Kenapa ShopeePay Tidak Bisa Digunakan dan Bagaimana Mengatasinya?

by Fanny
kenapa shopeepay tidak bisa digunakan

Ada banyak metode pembayaran yang ditawarkan oleh Shopee. Mulai dari transfer bank, ShopeePay, ShopeePaylater, hingga COD. Penggunaan ShopeePay sendiri menjadi cara pembayaran yang paling banyak digunakan oleh pengguna Shopee. Tapi pernah nggak Sobat MEA mengalami kendala saat melakukan pembayaran? Pertanyaannya kemudian adalah kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan?

Jika Sobat MEA pernah atau sedang mengalami kendala ini,tidak perlu gusar. Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa alasan kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan sekaligus langkah-langkah cara mengatasinya. Yuk simak ulasan selengkapnya agar Sobat MEA bisa berbelanja dengan aman dan nyaman!

Kenapa ShopeePay Tidak Bisa Digunakan?

Belajar jualan di Shopee dan diskusi bareng seller Shopee berpengalaman

Mau? Gabung ke komunitas seller marketplace MEA secara gratis di sini sekarag juga

Ketika ShopeePay bermasalah, maka Sobat MEA akan kesulitan untuk melakukan transaksi. Sobat MEA tetap bisa jual beli produk dengan menggunakan metode pembayaran lainnya, namun tentunya hal ini tidak akan semudah dan secepat menggunakan ShopeePay mengingat Sobat MEA perlu membuka aplikasi m-banking atau e-wallet lainnya.

Untuk itu Sobat MEA perlu mengetahui beberapa alasan kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan agar bisa mengatasinya dan menggunakan aplikasi Shopee seperti sedia kala. Ini dia beberapa penyebab ShopeePay Sobat MEA bermasalah:

1. Server Down

Alasan pertama kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan adalah ada kemungkinan terjadinya server Shopee yang down. Ketika hal ini terjadi, tidak hanya ShopeePay saja yang bermasalah, namun fitur Shopee lain juga akan terganggu ketika diakses. Saat mengalami hal ini, Sobat MEA perlu menunggu beberapa saat hingga server normal kembali.

2. Jaringan Tidak Stabil

3. Akun ShopeePay Belum Diverifikasi

Penyebab kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan selanjutnya adalah karena akun ShopeePay Sobat MEA yang belum menyelesaikan proses verifikasi. Untuk itu pastikan Sobat MEA sudah mengaktifkan fitur ShopeePay terlebih dahulu sebelum berbelanja.

4. Aplikasi Shopee Belum Diupdate ke Versi Terbaru

Penyebab lain ShopeePay tidak bisa digunakan adalah karena Sobat MEA masih menggunakan aplikasi Shopee versi lama, sehingga hal ini membuat Sobat MEA tidak dapat menggunakan fitur Shopee secara maksimal. Karena itu, Sobat MEA wajib untuk mengupdate aplikasi Shopee ke versi yang terbaru.

5. Data dan Cache Shopee Menumpuk

Iklanin produk di Shopee buat tingkatin omset!

Nggak tau caranya? Tenang aja, ada Jasa Iklan Shopee yang bisa bantu kamu dari awal sampai cuan!

Penyebab kelima kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan adalah karena ada banyaknya data Shopee di ponsel. Hal ini menyebabkan Shopee menjadi eror dan tidak bisa memaksimalkan fungsinya. Cache dan cookie dari aplikasi yang tidak dibersihkan secara rutin juga akan memperlambat proses transaksi menggunakan ShopeePay. Karena itu, Sobat MEA harus hapus cache Shopee secara berkala.

6. Saldo ShopeePay Tidak Cukup

Ketika ingin berbelanja, tentunya Sobat MEA harus sedia uang dulu, dong? Hal ini juga berlaku ketika Sobat MEA melakukan jual beli online di marketplace seperti Shopee. Sobat MEA perlu mengisi saldo ShopeePay terlebih dahulu untuk bisa melakukan transaksi.

7. Seller Tidak Menerima Pembayaran ShopeePay

8. Lupa PIN ShopeePay

Alasan kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan lainnya adalah karena Sobat MEA mungkin lupa dengan PIN ShopeePay. Saat melakukan pembayaran, Sobat MEA akan diminta untuk memasukkan PIN ShopeePay sebagai salah satu bentuk verifikasi pembayaran. 

Hal ini tentunya bertujuan untuk menjamin keamanan pembayaran dan memastikan bahwa akun Sobat MEA tidak disalahgunakan oleh orang lain. Jadi pastikan Sobat MEA selalu mengingat PIN ShopeePay agar dapat bertransaksi di Shopee tanpa masalah, ya.

9. Akun Shopee Dibatasi

Akun Shopee dapat dibatasi aktivitasnya oleh pihak Shopee jika Sobat MEA melakukan pelanggaran. Pembatasan ini bermacam-macam bentuknya. Mulai dari tidak bisa login, tidak bisa melakukan pembelian atau penjualan sampai pembatasan fitur lainnya. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan.

4 Cara Mengatasi ShopeePay Tidak Bisa Digunakan

Belajar jualan di Shopee kapan aja dan di mana aja

Dengan gabung Kelas Shopee untuk membantu meningkatkan penjualanmu!

Setelah mengetahui 9 alasan kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan, sekarang saatnya kami membagikan bagaimana cara mengatasinya agar Sobat MEA bisa menggunakan ShopeePay kembali tanpa kendala. Berikut beberapa cara mengatasinya:

1. Buka Ulang Aplikasi Shopee

Cara mengatasi kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan yang pertama adalah dengan membuka ulang Shopee yang bisa Sobat MEA lakukan dengan:

  • Ketika aplikasi Shopee terbuka, segera tutup aplikasi kembali.
  • Jika muncul notifikasi Error, klik Paksa Berhenti Aplikasi.
  • Tutup Shopee dari daftar aplikasi di Recent Apps.
  • Buka kembali aplikasi Shopee.

2. Login Ulang Aplikasi Shopee

  • Buka Shopee.
  • Buka menu Saya yang berada di sebelah kanan bawah.
  • Gulir ke bawah lalu pilih Keluar atau Logout.
  • Tunggu beberapa saat, lalu masuk kembali menggunakan username dan kata kunci akun Shopee Sobat MEA.

3. Update Aplikasi Shopee

kenapa shopeepay tidak bisa digunakan

Solusi selanjutnya dari kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan adalah dengan memperbarui aplikasi Shopee. Cara update aplikasi Shopee untuk perangkat Android dan iPhone sendiri hampir sama. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, buka AppStore atau Google Play Store di ponsel Sobat MEA.
  • Cari aplikasi Shopee.
  • Klik tombol Update atau Perbarui yang ada di sampingnya.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai, lalu Sobat MEA bisa langsung menggunakan aplikasi Shopee versi terbaru.

4. Hubungi Customer Service Shopee

Jika semua cara sudah dilakukan namun ShopeePay masih bermasalah, Sobat MEA boleh banget loh menghubungi pihak Shopee secara langsung melalui jasa customer service mereka. Berikut beberapa daftar kontak Shopee yang bisa Sobat MEA hubungi:

  • Email: Support@Shopee.co.id.
  • Call center: 0218-086-4200
  • Instagram: @shopee_id
  • Facebook: @ShopeeID
  • Aplikasi: Masuk ke tab Akun > Chat dengan Shopee > Chat dengan agen Shopee.

Itu dia penyebab dan cara mengatasi kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan. Mana cara yang ingin Sobat MEA coba dan sudah berhasil untuk diaplikasikan? Ikuti terus update artikel terbaru dari Komunitas MEA biar Sobat MEA nggak ketinggalan informasi menarik seperti ini, ya!

You may also like

Leave a Comment