5 Keuntungan TikTok Creator Marketplace Bagi Kreator

by Viki
keuntungan tiktok creator marketplace bagi kreator

Seperti yang kita ketahui, TikTok merupakan salah satu media sosial berbasis video pendek yang populer di dunia. Tidak heran jika TikTok memiliki persaingan yang sangat ketat bagi Kreator. TikTok menciptakan fitur marketplace yang cuan bagi Kreator. Emang apa saja keuntungan TikTok Creator Marketplace bagi Kreator?

Sederhananya, TikTok Creator Marketplace adalah fitur baru dari TikTok yang memudahkan Kreator untuk mendapatkan uang dari endorse produk tertentu. TikTok melakukan inovasi ini agar tetap menjadi pilihan Kreator dan mendukung pertumbuhan mereka. 

Dengan hal ini, ara Kreator dapat mempromosikan diri dengan tujuan dilirik oleh perusahaan yang ingin melakukan endorse produk kepada mereka. Profil mereka tentunya akan ditunjukkan kepada perusahaan yang ingin melakukan endorse ke TikTok, lengkap dengan jumlah followers, views, likes, dan share, yang didapatkan.

Dengan demikian, hal ini akan memudahkan brand dalam mempertimbangkan kolaborasi bersama Kreator yang ditemuinya. Maka semakin menarik pesona yang ditunjukkan, semakin besar peluang Sobat MEA untuk diajak bekerja sama dengan brand ternama. Untuk itu, mari jelajahi keuntungan TikTok Creator Marketplace bagi Kreator di artikel ini!

Table of Contents

Mengenal TikTok Creator Marketplace

Sssstt, kamu bisa dapat kolaborasi yang potensial di MCN TikTok MEA lho!
Ada berbagai brand ternama yang mencari partner kreatif sepertimu, plus dibimbing juga sampai cuan!

Melansir laman ReVou, TikTok Creator Marketplace adalah platform resmi dari TikTok yang dirancang khusus untuk menghubungkan content creator dengan brand

Nah untungnya, TikTok kemudian menghadirkan inovasi terbaru yang mewadahi keinginan tersebut, sehingga Kreator dapat mengunggah berbagai konten terbaik dan mendapatkan kesempatan diajak kolaborasi dengan brand tertentu.

Tentunya platform ini juga bagus untuk brand yang ingin terhubung dengan Kreator dan Influencer potensial dengan minat yang sama untuk meningkatkan jangkauan pasar. 

Terlebih TikTok telah menjadi platform media sosial yang sangat populer di seluruh kalangan. Sehingga hal ini akan lebih efektif untuk menjalankan marketing campaign dibandingkan cara tradisional maupun media promosi lainnya. 

3 Keuntungan TikTok Creator Marketplace Bagi Kreator

Lirik Brand ternama lewat strategi konten yang cerdas
Tentunya hanya ada di komunitas TikTok MEA! Yuk kupas tuntas semua strategi cerdasnya sekarang juga~

Sebagai Kreator, tentu sangatlah penting untuk memanfaatkan platform TikTok yang satu ini. Ada berbagai keuntungan TikTok Kreator Marketplace yang akan didapatkan. Merangkum dari berbagai sumber, berikut uraian lengkapnya:

1. Berpeluang Menambah Penghasilan

Sobat MEA tentu setuju bahwa TikTok merupakan wadah yang tepat untuk menuangkan kreativitas. TikTok juga memiliki algoritma yang dapat menyebarkan konten kepada pengguna TikTok dengan minat yang sama.

Hal ini tentu akan memudahkanmu dalam menjaring lebih banyak pengikut yang relevan serta meningkatkan engagement. Nah, dari sinilah, Sobat MEA berpeluang untuk menghasilkan uang dari TikTok dengan berkolaborasi dengan brand. Karena brand sendiri akan melihat bagaimana performa akun TikTok berdasarkan jumlah pengikut dan engagement rate.

Nah, dengan memanfaatkan Marketplace TikTok, Sobat MEA bisa membangun portofolio terbaik untuk membuka kesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan brand, serta menghasilkan uang yang menguntungkan. 

2. Akses Kerja Sama Lebih Luas

Melalui TikTok Marketplace, Kreator juga membuka pintu bagi kreator untuk membangun kerja sama dengan brand dalam jangka panjang. Terutama jika Kreator dapat menyampaikan pesan brand dengan efektif dan menciptakan content campaign yang sukses. Ini tentu akan menguntungkan kedua belah pihak.

Artikel Terkait  Ternyata Kesehatan Akun TikTok Itu Penting Lho. Ini Alasannya!

Terlebih, kini banyak brand yang cenderung memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi bisnis ketimbang media konvensional. Nah, Sobat MEA bisa lebih mudah untuk dilirik oleh brand yang juga memanfaatkan platform ini.  

Jika Sobat MEA mampu meyakinkan mereka melalui konten yang berkualitas, bukan tidak mungkin Sobat MEA akan dijadikan duta merek dan mendapatkan kesempatan kerja sama yang konsisten.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Bukan hanya pihak brand yang dapat meningkatkan brand awareness, para Kreator pun berpeluang untuk meningkatkan kesadaran merk yang lebih tinggi di TikTok. Bahkan Kreator dapat bertemu dengan kreator lain yang memiliki minat yang sama serta brand lainnya yang bergerak di industri yang relevan.

Misalnya, Sobat MEA sukses menjalankan campaign kolaborasi bersama brand kecantikan, lalu Sobat MEA cantumkan ke dalam TikTok Marketplace. Ini akan membuka kesempatan yang lebih besar untuk berkolaborasi dengan brand lainnya. 

Bahkan Sobat MEA bisa menjalin relasi dengan Kreator lain dengan minat dan topik yang sama. Sehingga Sobat MEA memiliki jaringan yang lebih luas dan menambah wawasan terkait bidangmu. 

Cara Bergabung TikTok Creator Marketplace

Tapi untuk dapat menikmati keuntungan-keuntungan tersebut, pastikan Sobat MEA sudah terdaftar dalam platform ini. Pastikan akun TikTok sudah diubah menjadi akun Content Creator atau Bisnis. Kemudian kunjungi situs TikTok Creator Marketplace melalui browser perangkat seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau browser lainnya. 

Pilih menu Add Brand. Pada halaman tersebut, silakan masukan data diri seperti nama brand, nama situs (jika ada), Logo akun content creator, niche konten, hingga deskripsi profil TikTok. Lalu unggah dokumen profil (format Word/PDF/Excel/PPT).

Jika sudah selesai, Sobat MEA akan muncul pada pencarian Kreator ketika ada brand yang butuh endorsement.

Demikian penjelasan tentang apa saja keuntungan TikTok Creator Marketplace bagi Kreator ketika menggunakannya. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi dalam menambah penghasilan di TikTok, tentunya dengan cara yang lebih menyenangkan melalui kreativitas konten yang dihasilkan. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment