5 Kesalahan Shopee Affiliate Agar Langsung Cuan. Hindari!

by Viki
kesalahan shopee affiliate

Sebagai Shopee Affiliate, Sobat MEA tentunya ingin dapat mempromosikan produk dan mendapatkan keuntungan. Tapi bagaimana jika Sobat MEA justru rugi dalam program ini? Sepertinya ada kesalahan Shopee Affiliate yang pernah dilakukan secara sengaja dan tidak sengaja. Memangnya apa saja?

Melansir laman Shopee, Shopee Affiliates adalah program dari Shopee yang memungkinkan Konten Kreator untuk mempromosikan berbagai produk di Shopee dan mendapatkan komisi dari setiap produk yang berhasil terjual. 

Hanya saja, masih banyak Affiliator yang menjalankan program Shopee Affiliate tanpa mempelajari ilmunya terlebih dahulu. Sehingga tidak ada komisi yang masuk. Mengapa demikian? Simak kesalahan Shopee Affiliate yang sering dilakukan.

Table of Contents

5 Kesalahan Shopee Affiliate Bagi Pemula

Mau dapat komisi extra dan sample produk gratis di Shopee Affiliate?
Yuk gabung ke MCN Shopee MEA sekarang juga!

Sebenarnya dalam Shopee Affiliate program, Sobat MEA berkesempatan mendapatkan komisi mulai 2,5% hingga 10%. Tapi dikarenakan suatu kesalahan, Sobat MEA tidak bisa menerima komisi, sehingga promosi produk menjadi sia-sia. Lantas apa saja kesalahan Shopee Affiliate bagi pemula yang perlu dihindari? 

1. Share Link Sembarangan

Ternyata masih banyak Affiliator yang membagikan link tidak pada tempatnya. Sebenarnya tidak ada yang salah, tapi tautan yang Sobat MEA bagikan berpotensi tidak menghasilkan komisi. 

Mungkin banyak yang mengeklik. Tapi akan sangat kecil peluang mereka untuk membeli. Karena pada dasarnya, calon konsumen hanya akan mencari solusi untuk suatu masalah. 

Sebaiknya Sobat MEA hanya share link produk ke media sosial sesuai kebutuhan. Karena biar bagaimanapun, Shopee Affiliate juga perlu fokus memperbanyak follower potensial daripada sekadar membagikan tautan. Ini lebih efektif untuk menghasilkan konversi. 

2. Ingin Hasil Instan

Gimana sih agar Shopee Affiliate tetap cuan dan aman?
Yuk kepoin tips n trik nya di komunitas MEA bareng mentor berpengalaman!

Mengikuti program Shopee Affiliate memang bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah. Tapi banyak yang menyampaikan bahwa Affiliator bisa mendapatkannya dalam waktu singkat. Padahal dibalik penghasilan yang besar, perlu usaha yang keras dan proses yang panjang. 

Sebenarnya komisi Shopee Affiliate relatif kecil yaitu sektiar 3% maksimal 10.000 per transaksi. Sehingga untuk menjadi sukses, perlu memiliki jutaan followers dan aktif mengunggah konten promosi. 

Jika masih pemula tapi sudah mengharapkan hasil yang fantastis, sangat kecil kemungkinan suksesnya.  Nyatanya, tidak sedikit Affiliate pemula yang sudah bergabung berbulan-bulan tapi hanya menghasilkan konversi yang kecil. 

Oleh karena itu, sebaiknya kumpulkan target konsumen (Lead) sebanyak-banyaknya dengan menyajikan konten yang bermanfaat untuk mengkonversikannya menjadi komisi.

3. Tidak Punya Kolam Sendiri

Pastikan media sosial yang Sobat MEA miliki sudah terbentuk Niche nya sendiri, alias memiliki topik khusus misalnya membahas resep masakan, interior rumah, otomotif dan lain-lain. Ini penting untuk membentuk kolam bisnis sendiri.

Dalam hal ini, Sobat MEA bisa membuat grup, fanspage, atau channel youtube. Dengan media sosial tersebut, Sobat MEA berpotensi besar untuk mengumpulkan konsumen potensial.

cara mengoptimalkan dekorasi toko Shopee

Itulah mengapa Sobat MEA perlu membuat kolam Affiliate terlebih dahulu, untuk meminimalisir boncosnya biaya yang dikeluarkan. Pastikan Sobat MEA sudah membuat grup Facebook atau grup WhatsApp dari awal untuk menarik minat konsumen. 

4. Malas Membuat Konten

Setelah membentuk kolam, jangan lupa selalu update terhadap konten promosi. Konten sangat berperan besar karena bisa mendistribusikan solusi. Jangan hanya membagikan link tanpa konten apapun, mereka akan sulit tertarik untuk mengekliknya. 

Untuk itu, penting juga untuk belajar copywriting atau seni menjual dengan kata-kata persuasif serta pembuatan konten yang berkualitas. Dengan konten berkualitas yang Sobat MEA bagikan, target konsumen akan semakin mengenal dan mempercayaimu. Sehingga apapun yang ditawarkan akan membuat mereka tertarik.

5. Terlalu Memikirkan Hal Teknis

Banyak yang bertanya-tanya mengenai pembayaran komisinya. Padahal Shopee sudah menginformasikan pembayaran komisi akan ditransfer melalui rekening bank asalkan Affiliates sudah mengisi metode pembayaran san data diri yang benar. 

Ada juga yang memikirkan teknis konten yang harus diupload. Padahal Shopee Affiliate program tentu memiliki sistem affiliasi yang bagus, sehingga kecil kemungkinan terjadinya kesalahan. 

Oleh karena itu, Sobat MEA tidak perlu memikirkan hal-hal teknis yang sudah otomatis dikerjakan oleh sistem, Sobat MEA hanya perlu berusaha dengan masimal untuk mendapatkan konversi sebanyak-banyaknya.

Sekian informasi mengenai Kesalahan Shopee Affiliate bagi pemula yang perlu diketahui untuk memulai bisnis afiliasi di Shopee. Dengan begitu, Sobat MEA bisa lebih berhati-hati ketika menjalankan program ini dan daftar kesalahan tersebut bisa menjadi panduan untuk menjadi kreator yang lebih baik lagi. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment