Jangan Salah, Ini Loh 7 Alasan Pentingnya Iklan Untuk Promosi TikTok. Kepoin!

by Viki
pentingnya iklan untuk promosi tiktok

Sebagai pebisnis, kita harus selalu melek teknologi dan strategi terbaru. Wajib peka juga terhadap peluang yang menguntungkan. Misalnya, TikTok for Business yang akhir-akhir ini sering dibicarakan serta pentingnya iklan untuk promosi TikTok (TikTok Ads). 

Yup, jika sebelumnya kita hanya mengenal Facebook Ads dan Instagram Ads yang menyediakan jasa iklan untuk meningkatkan penjualan, kini di TikTok pun seller bisa beriklan sesuai kebutuhan bisnis. Dan banyak perusahaan besar yang mulai memasarkan produknya menggunakan TikTok Ads untuk campaign marketing.

Hal tersebut cukup membuktikan bahwa TikTok Ads menjadi strategi yang tepat yang patut pebisnis gunakan. Jika masih awam dalam hal ini, Sobat MEA bisa mempelajari lebih lanjut mengenai TikTok Ads dan cara memulainya dengan klik di sini.

Lantas, mengapa kita perlu mempertimbangkan TikTok Ads sebagai strategi promosi bisnis? Dalam artikel ini, MiMe akan jelaskan lebih lanjut alasan pentingnya iklan untuk promosi TikTok untuk pebisnis, TikTok Affiliate, maupun kreator. Simak ya~

Table of Contents

Pentingnya Iklan Untuk Promosi TikTok

kesalahan tiktok marketing

Setidaknya ada 10 alasan yang harus diketahui mengenai pentingnya iklan untuk promosi TikTok. Berikut ulasannya:

1. Jumlah Pengguna Sangat Besar

Menurut laporan data Business of Apps, TikTok memiliki 1,53 miliar pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) di dunia hingga kuartal III/2022. Jumlah ini meningkat 4,64% ketimbang pada kuartal sebelumnya yang sebanyak 1,47 miliar pengguna.

Dari data tersebut, tentu saja cukup membuktikan bahwa TikTok adalah media paling efektif untuk membantu memaksimalkan promosi bisnis.

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

2. Lebih Mudah Digunakan

Alasan yang kedua yaitu karena penggunaan TikTok yang mudah bagi siapapun.  Bahkan Sobat MEA bisa langsung membuat konten video pada aplikasinya, karena TikTok memiliki fitur edit video yang lengkap. Dan bisa langsung setting iklan di akun tersebut.

Dibandingkan dengan sosial media lainnya, untuk membuat konten postingan maupun konten iklan, Sobat MEA harus melakukan pengeditan melalui aplikasi tambahan atau software lain baru bisa upload

Tapi jika ingin mengetahui lebih lanjut mana yang lebih baik antara TikTok ads dan Social Media lainnya, silakan baca artikel di sini.

3. Lebih Mudah Menarik Perhatian

Karena kebanyakan pengguna sangat aktif mengakses TikTok, maka peluang video diperhatikan pun sangat besar. 

Menurut laporan data obelo, rata – rata pengguna TikTok menghabiskan waktunya selama 52 menit untuk bermain TikTok, artinya memungkinkan ada sebanyak 52 video yang mereka tonton setiap harinya. 

Konten video TikTok juga memiliki rasio penuh yang mampu membuat penonton lebih fokus untuk menonton dan tidak melewatkan konten. Tapi tergantung kualitas kontennya juga ya, Sobat MEA! Menarik atau tidak untuk mereka tonton. 

4. Konten TikTok Berpotensi Sering di Share

Sobat MEA pasti sering menemukan postingan TikTok di story wa maupun Instagram orang lain. Hal ini karena video TikTok mudah dibagikan siapapun secara langsung lewat aplikasinya. Nah, video Sobat MEA juga mungkin sekali untuk mereka bagikan juga. Apalagi jika videonya menarik. 

Artikel Terkait  Gak Usah Panik, Nih 2 Cara Mengatasi Lupa Password TikTok. 3 Menit Beres!

Selain itu, TikTok juga telah menghadirkan fitur Simpan Video atau Download Video. Dengan begitu, pengguna bisa dengan mudah menyimpannya untuk melihat kembali sewaktu-waktu. Dengan begitu, video bahkan bisnis pun lebih cepat viral.

Jangan Cuman Andalkan Iklan, Yuk Gandeng Partner Profesional!
Pastinya cuman bisa kamu dapatkan di program MCN TikTok MEA! Promosi auto gacor~

5. Memiliki Layanan Iklan In-Feed Video

TikTok juga memiliki layanan iklan In-Feed video atau fitur TikTok Ads yang bekerja dengan menempatkan iklan di bawah video TikTok. Fitur tersebut cukup efektif dan sering pebisnis gunakan untuk mengoptimalkan promosi dan harga yang terjangkau.

6. Memiliki Layanan Brand Takeover

Layanan yang satu ini adalah layanan iklan TikTok yang bekerja dengan mengambil sepenuhnya layar pengguna selama durasi video ads ketika pengguna sedang membuka aplikasi. Setelah itu, iklan tersebut akan hilang dan akan menjadi in- feed video ads.

7. Iklan Mudah Diatur Sesuai Kebutuhan

Dengan TikTok ads, Sobat MEA bisa mengatur iklan secara fleksibel, mulai dari biaya, target pasar, durasi, jenis video, dll., sesuai kebutuhan promosi. Terkendala budget? Tenang, TikTok Ads menawarkan beberapa pilihan sesuai budget yang tersedia. 

8. Ada Banyak Influencer Potensial

TikTok memiliki berbagai macam influencer. Tentunya ini bisa Sobat MEA manfaatkan untuk melakukan kerja sama agar jangkauan bisnis menjadi lebih luas. 

Dalam hal ini, Sobat MEA dpaat membayar influencer tersebut untuk mempromosikan produk dan bisnismu atau membuat challenge bersama mereka untuk produk yang dijual. 

9. Promosi Lebih Cepat Viral

Terlebih, jika video yang ditampilkan menarik. Algoritma TikTok akan menyebarkan konten tersebut ke lebih banyak orang. Sehingga inilah yang mendorong bisnismu menjadi viral. 

10. Bersifat Adiktif Bagi Penggunanya

TikTok memilki format video pendek dimana mudah membuat orang-orang kecanduan. Nah, dari rasa adiktif tersebut, TikTok menjadi sering dijelajahi oleh banyak pengguna. Sehingga banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satunya kesempatan bisnis dijangkau banyak orang lebih besar. 

Nah itu dia 10 alasan pentingnya iklan untuk promosi TikTok. Bagaimana? Apakah Sobat MEA sudah mulai mempertimbangkan TikTok Ads sebagai promosi bisnis di TikTok yang efektif? Tapi jangan lupa explore lebih banyak lagi seputar strategi beriklan di TikTok agar hasil lebih maksimal. Semangat!

You may also like

Leave a Comment