2 Cara Membangun Relasi dengan Influencer Shopee

by Viki
membangun relasi dengan influencer shopee

Di era digital saat ini, pemasaran e-commerce semakin merajalela. Untuk itu, kita dituntut untuk selalu update terhadap strategi yang bisa dilakukan.Termasuk jika Sobat MEA ingin menjadi Influencer Shopee dalam program Affiliate Marketing. Jangan lupa membangun relasi dengan Influencer Shopee yang lain.

Karena biar bagaimanapun, hasilnya bisa menjadi tidak maksimal jika kita hanya berusaha seorang diri. Dengan adanya relasi Influencer, Sobat MEA akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi dan event terkini. Bahkan bukan tidak mungkin hal ini dapat menciptakan penghasilan yang lain seperti kolaborasi, paid promote, paid attending event, dan lain sebagainya. 

Tapi bagaimana cara membangun relasi dengan influencer Shopee? Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu Influencer?

Ingin tahu cara jualan di Shopee dengan baik dan benar?
Yuk gabung diskusi bareng seller dan mentor berpengalaman di komunitas MEA!

Influencer berasal dari kata influence yang memiliki arti pengaruh. Jadi, melansir laman Shopee, Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar kepada banyak orang.

Seorang Influencer memiliki banyak pengikut atau followers di media sosial. Sehingga tidak heran jika setiap konten yang dibuat akan berpengaruh bagi pengikutnya atau pengguna media sosial lainnya.

Influencer juga seringkali dijadikan sumber inspirasi pada berbagai aspek, mulai dari gaya hidup hingga kesehatan. Itulah mengapa Influencer sering diajak bekerja sama oleh beberapa brand untuk mempromosikan produk. 

Dengan kerjasama ini, brand tersebut akan mendapatkan keuntungan karena pengikut Influencer cenderung tertarik untuk membeli karena ingin memiliki produk yang sama.

Seiring pertambahan media promosi, kemudian terciptalah beberapa kategori influencers berdasarkan jumlah followers dan jenis media yang digunakan. Ini penting agar followers serta brand yang sedang mencari influencers dapat menentukan influencers yang sesuai dengan target market.

Artikel Terkait  Gini Cara Melihat Saldo Shopee Affiliate Beserta Laporannya

3 Keuntungan Menjadi Influencer Shopee

Sobat MEA pasti memiliki alasan mengapa ingin menjadi Influencer, terutama karena potensi keuntungan yang menarik. Memangnya apa saja keuntungan menjadi Influencer Shopee?

1. Kesempatan Kerjasama dengan Brand Besar

Maraknya tren Influencer Marketing lantas membuat banyak brand besar yang mempertimbangkan untuk menggunakan jasa Influencer untuk mempromosikan produk. Influencer telah memiliki target pasar tersendiri sehingga penjual hanya perlu menyesuaikan Influencer dengan target market bisnis. Apalagi Influencer Marketing dapat mendongkrak brand awareness.

Artinya, seorang Influencer bisa bekerjasama dengan sebuah brand besar bahkan jalan-jalan gratis ke luar negeri untuk mempromosikan sebuah produk. Tentu saja ini menjadi hal yang menguntungkan bagi Shopee Influencer.

2. Penghasilan Lebih Banyak

Melalui kolaborasi dengan brand besar, Influencer tentu mampu mendapatkan penghasilan yang menjanjikan. Bahkan seorang Influencer dengan followers jutaan dapat menghasilkan puluhan juta untuk sekali endorse.

Misalnya, salah satu Influencer dan Youtuber yang paling kaya se-Indonesia yaitu Atta Halilintar. Bahkan Atta memiliki club bola sendiri yang dibeli dari hasil mengonten Youtube.

3. Mendapatkan Produk Gratis

Melalui kolaborasi untuk promosi produk, tidak jarang Influener kemudian berkesempatan untuk mendapatkan produk gratis dari brand yang bekerja sama. Misalnya, Sobat MEA mempromosikan produk kecantikan, Sobat MEA akan mendapatkan bayaran dari konten yang diposting beserta membawa pulang produknya.

Cara Membangun Relasi Influencer Shopee

Dapatkan keuntungan bareng collab yang profesional di MCN MEA!
Ada banyak partner terpercaya beserta mentor expert yang memudahkanmu untuk bertumbuh di Shopee~

Setelah memahami tentang Influencer beserta keuntungannya, saatnya Sobat MEA lakukan bagaimana cara membangun relasi dengan Influencer Shopee ternama untuk penuhi angan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Menghubungi Influencer Shopee

Tapi pastikan Sobat MEA melakukannya dengan profesional. Apabila rate card yang diberikan tidak sesuai dengan budget yang disiapkan, pastikan untuk tetap membalas kembali pesan dari Influencer tersebut untuk membuat hubungan tetap baik antara Sobat MEA dengan Influencer.

Ini penting untuk dilakukan agar Sobat MEA dapat bekerja sama dengan baik dengan mereka di kemudian hari. 

2. Membuat Perjanjian Kerja Sama

Tapi jika ketentuan dan rate card yang diberikan sudah sesuai keinginan, saatnya membuat MoU (Memorandum of Understanding) atau SPK (Surat Perjanjian Kerja Sama) untuk Influencer tersebut. MoU atau SPK ini berisi detail kerja sama antara Sobat MEA dan Influencer, seperti:

  1. Waktu posting konten
  2. Waktu pembayaran
  3. Konsep dari konten promosi
  4. Ketentuan-ketentuan dari brand, toko, atau produk.
  5. Ketentuan atau aturan dari Influencer (seperti hanya dapat revisi konten, dsb.).
  6. Daftar produk yang akan dipromosikan.

Pastikan hal ini sudah Sobat MEA tulis dengan detail informasi yang disampaikan pada MoU atau SPK agar tidak merugikan salah satu pihak. MoU dan SPK kemudian perlu ditandatangani kedua belah pihak sebagai persetujuan atas isi dari MoU atau SPK tersebut.

Sekian informasi tentang cara membangun relasi dengan Influencer Shopee. Ini bisa menjadi strategi promosi yang cukup efektif untuk membantu mengembangkan bisnis. Tapi pastikan Sobat MEA telah menyusun rencana dengan matang dalam memilih dan membangun relasi dengan Influencer tersebut agar strategi promosi bisnis dapat berjalan optimal.  Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment