Apa itu Nilai Variasi di TikTok Shop? Ini loh Penjelasannya!

by Viki
nilai variasi di tiktok shop

Pada kebanyakan e-commerce, Sobat MEA pasti sering menemukan produk jualan dengan berbagai variasi yang tersedia. Nah, ini juga ternyata berlaku di TikTok Shop ketika meng-upload produk di TikTok Shop. Hanya saja, masih banyak seller yang masih belum memahami apa itu nilai variasi di TikTok Shop dan cara membuatnya. Untuk itu, simak artikel ini!

Yup, tepat setelah kita membuka toko di TikTok Shop, hal yang harus dilakukan adalah upload produk yang kita jual. Nah tepat saat kita menambahkan produk, ada banyak hal yang mesti diisi. Salah satunya nilai variasi. 

Seorang seller pemula pasti bertanya, apa itu nilai variasi di TikTok Shop ini? Bagaimana cara mengisinya? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak artikel ini sampai habis ya!

Table of Contents

Apa itu Nilai Variasi Produk?

Mau belajar jualan di TikTok Shop dari 0 sampai bisa?
Yuk langsung aja gabung ke komunitas seller TikTok Shop sekarang juga. GRATIS!

Jika mengacu secara umum, variasi produk adalah sekumpulan produk atau barang yang dibedakan berdasarkan ukuran, harga, penampilan atau atribut lainnya yang dapat membedakan antara produk satu dengan produk lainnya dalam kategori yang sama. 

Variasi produk bisa menjadi strategi untuk bersaing dengan produk serupa dengan memanfaatkan ciri khas atau pembedanya. Variasi produk ini memiliki nilai masing-masing yang bisa ditawarkan kepada konsumen, sehingga mereka dapat mempertimbangkan pembelian produk mana yang sesuai kebutuhan

Ketika berbagai nilai variasi produk ditawarkan, konsumen merasa bisa memenuhi kebutuhannya, sehingga ini bisa menjadi suatu kekuatan  yang kuat, karena adanya berbagai pilihan produk yang memotivasi konsumen untuk membeli. 

Kenapa Nilai Variasi Produk itu Penting?

Saatnya dapat komisi extra dari TikTok Affiliate. Creator gabung sekarang juga!
Ya, tidak lain dan tidak bukan yaitu partner profesional yang bisa boost penjualan. Dapatkan hanya di MCN MEA!

Sobat MEA mungkin bertanya-tanya, mengapa setiap toko e commerce hingga TikTok Shop menyertakan nilai variasi pada produknya. Perlu diketahui, nilai variasi ini memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan dan memperluas target pasar dan meningkatkan minat konsumen terhadap produk yang dijual.

Nilai variasi produk juga bisa mengatasi kebingungan konsumen terhadap suatu produk ketika ingin berbelanja. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, variasi memberikan pilihan yang beragam. Selain itu berikut ini adalah beberapa alasan mengapa nilai variasi produk itu penting:

  1. Adanya perbedaan antara minat satu konsumen dengan konsumen yang lainnya. Jika Sobat MEA memiliki variasi produk, konsumen akan memiliki pertimbangan pilihan produk. 
  2. Pilihan variasi dalam suatu produk akan memudahkan konsumen dalam memilih sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan ataupun keinginan. 

3 Langkah Cara Membuat Nilai Variasi di TikTok Shop

Mau omzet TikTok Shop kamu meningkat?
Gunakan saja jasa dan kerja bareng tim TikTok Specialist MEA sekarang juga!

Setelah memahami tentang nilai variasi produk, Sobat MEA mungkin penasaran bagaimana cara membuat nilai variasi di TikTok Shop yang bisa memberikan berbagai pilihan tersebut. Menurut laman resmi TikTok Seller, berikut langkah-langkah untuk membuat nilai variasi TikTok Shop:

1. Tambah Judul Variasi Produk

2. Atur Nilai Variasi

Nah, di bagian ini Sobat MEA bisa mulai menambahkan nilai variasi pada setiap produk yang dijual. Silakan klik ikon Tambah atau +, dan masukkan nilai variasinya. Klik Tambah Nilai Variasi jika ingin menambahkan nilai variasi. Jika sudah, klik Simpan.

3. Tambahkan Variasi Lainnya

Selanjutnya, Sobat MEA bisa menambahkan variasi lainnya, dengan mengeklik tombol Atur Harga dan Stok yang ada di bagian bawah aplikasi. Lalu masukkan harga dan stok yang ingin dijual di kolom yang tertera untuk setiap produknya. Jika sudah, klik Simpan.

Nah, demikian penjelasan mengenai nilai variasi di TikTok Shop hingga cara membuatnya. Semoga artikel ini dapat membantumu memaksimalkan bisnis dan meningkatkan penjualan dengan menarik minat mereka terhadap pilihan yang dimiliki. Aamiin!

You may also like

Leave a Comment