Kenapa Live TikTok Ditangguhkan? Ini Loh 3 Penyebabnya!

by Viki
live tiktok ditangguhkan

Sobat MEA tentu menyadari bahwa kehadiran live streaming membawa pengaruh yang besar terhadap kebiasaan, interest, hingga perkembangan bisnis di media sosial. Tidak terkecuali TikTok. Tidak heran jika jualan lewat Live TikTok semakin gencar dilakukan. Tapi bagaimana jika live TikTok ditangguhkan?

Karena tidak sedikit pengguna TikTok yang mengeluhkan hal ini. Ada beberapa di antaranya yang terdeteksi melakukan pelanggaran kebijakan TikTok. Hal ini tentu menyebalkan. Apalagi jika siaran tersebut digunakan untuk berbisnis. Tapi bagaimana jika sebenarnya kita tidak melakukan pelanggaran apapun?

Dalam artikel ini, MiMe akan memaparkan lebih lanjut tentang live TikTok ditangguhkan ini mulai dari apa yang menjadi penyebabnya hingga cara mengatasinya. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Mengenal Fitur Live TikTok

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Istilah live TikTok ini sebenarnya sudah lama menjadi tren yang digunakan sebagai sumber penghasilan tambahan. Selain bisa meningkatkan penjualan, juga banyak hadiah virtual atau koin TikTok yang bisa didapatkan dan bisa ditukarkan menjadi uang. 

Mengutip laman bantuan TikTok, TikTok LIVE merupakan salah satu fitur TikTok yang mengizinkan penonton dan kreator untuk berinteraksi secara real time. Pengguna TikTok dapat memanfaatkannya sesuai tujuan hingga disesuaikan dengan berbagai alat di dalamnya seperti efek, hosting multi-guest, moderasi, dan  Hadiah LIVE, dan beberapa pengaturan lainnya. 

Tapi perlu diingat bahwa untuk melakukan live TikTok ini tidak bisa sembarangan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Pengguna sudah berusia 18 tahun ke atas.
  2. Akun TikTok memiliki minimal 1.000 pengikut (mungkin berbeda-beda di setiap wilayah).
  3.  Menggunakan aplikasi TikTok versi terbaru. 

Penyebab Live TikTok Ditangguhkan

Sementara itu terkait live TikTok ditangguhkan, ada beberapa hal yang bisa menjadi alasannya, bukan hanya pelanggaran TikTok. Lantas apa saja penyebab tersebut? Berikut uraian lengkapnya:

1. Melanggar Komunitas dan Kebijakan TikTok

Setiap media sosial termasuk TikTok pasti memiliki komunitas dan kebijakannya sendiri untuk menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Tidak terkecuali Live TikTok, Sobat MEA tidak bisa melakukannya sesuka hati. Tentunya ada batasan apa yang boleh dilakukan dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat live streaming.

Jika Sobat MEA melanggarnya, kemungkinan besar Sobat MEA tidak bisa live TikTok lagi di kemudian hari. Hal ini juga dikarenakan pelanggaran yang Sobat MEA lakukan tidak langsung terdeteksi sehingga fitur live TikTok ditangguhkan terlebih dahulu. 

2. Koneksi Internet Tidak Stabil

Selanjutnya, bisa jadi koneksi internet yang terhubung tidak stabil, Padahal saat live TikTok dibutuhkan internet dengan jaringan yang stabil atau bagus untuk menghasilkan live yang jernih dan lancar.

Pastikan juga tersedia kuota internet ataupun koneksi wifi untuk menghindari kendala apapun saat siaran berlangsung. 

3. Tidak Memenuhi Syarat Live

Cara Mengatasi Live TikTok Ditangguhkan

Mau dapat komisi extra dari TikTok Affiliate?
Yuk gabung ke MCN TikTok MEA sekarang juga. GRATIS!

Setelah mengetahui tiga penyebab di atas, mungkin Sobat MEA terkena salah satunya. Maka saatnya mencari tahu solusinya. Dan berikut 5 cara mengatasi live TikTok ditangguhkan, antara lain:

1. Update Aplikasi TikTok

Pertama, pastikan Sobat MEA menggunakan aplikasi TikTok versi terbaru. Sobat MEA bisa mengecek toko aplikasi Google Play Store atau AppStore terlebih dahulu apakah ada opsi update atau tidak.

Jika ada, maka Sobat MEA perlu melakukan pengudatean di toko aplikasi yang ada diperangkatmu. Dengan begitu, fitur terbaru live streaming TikTok juga akan ikut diperbaharui. 

2. Periksa Koneksi Internet

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pastikan Sobat MEA memiliki koneksi internet yang stabil. Pastikan juga Sobat MEA memiliki kuota internet yang cukup atau terhubung dengan jaringan WiFi yang bagus untuk melancarkan live streaming.

3. Patuhi Kebijakan Live TikTok yang Berlaku

Tentunya Sobat MEA perlu mematuhi kebijakan TikTok yang telah ditetapkan untuk live streaming. Hindari beberapa pelanggaran TikTok seperti tidak menampilkan wajah, menjual produk yang dilarang pihak TikTok, menyebutkan marketplace lain, berkata kasar, memperlihatkan benda tajam, melibatkan anak kecil, dsb. 

4. Ubah Identitas Usia

Jika data diri dan usia pada akunmu masih di bawah 18 tahun, Sobat MEA perlu mengubahnya terlebih dahulu sesuai ketentuan agar fitur live TikTok dapat digunakan. Ini juga penting untuk dilakukan jika menggunakan akun lama yang belum diperbarui. 

5. Tambahkan Followers TikTok

  • Membuat konten yang menarik dan masuk FYP. Ada berbagai ide konten yang bisa dibuat seperti konten review, tutorial, edukais dan hiburan. 
  • Ikuti live TikTok orang lain sebagai guest. Hal ini bisa meningkatkan engagement yang bagus untuk akun TikTok. Ini berpotensi mendatangkan banyak followers ke akunmu. 
  • Berinteraksi di live dan konten orang lain secara positif.

Sekian beberapa alasan live TikTok ditangguhkan beserta cara mengatasinya. Semoga dengan adanya penjelasan ini, Sobat MEA bisa mendapatkan panduan yang baik mengenai pemanfaatan live TikTok secara maksimal. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment