5 Manfaat Eksport dan Import Bagi Perusahaan. Wajib Tahu!

by Fanny
manfaat eksport dan import

Proses jual-beli online tidak hanya bisa dilakukan di dalam negeri saja, namun juga bisa Sobat MEA lakukan hingga ke mancanegara. Apalagi saati ini ada banyak marketplace luar negeri yang bisa Sobat MEA jadikan sebagai platform untuk memperluas pangsa pasar. Agar bisa menjalankan bisnis hingga ke seluruh dunia, Sobat MEA harus melakukan eksport dan import

Lalu, apa saja manfaat eksport dan import yang akan didapatkan oleh perusahaan? Untuk menjawab hal tersebut, semua akan kita bahas dan kupas tuntas di artikel ini. Simak sampai habis ya!

Table of Contents

Pengertian Eksport dan Import

Ingin bisnis berkembang hingga bisa jualan ke mancanegara?
Yuk gabung ke komunitas yang dipandu oleh Coach ahli. Gratis!

Sebelum membahas manfaat eksport dan import, Sobat MEA perlu mengetahui pengertian dari kedua hal tersebut terlebih dahulu. Nah berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Pengertian Eksport

Pada dasarnya, eksport adalah kegiatan menjual atau mengirimkan barang ke luar negeri. Cara pengirimannya pun bisa melalui jalur dasar, laut, atau udara. Biasanya, kegiatan eksport ini bisa dilakukan oleh perusahaan besar yang sudah memenuhi produksi di dalam negeri dan ada permintaan dari luar negeri.

manfaat eksport dan import

Sedangkan negara lain yang meminta produk dari kita biasanya dikarenakan mereka tidak bisa memproduksi barangnya sendiri. Bisa juga karena mereka tidak memiliki sumber daya untuk memproduksi barang tersebut, sehingga mereka memilih untuk membeli barang dari negara lain.

2. Pengertian Import

Contoh, Indonesia mengimpor kurma karena negara kita tidak mendukung pohon kurma untuk tumbuh. Selain itu, penikmat kurma semakin bertambah setiap tahunnya. Jadi hingga saat ini Indonesia masih mengandalkan Arab untuk menyediakan buah kurma.

Manfaat Eksport dan Import untuk Bisnis

Mau toko online kamu dikelola tim profesional?
Yuk kerja bareng sama bareng tim MEA Digital sekarang juga.

Setelah memahami perbedaan dan pengertian dari eksport dan import di atas, sekarang kita akan masuk pada pembahasan mengenai manfaat dari eksport dan import bagi perusahaan Sobat MEA.

1. Manfaat Eksport Bagi Perusahaan

Eksport adalah kegiatan menjual barang ataupun jasa ke luar negeri yang tentunya jualan ke luar negeri akan meningkatkan keuntungan bagi perusahaan Sobat MEA. Namun, ada juga manfaat eksport dan import lainnya yang akan Sobat MEA dapatkan, yaitu:

Meningkatkan Laba

Manfaat eksport dan import yang pertama untuk perusahaan adalah Sobat MEA bisa mendapatkan lebih banyak laba atau keuntungan. Dengan semakin banyak barang yang dijual, maka akan semakin tinggi pula keuntungan yang akan didapatkan.

Memperluas Pasar

manfaat eksport dan import

Selanjutnya, Sobat MEA juga bisa memperoleh pasar baru dengan mengekspor produk ke luar negeri. Mengenalkan produk baru ke luar negeri tentu tidak akan mudah, namun Sobat MEA bisa membuka pasar baru ketika mulai untuk mengekspor barang jualan.

Mengendalikan Harga

2. Manfaat Import Untuk Perusahaan

manfaat eksport dan import

Tidak hanya eksport, import juga memiliki banyak keuntungan bagi perusahaan Sobat MEA, loh. Berikut adalah manfaat melakukan import untuk perusahaan:

Penuhi Kebutuhan Perusahaan

Terkadang, proses produksi membutuhkan barang yang spesifik dan tidak bisa didapatkan dari negara sendiri. Atau ada juga bahan baku yang sama namum kualitasnya yang berbeda. Inilah mengapa import menjadi solusi untuk perusahaan Sobat MEA yang ingin menghasilkan barang berkualitas.

Mengatasi Kekurangan Produk

Tingkat produksi yang rendah bisa mempengaruhi lonjakan permintaan dan berkurangnya pendapan perusahaan. Untuk itu, Sobat MEA bisa mengatasinya dengan melakukan import barang atau bahan baku yang dibutuhkan dari negara lain agar tetap dapat melanjutkan proses produksi dengan baik.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai manfaat eksport dan import untuk perusahaan yang akan Sobat MEA dapatkan. Semoga ulasan ini membantu dan salam satu juta pembeli!

You may also like

Leave a Comment