7 Jenis Pelanggaran Live TikTok Shop yang Harus Dihindari. Bisa Banned Permanen!

by Husna Rahman
pelanggaran live tiktok shop

TikTok nggak henti-hentinya melakukan inovasi. Setelah video pendek yang meledak, kini giliran fitur live streaming TikTok yang menjadi salah satu poros baru untuk para pebisnis. Sama seperti fitur lain, selalu ada aturan dan pelanggaran live TikTok Shop yang harus Sobat MEA mengerti terlebih dahulu.

Selain untuk hiburan, hari ini live TikTok juga bisa Sobat MEA gunakan untuk berjualan. Karena semakin terbukanya peluang, maka peraturan dan sanksi untuk pelanggaran semakin besar dan juga ketat. 

Table of Contents

Apa itu TikTok Live Shopping?

Gabung Komunitas Bisnis Online MEA!
Kamu bisa belajar dan sharing tentang TikTok bareng seller dan mentor berpengalaman. GRATIS!!!

Sebelum masuk pada pelanggaran, Sobat MEA harus mengerti dahulu konsep atau program bernama TikTok Live Shopping.

TikTok Live Shopping adalah layanan dari aplikasi TikTok dimana penjual dan juga pembeli bisa mendapatkan pengalaman baru dalam berjualan dan belanja lewat sosial media selama live streaming.

Hal ini tentu menjadi peluang yang bagus untuk memperkenalkan dan mempromosikan barang, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan. 

Dengan TikTok live, Sobat MEA dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan, menjawab pertanyaan mereka, memberikan saran, atau sekadar berbicara secara informal. Hal ini tentunya bisa membantumu memperkuat merek dan meningkatkan penjualan produk atau layanan yang Sobat MEA miliki. 

Jenis-Jenis Pelanggaran Live TikTok Shop

Ingin Live TikTok Makin Ramai dan Laris Manis?
Yuk jadi partner MCN TikTok MEA dan dapatkan kerja sama yang cuan serta bimbingan khusus dari ahlinya!

Oke setelah mengetahui mengenai TikTok Live Shopping, Sobat MEA harus mengetahui pelanggaran live TikTok Shop yang harus Sobat MEA hindari. Emang apa aja sih pelanggaran live TikTok Shop ini?  Daripada Sobat MEA nggak tahu dan terkena peringatan TikTok, Yuk simak dulu penjelasan lengkapnya ini!

1. Nggak Menampilkan Wajah Lebih Dari 1 Menit

Sobat MEA akan melanggar saat live nggak menampilkan wajah lebih dari 1 menit. Banyak orang yang nggak mengetahui hal ini dan kaget saat akunnya terkena peringatan. Jadi harus Sobat MEA catat bahwa saat live jangan terlalu lama keluar dari layar lebih dari 1 menit.

2. Nggak Boleh Berkata Kasar

TikTok merupakan salah satu media sosial yang sangat ketat dalam penyensoran kata-kata kasar. Nah saat melakukan live streaming, Sobat MEA harus mengindari untuk mengucapkan kata-kata kasar walaupun itu hanya keceplosan. Mengucapkan kata-kata kasar bahkan punya risiko banned permanen.

3. Nggak Menjelaskan Detail Produk yang Dijual

Sobat MEA bisa dianggap melanggar saat live streaming kalau nggak menjelaskan detil produk yang Sobat MEA jual. Yup, tujuan live TikTok Shop adalah berjualan. 

Jadi saat Sobat MEA nggak menjelaskan detail produk, maka pihak TikTok akan memberi peringatan. Terkhusus memperlihatkan benda tajam seperti pisau, Sobat MEA nggak boleh untuk menunjukan produknya secara langsung. Jadi Sobat MEA hanya bisa menjelaskan detil produknya.

4. Menjual Barang yang Dilarang

5. Melibatkan Anak Kecil

TikTok semakin hari semakin memperketat peraturan untuk platform mereka. Salah satu peraturan baru yang cukup ketat adalah live streaming melarang untuk melibatkan dan menampilkan anak kecil. 

Peraturan ini ada atas dasar pencegahan eksploitasi anak kecil. Bahkan ada beberapa pengguna yang terkena peringatan hanya karena saat live streaming terdengar suara anak kecil yang menangis. Jadi, Sobat MEA harus hindari hal ini ya!

6. Menyebut Merek Produk

Selanjutnya adalah menyebut merek produk. Yup, saat berjualan dalam live streaming, Sobat MEA dilarang untuk menyebut merek produk secara terang-terangan. Namun, banyak kreator dan seller yang terkadang tanpa sadar menyebut merek produk yang mereka promosikan. Hasilnya, akun bisa terkena banned sementara loh.

7. Menyebutkan Marketplace Lain

TikTok hari ini sudah menjadi social e-commerce yang secara otomatis bersaing dengan platform lain seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan masih banyak yang lainnya.

Karena persaingan ini, mereka yang berjualan lewat TikTok Live Shopping dilarang untuk menyebutkan nama marketplace lain apalagi mengarahkan penonton untuk berbelanja di luar TikTok Shop.

Cara Mengatasi Pelanggaran Live TikTok Shop

Ketika Sobat MEA melanggar ketentuan mengenai live streaming, Sobat MEA bisa mendapatkan pemblokiran. Jika Sobat MEA merasa hal ini nggak adil, sebenarnya Sobat MEA bisa mengajukan banding. Melansir laman DailySocial, cara mengatasi pelanggaran live TikTok yang bisa dilakukan, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi TikTok di HP dan pastikan sudah login akun. 
  2. Pilih menu Profil yang ada di pojok kanan bawah.
  3. Kemudian pilih ikon Tiga Garis yang ada di sebelah kanan atas, dan pilih opsi Settings and Privacy.
  4. Klik opsi Report a Problem, kemudian klik tombol Submit a Report untuk mengajukan banding.
  5. Pada bagian ini, tuliskan pesan dengan menjelaskan masalah TikTok Live yang terblokir dan tunjukkan bahwa pelanggaran tersebut nggak benar adanya. Sertakan bukti yang relevan jika perlu dalam bentuk foto maupun video TikTok.
  6.  Selesai! Tunggu jawaban dari pihak TikTok melalui emailmu. 
Artikel Terkait  5 Cara Mendapatkan Produk Gratis di TikTok Affiliate. Mudah!

Nah itu 7 pelanggaran live TikTok Shop yang harus Sobat MEA hindari beserta cara mengatasinya jika akunmu terlanjur diblokir dan nggak bisa melakukan live TikTok lagi. Semoga saja artikel ini bisa memberikan informasi buat Sobat MEA yang ingin fokus berjualan lewat live streaming ya!

You may also like

Leave a Comment