Bagaimana Batas Maksimal Upload Video di Instagram? Yuk, Simak!

by Viki
maksimal upload video di Instagram

Sobat MEA tentu telah mengetahui bahwa salah satu fitur yang menonjol di Instagram adalah kemampuan untuk mengunggah video dengan pengikutmu. Tapi ternyata ada batasan maksimal upload video di Instagram pada ukuran dan durasi video yang dapat diunggah ke platform tersebut. 

Dalam artikel ini, MiMe akan membahas seberapa besar batasan maksimal upload video di Instagram dan memberikan panduan praktis bagi pengguna Instagram untuk mengoptimalkan pengalaman berbagi videomu. Simak selengkapnya di bawah ini. 

Berapa Maksimal Upload Video di Instagram?

Instagram memiliki batasan maksimal untuk ukuran file dan durasi video yang dapat diunggah oleh pengguna. 

Saat ini, batasan ukuran file untuk video di Instagram adalah 4 GB. Jika videomu melebihi batas, Sobat MEA perlu mengompresinya sebelum mengunggahnya. Beberapa alat pengompres video online dapat membantumu mengurangi ukuran file tanpa mengorbankan kualitas visual yang terlalu banyak.

Selain batasan ukuran file, Instagram juga memiliki batasan maksimal upload video di Instagram untuk durasi unggahan fitur reels di feed, video maksimal dapat memiliki durasi hingga 60 detik. 

Jika video berdurasi panjang lebih dari itu, Sobat MEA perlu untuk menghapus bagian menjadi lebih pendek atau menggunakan fitur lain seperti Instagram story, IGTV, atau Instagram Live.

Mau Lebih Kreatif dan Cuan di Instagram?

Yuk, gabung komunitas kreator IG MEA! Agar dibimbing secara khusus bareng mentor berpengalaman untuk bikin konten dan akun lebih cuan dan terkenal. GRATIS!!!

IGTV adalah fitur khusus di Instagram yang memungkinkan pengguna untuk membagikan video dengan durasi lebih lama.

Pada saat ini, durasi maksimal video IGTV adalah 10 menit untuk pengguna umum dan 60 menit untuk pengguna dengan akun yang diverifikasi atau akun bisnis yang memenuhi persyaratan tertentu. Sedangkan durasi video IG Story adalah 15 menit hingga 30 menit.  

Artikel Terkait  5 Contoh Iklan Advertorial dan Tips Membuatnya Agar Efektif

Dengan menggunakan IGTV dan IG Story, Sobat MEA dapat membagikan konten video di akun Instagrammu yang lebih panjang dan lebih mendalam kepada pengikut.

Tips Mengoptimalkan Video untuk Instagram

Selain memahami batasan maksimal upload video di Instagram, ada beberapa tips yang dapat membantumu mengoptimalkan video agar terlihat lebih baik dan mencapai audiens yang lebih luas:

Pilih Resolusi dan Format yang Tepat

Instagram mendukung video dengan resolusi maksimal 1080p. Pastikan Sobat MEA mengunggah video dengan resolusi yang sesuai agar tampilan video tetap jernih dan tajam. Selain itu, gunakan format file yang didukung oleh Instagram seperti .MP4 atau .MOV untuk memastikan kompatibilitas yang baik.

Maksimalkan Iklan IG Bersama Partner IG Ads Profesional!

Kadang kita keteteran kalau masang IG Ads sendirian. Itulah mengapa kamu butuh tim IG ADS MEA! Lebih maksimal, tanpa keteteran~

Perhatikan Rasio Aspek

Instagram secara default menggunakan rasio aspek 1:1 (persegi) untuk unggahan di feed. Tapi Sobat MEA juga dapat menggunakan rasio aspek 4:5, 1.91:1, atau 16:9. Pilih rasio aspek yang paling sesuai dengan konten video dan pastikan tidak ada elemen penting yang terpotong dalam tampilan.

Buat Pengantar yang Menarik

Dalam lingkungan yang penuh dengan konten yang bersaing, penting untuk menarik perhatian pengguna sejak awal. Buatlah pengantar yang menarik dalam beberapa detik pertama videomu. Gunakan gambaran yang menarik, gerakan yang menarik, atau tampilkan momen menarik agar pengguna tertarik untuk melanjutkan menonton.

Gunakan Musik dan Suara yang Relevan

Berikan Nilai yang Bermanfaat

Video yang memberikan nilai tambah kepada penonton cenderung mendapatkan lebih banyak interaksi. Berikan informasi yang bermanfaat, berbagi tips dan trik, atau berikan inspirasi kepada penonton. Pastikan konten videomu relevan dan menarik bagi audiens yang dituju.

Gunakan Caption yang Menarik

Caption yang baik dapat meningkatkan keterlibatan penonton dan membantu mereka memahami konten video. Gunakan caption yang singkat, padat, dan menarik. Sobat MEA juga dapat menggunakan emoji atau hashtag yang relevan untuk meningkatkan visibilitas dan temukan lebih banyak audiens potensial.

Manfaatkan Fitur Editing 

Instagram menyediakan berbagai alat pengeditan video yang dapat membantumu meningkatkan kualitas visual videomu. Sobat MEA dapat mengatur kecerahan, kontras, saturasi, atau menambahkan filter yang sesuai dengan gayamu. Eksplorasi fitur-fitur ini dan temukan yang paling cocok dengan gaya kontenmu.

Ajak Pengguna Berinteraksi

Gunakan opsi yang tersedia di Instagram dengan klik ikon tanya jawab, tanda tanya, atau penggunaan caption bertanya, untuk mengajak pengguna berinteraksi dengan videomu. Bukan sekadar buka aplikasi Instagram. Inisiatif ini dapat mendorong komentar, likes, dan berbagi video, sehingga meningkatkan eksposur kontenmu.

Mengunggah video di Instagram adalah cara mengirim konten visual kepada pengikut yang efektif. Tapi memahami batasan maksimal upload video di Instagram untuk ukuran dan durasinya adalah penting agar unggahanmu tetap kompatibel dengan platform. 

Dengan mengoptimalkan videomu dengan tips yang tepat, Sobat MEA dapat meningkatkan kualitas video dan mencapai audiens yang lebih luas di Instagram. Teruslah eksperimen dengan kreativitas dan karyamu yang mengesankan dan menginspirasi di Instagram. Selamat berkarya dan semoga sukses!

You may also like

Leave a Comment