Kenapa Video TikTok Tidak Bisa Diputar? Ini 4 Penyebabnya!

by Viki
kenapa video tiktok tidak bisa diputar

Seiring perkembangannya, TikTok telah mengubah cara orang berinteraksi dengan video pendek.  TikTok menyuguhkan berbagai konten kreatif di dalamnya. Sehingga tidak heran jika semakin banyak pengguna yang betah memainkan video TikTok. Tapi beberapa pengguna justru mengalami masalah pada video TikTok yang disuguhkan tersebut. Kenapa video TikTok tidak bisa diputar? 

Padahal koneksi internet stabil dan kuota tercukupi. Tapi saat menggulir halaman TikTok, Sobat MEA pun menemukan video yang terus loading dan tidak bisa diputar. Hal ini tentu saja sangat mengganggu. Apalagi jika sedang asyik-asyiknya bermain TikTok. 

Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa video TikTok tidak bisa diputar. Sobat MEA tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini, MiMe akan membagikan beberapa penyebab video TikTok tidak bisa diputar beserta solusinya. Yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

Table of Contents

Kenapa Video TikTok Tidak Bisa Diputar?

Mau belajar bikin konten marketing di TikTok biar bisa hasilkan cuan?
Yuk diskusi bareng content creator TikTok lain di komunitas creator TikTok MEA sekarang juga. GRATIS!

Seperti kita ketahui, TikTok memiliki pengguna aktif harian TikTok secara global yang diperkirakan mencapai 35,28 juta pengguna, baik iOS maupun Android. TikTok juga telah menjadi salah satu aplikasi paling populer selama beberapa tahun terakhir. Rata-rata, pengguna TikTok menghabiskan lebih dari 1,5 jam atau 95 menit per hari untuk membuka aplikasi TikTok ini.

Selain itu, setidaknya ada 4 alasan lain yang menjadi penyebab kenapa video TikTok tidak bisa diputar. Nah untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasannya. Yuk langsung simak aja! 

1. Cache dan Data Aplikasi

Mau dapat sampel gratis dan komisi ekstra dari TikTok Affiliate?
Nggak susah kok. Gabung aja ke MCN TikTok MEA sekarang juga!

Sobat MEA pasti sering mendengar kata cache. Ya, TikTok juga menyimpan cache dan data aplikasi yang seiring waktu dapat menyebabkan masalah dalam pemutaran video. Cache yang terlalu penuh atau data yang rusak dapat menghambat kemampuan aplikasi untuk memuat dan memutar video dengan benar.

Dalam hal ini, Cobalah untuk menghapus cache dan data aplikasi TikTok di pengaturan perangkatmu. Setelah itu, coba buka aplikasi kembali dan lihat apakah masalahnya teratasi.

2. Versi Aplikasi yang Tidak Terbaru

Masalah yang kedua, mungkin Sobat MEA perlu pembaruan aplikasi untuk memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja. Pengguna yang menggunakan versi aplikasi yang lama mungkin menghadapi masalah dalam memutar video. 

Maka pastikan Sobat MEA menggunakan versi terbaru aplikasi TikTok. Cek Google Play Store atau AppStore untuk memastikan Sobat MEA memiliki versi yang terbaru. Lalu update aplikasi dan buka kembali aplikasi TikTok yang telah diperbarui tersebut. 

3. Keterbatasan Perangkat atau Sistem Operasi

kenapa video tiktok tidak bisa diputar

Ternyata tidak semua perangkat atau sistem operasi mendukung. Beberapa video TikTok justru menggunakan format atau fitur tertentu yang mungkin tidak didukung oleh perangkat yang Sobat MEA gunakan. Ini dapat mengakibatkan video tidak dapat diputar dengan benar. 

4. Gangguan Pada Server TikTok

Sama seperti platform lainnya, TikTok juga terkadang mengalami masalah dengan server yang menyebabkan video tidak bisa diputar. Gangguan server ini dapat terjadi karena pemeliharaan, lonjakan lalu lintas, atau masalah teknis lainnya.

Tapi untuk hal ini, Sobat MEA tidak dapat mengatasi masalah server TikTok secara langsung. Cobalah untuk bersabar dan tunggu beberapa waktu sebelum mencoba memutar video lagi.

Begitulah 4 penyebab kenapa video TikTok tidak bisa diputar. Jika masalah tetap berlanjut, pertimbangkan untuk menghubungi dukungan pelanggan TikTok atau mencari bantuan dari sumber lainnya. 

Nah itulah 4 penyebab kenapa video TikTok tidak bisa diputar. Perlu diingat, secanggih apapun teknologi, tidaklah selalu sempurna. Tapi dengan pemahaman yang baik tentang masalah yang mungkin muncul, Sobat MEA dapat lebih mudah mengatasi kendala tersebut dan meningkatkan pengalaman di TikTok. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment