Kenapa Viewers Instagram Menurun? Ini loh 4 Penyebabnya~

by Viki
kenapa viewers instagram menurun

Sebagai pebisnis, Sobat MEA tentu perlu fokus menerapkan strategi social media marketing dengan maksimal. Maka sesekali Sobat MEA pun memeriksa bagaimana performa dan perkembangannya. Sayangnya masih banyak pengguna yang mengalami masalah pada views IG. Nah, kenapa viewers Instagram menurun? Yuk, simak artikel ini untuk mendapatkan jawaban dan solusinya.

Seperti yang kita ketahui, viewers Instagram penting untuk membantumu meningkatkan brand awareness hingga jangkauan bisnis terhadap target pasar yang dituju agar lebih mudah terhubung dengan banyak pelanggan. 

Table of Contents

Kenapa Viewers Instagram Menurun?

Mau tau rahasia viewers dan engagement Instagram selalu naik?
Yuk kepoin bareng kreator dan mentor berpengalaman di komunitas MEA. Kupas tuntas ilmu dagingnya!

Tapi perlu diingat bahwa viewers IG ini bukan sekadar angka. Melalui jumlah viewers, kita dapat mengetahui feedback yang diberikan audiens untuk memahami strategi marketing mana yang perlu ditingkatkan hingga membangun brand loyalty

Nah, lantas kenapa viewers Instagram menurun? Mengingat banyaknya followers tidak menjadikan viewers akun atau konten akan tinggi. Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab viewers Instagram menurun yang perlu Sobat MEA ketahui

1. Memposting IG Story dalam Waktu Berdekatan

Sobat MEA tentu sudah familiar dengan Instagram Story. Salah satu fitur Instagram yang tidak hanya untuk berbagi momen secara real-time, tapi juga digunakan untuk berinteraksi dengan audiens.

Meski demikian, jika Sobat MEA memposting Instagram Story yang terlalu banyak dalam waktu yang bersamaan bisa membuat audiens malas untuk membukanya, terutama Story Instagram yang titik-titik. Mereka justru akan meninggalkan postingan tersebut.

2. Tidak Memposting Konten di Waktu yang Tepat

Oleh karena itu, bisa jadi Sobat MEA tidak mendapatkan viewers karena memposting konten di waktu yang kurang tepat. Untuk itu, pastikan Sobat MEA memperhatikan waktu mereka ketika akan memposting konten. Sobat MEA juga perlu mengetahui kapan followers mengunjungi Feed dan Instagram Story. Sebenarnya hal ini bisa dilihat di halaman Insight Instagram. Tapi umumnya, jadwal untuk memposting konten yaitu, pagi, siang, sore, atau malam hari.

3. Kurang Berinteraksi dengan Audiens

Atau Sobat MEA mungkin kurang berinteraksi dengan audiens, audiens atau followers. Mereka tentu ingin mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari memfollow akunmu. Sehingga pastikan Sobat MEA tidak memposting konten saja tanpa ada interaksi.

Dalam hal ini, pastikan Sobat MEA terus melibatkan audiens pada konten yang dibuat dengan memanfaatkan fitur-fitur Instagram seperti membuat caption, InstaStory, kuis, melakukan survey, membalas komentar, membalas DM, dan lain sebagainya. 

4. Konten Tidak Relevan

Penyebab yang terakhir, mungkin konten yang Sobat MEA bagikan tidak relevan dengan niche akun atau pengikutmu. Untuk itu, pastikan Sobat MEA membuat konten yang sesuai kesukaan, kebutuhan, pengaruh audiens, hingga kebiasaan mereka di Instagram. 

Ingat, konten yang tidak relevan hanya membuat audiens tidak tertarik untuk berinteraksi. Itulah mengapa viewers dan engagement kontenmu menjadi lebih rendah dari sebelumnya. 

6 Tips Meningkatkan Viewers di Instagram

Mau bisnis kamu dikelola secara profesional?
Daripada rekrut orang mending pakai aja jasa MEA. Bisa konsultasi dulu!

1. Buat Konten yang Berkualitas Tinggi

Pastikan Sobat MEA memperhatikan kualitas gambar dan suara yang diposting. Dalam hal ini, Sobat MEA perlu memaksimalkan proses editing hingga konten terlihat menarik. Sobat MEA juga perlu menggunakan format konten terbaru yang sejalan dengan ciri khas bisnismu. 

Sobat MEA bisa menggunakan topik yang sesuai dengan minat dan selera target audiens. Pastikan topik yang diambil juga bersifat menghibur dan relevan, atau mengambil topik-topik yang sedang dibicarakan dan diminati oleh audiens. Pastikan juga Sobat MEA memposting konten pada waktu yang tepat seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

2. Optimalkan Caption dan Hashtags

Jangan hanya memposting foto dan video. Di dalamnya, Sobat MEA perlu menyertakan caption yang mampu memikat perhatian audiens. Itulah mengapa Sobat MEA perlu menulis caption yang menarik. 

Selain itu, Sobat MEA juga perlu menggunakan hashtag yang relevan. Penggunaan hashtag ini dapat meningkatkan jangkauan video kepada audiens yang lebih luas. 

3. Update Sound yang Sedang Viral

Khususnya untuk IG Story dan IG Reels, Sobat MEA tidak hanya dari memerlukan format. Sobat MEA juga perlu memahami sound yang populer di Instagram. Instagram sendiri memiliki banyak jenis sound dari berbagai musisi papan atas atau video lain yang sudah viral terlebih dahulu. Nah, Sobat MEA bisa memanfaatkannya untuk menciptakan konten dengan views yang tinggi.

4. Unggah Konten Secara Konsisten

Ingat, konsistensi adalah kunci. Untuk itu, pastikan Sobat MEA terus memposting konten yang berkualitas setiap harinya. Jangan sampai berhenti memposting konten di Instagram. Karena semakin sering Sobat MEA memposting konten berkualitas, semakin besar kemungkinanmu untuk mendapatkan lebih banyak views.

5. Aktif Berinteraksi dengan Audiens

Jangan salah, keterlibatanmu dengan audiens dapat mempengaruhi kualitas performa akun. Semakin aktif Sobat MEA melakukan interaksi, semakin besar peluang kontenmu masuk ke halaman explore, semakin besar juga engagement yang terjadi.

6. Berkolaborasi dengan Influencers

Influencer marketing tengah marak digunakan oleh pebisnis online di Instagram. Pasalnya strategi ini dapat membantu pengguna dalam menjangkau audiens yang lebih luas. Sesuai namanya, influencer mampu mempengaruhi daya tarik audiens. Bahkan mereka dapat mengajak followers-nya untuk mengikuti bisnismu.

Tapi pastikan Sobat MEA hanya memilih influencer yang memiliki niche yang sama dengan bisnismu. Influencer yang dipilih juga harus memiliki reputasi yang baik, selain followers yang besar. Misalnya, Sobat MEA menjual produk make up dan skincare. Sobat MEA bisa memilih beauty vlogger untuk bekerja sama denganmu. 

Yap, begitulah informasi terkait kenapa viewers Instagram menurun yang perlu diketahui beserta tips meningkatkanya. Setiap permasalahan tentunya ada penyebab. Tapi yang terpenting adalah bagaimana Sobat MEA dapat mengatasinya. Untuk itu, pastikan Sobat MEA senantiasa menerapkan strategi yang tepat untuk membuat Instagram bisnis tetap berkembang. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment