Tentunya yang profesional hanya bisa kamu dapatkan di MCN Shopee MEA!

Fitur Shopee Live sebenarnya bisa diakses ketika pengguna membuka aplikasi. Fitur Shopee Live akan muncul di halaman utama aplikasi Shopee. Jika sobat MEA ingin memulai Live, Sobat MEA pun bisa fitur Shopee Live pada menu halaman utama aplikasi, kemudian pilih video dengan ikon (+) untuk memulai live.

Jika fitur Shopee Live tidak muncul pada halaman utama, Sobat MEA bisa melakukan cara lainnya dengan menekan menu Saya di aplikasi Shopee. Lalu cari menu Shopee Live. Nah, Sobat MEA tinggal klik ikon Buat Live Streaming untuk memulai live.

Syarat Menggunakan Fitur Live Shopee

Ingin bisa Live di Shopee dan menghasilkan keuntungan?
Pastikan kamu kupas tuntas rahasia sukses affiliate dan mentor berpengalaman di komunitas bisnis MEA!

Untuk melakukan Live Shopee, ada beberapa syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi agar proses siaranmu dapat berjalan lancar tanpa hambatan. Melansir laman Shopee, berikut uraiannya:

  • Pastikan akun penjual sudah terverifikasi menggunakan NPWP dan KTP.
  • Produk yang akan disiarkan tidak melanggar kebijakan produk yang ada di Shopee. 
  • Pastikan sobat MEA menggunakan perangkat yang kompatibel agar proses live berjalan lancar.
  • Produk yang dipromosikan melalui fitur Shopee Live harus tersedia untuk memudahkan pembeli saat checkout
  • Pastikan Sobat MEA membuat konten sesuai pedoman dan kebijakan yang sudah ditetapkan.
  • Hindari menampilkan informasi pribadi saat live.
Artikel Terkait  Gak Perlu Rekening Bank, Ternyata Gini Cara Tarik Saldo ShopeePay di Alfamart!

Kenapa Shopee Live Tidak Bisa Digunakan?

Lalu bagaimana jika kita tidak bisa melakukan live streaming di Shopee? Bagi Seller yang tidak bisa mengakses fitur Shopee Live, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kenapa Shopee Live tidak bisa digunakan. Berikut uraian lengkapnya:

1. Masalah Koneksi Internet

Jika sobat MEA tidak bisa membuka Shopee Live, cobalah untuk memeriksa akses internet di HP. Silahkan cek melalui browser atau buka aplikasi lain, jika masalahnya sama, kemungkinan besar dari koneksi internetnya. Lalu cek juga apakah kuota sobat MEA masih tersedia atau sudah habis.

Untuk mengatasi masalah koneksi internet ini, Sobat MEA bisa menutup aplikasi Shopee terlebih dahulu, atau hapus aplikasinya lewat recent apps dan menginstallnya kembali. 

2. Aplikasi Belum Update

Kendala akses Shopee Live juga bisa disebabkan oleh aplikasi Shopee yang belum di update atau sudah kadaluarsa. Dengan demikian, harap cek ketersediaan pembaruan aplikasi Shopee di Google PlayStore. Jika ada tulisan update, Sobat MEA tinggal mengeklik pilihan tersebut.

3. Cache Menumpuk di Aplikasi Shopee

Alasan lain kenapa Shopee Live tidak bisa digunakan, yaitu bisa disebabkan oleh cache yang menumpuk pada aplikasi Shopee. Untuk mengatasinya, silahkan hapus cache pada aplikasi Shopee. 

4. Kesalahan Pada Sistem Aplikasi Shopee

Bisa jadi, kendala Shopee Live tidak muncul akibat adanya kesalahan dalam sistem aplikasi Shopee. Masalah ini juga sering dijumpai ketika menggunakan aplikasi lainnya, seperti adanya maintenance atau perbaikan dalam sistem aplikasi Shopee. Untuk solusinya, sobat MEA harus menunggu beberapa saat sebelum membuka fitur Shopee Live kembali. 

Jika semua cara di atas sudah dilakukan tapi hasilnya tetap nihil, Sobat MEA bisa mengajukan keluhan ke layanan pelanggan Shopee, caranya dengan menghubungi customer service Shopee

Biasanya CS Shopee akan langsung menjawab dan memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang sobat MEA alami.

Nah, itu dia penyebab kenapa Shopee Live tidak bisa digunakan beserta solusinya. Bahkan Sobat MEA juga bisa menghubungi CS Shopee jika perlu. Tapi ingat, Sobat MEA juga perlu mengecek apakah Sobat MEA telah memenuhi syarat live Shopee atau belum, karena ini juga menentukan ketersediaan fitur live ini. Jadi, selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment