Mau Membatalkan Pesanan di Shopee? Berikut 4 Cara Mudahnya!

by Fanny
membatalkan pesanan di shopee

Ketika berbelanja di Shopee, ada saatnya Sobat MEA terbersit pikiran untuk melakukan cara membatalkan pesanan di Shopee. Ada banyak alasan pembatalan yang dimiliki. Mulai dari nggak tertarik dengan produk yang dibeli hingga ingin membeli produk yang sama di toko lain dengan harga yang jauh lebih lebih murah.

Selain itu, beberapa kesalahan pada pesanan Shopee juga kerap terjadi, seperti pembeli ingin mengubah alamat pengiriman atau jumlah pesanan. Tentunya ini sangat merepotkan, apalagi jika barang pesanan terlanjur dikirim. 

Tapi tenang saja, Sobat MEA dapat membatalkan pesanan di Shopee dengan menghubungi Customer Service (CS) Shopee Indonesia. Tapi perlu diketahui bahwa pembatalan pesanan akan memakan waktu lama tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Dalam artikel ini, MiMe akan menjelaskan bagaimana cara membatalkan pesanan di Shopee baik yang belum dikirim maupun yang sudah dikirim sekalipun. Tentunya ini hanya perlu proses yang sederhana tanpa merepotkan pihak yang bersangkutan. Simak ya!

Table of Contents

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Mau tahu cara untung besar jualan di Shopee?
Yuk gabung di Komunitas seller marketplace MEA!

Penting untuk diingat bahwa jika Sobat MEA sudah melakukan pembayaran dan pesanan sedang dalam proses pengiriman, biasanya Sobat MEA tidak bisa membatalkannya. Ya, terkadang pembeli memiliki perubahan kebijakan atau kebutuhan yang mendesak jika membatalkan pesanan yang sudah dibayar.

Meskipun demikian, Sobat MEA bisa mencoba menghubungi Shopee atau penjual secara langsung untuk menjelaskan alasan pembatalan dan meminta bantuan. Cara ini tidak selalu berhasil, tapi cara membatalkan pesanan di Shopee ini terkadang dapat membantumu dalam beberapa situasi. 

Ini berarti untuk pesanan Shopee yang sudah dikirim, Sobat MEA hanya dapat melakukan pembatalan atas persetujuan dari seller. Sedangkan jika pesanan masih dikemas, Sobat MEA dapat membatalkan pesanan tersebut secara langsung. 

Mengutip laman Shopee, berikut langkah-langkah untuk cara membatalkan pesanan di Shopee dengan praktis dan mudah:

Saatnya scale up toko Shopee kamu
Bareng Shopee Partner profesional sekaligus dibimbing mentor berpengalaman~

1. Buka Aplikasi Shopee di HP

Langkah pertama, tentunya dimulai dengan membuka aplikasi Shopee yang telah diinstal di perangkat HP. Kemudian pastikan Sobat MEA login ke akun Shopee ketika diminta untuk masuk.

Sobat MEA dapat mendownload aplikasi Shopee secara gratis melalui Google Play Store untuk perangkat Android atau App Store untuk perangkat iOS.

2. Pilih Menu "Pesanan Saya" Untuk Mengakses Daftar Pesanan

Setelah berhasil masuk ke akun Shopee, cari dan pilih menu Pesanan Saya atau serupa. Sobat MEA akan diarahkan ke halaman yang menampilkan daftar semua pesanan yang pernah dibuat. Lalu pilih bagian Dikirim

3. Pilih Pesanan yang Ingin Dibatalkan

Setelah memilih bagian Dikirim, cari pesanan yang ingin Sobat MEA batalkan. Dan klik produk tersebut untuk membuka detail pesanan. 

4. Scroll ke Bawah dan klik tombol "Batalkan Pesanan"

Jika sudah, scroll ke bawah pada halaman detail pesanan tersebut. Di bawahnya, Sobat MEA akan menemukan tombol  Batalkan Pesanan atau serupa. Klik tombol tersebut untuk memulai proses pembatalan pesanan yang kamu ajukan.

Proses Pengembalian Dana di Shopee

Perlu diperhatikan, pengajuan pembatalan di Shopee ini hanya bisa Sobat MEA lakukan satu kali dalam waktu maksimal 1 jam setelah pembayaran. Keberhasilan pembatalan dilakukan atas persetujuan penjual. Jadi, jika pengajuan pembatalan pesanan ditolak, Sobat MEA nggak bisa mengajukan pembatalan pesanan lagi, sehingga barang akan tetap dikirimkan. 

Artikel Terkait  Tak Perlu Bingung, Ini 2 Cara Hapus Postingan di Shopee Melalui Hp dan PC!

Jika Sobat MEA nggak menginginkan barang tersebut, Sobat MEA bisa melakukan cara mengembalikan barang setelah produk diterima.

Satu hal lagi, Sobat MEA jangan sampai lupa juga untuk terus memeriksa status pembatalan atau pengembalian barang secara berkala untuk mengetahui prosesnya sudah berada pada tahapan mana. Cara memeriksanya juga mudah tanpa memasukkan nomor resi. Sobat MEA bisa memeriksanya lewat menu Pesanan Saya, kemudian pilih Tampilkan Rincian Pembatalan Saya.

Adapun waktu pengembalian dana tergantung pada metode pembayaran yang dilakukan. Umumnya, pengembalian dana di Shopee memakan waktu antara 1 hingga 24 jam atau bahkan 7 hingga 14 hari. 

Perbedaan lamanya waktu pengembalian dana biasanya disebabkan oleh metode pembayaran yang berbeda. Misalnya, pembayaran dengan kartu kredit mungkin lebih cepat dana akan dikembalikan ke akunmu daripada pembayaran transfer bank, ShopeePay, ataupun merchant terdekat. 

Dalam hal ini, pastikan Sobat MEA menjaga koordinasi dengan penjual. Jalin komunikasi dengan penjual agar dapat memastikan proses berjalan dengan baik. Penjual mungkin mengajukan pertanyaan atau informasi tambahan, sehingga komunikasi menjadi kunci kesuksesan dari pembatalan pesanan di Shopee.

Itu dia 4 cara membatalkan pesanan di Shopee dan bagaimana proses pengembalian dananya. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA semua. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment