Ini 7 Penyebab TikTok 0 View di Sini yang Wajib Kamu Ketahui. Simak Yuk!

by Fanny
penyebab tiktok 0 view

Membuat konten di TikTok adalah salah satu cara untuk memperkenalkan dan menjual produk di sosial media. Lalu, bagaimana jika Sobat MEA sudah membuat konten namun jumlah views-nya masih sedikit. Mengapa hal ini bisa terjadi? Apa penyebab TikTok 0 view alias nggak ada yang nonton sama sekali?

TikTok merupakan media sosial yang memiliki algoritma organik terbaik di bandingkan dengan media sosial lain. Kecanggihan ini tentu membawa dampak positif bagi para content creator. Sebagai gantinya, terkadang konten yang dibuat bisa saja nggak mendapat penonton karena memang melanggar aturan atau memang nggak menarik bagi penonton.

Nah dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja sih penyebab TikTok 0 view. Dengan mengetahui penyebabnya, Sobat MEA bisa menentukan solusi yang tepat agar nantinya konten bisa menjangkau audiens lebih luas lagi. Baik daripada berbasa-basi lagi, langsung aja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

7 Penyebab TikTok 0 View

buku tiktok shop

Membuat konten jualan di TikTok bukan hal yang mudah. Alasannya, Sobat MEA nggak hanya bersaing dengan kompetitor, tapi juga content creator TikTok endorsement dan creator TikTok Affiliate untuk menawarkan produk dari kompetitor. Belum lagi Sobat MEA juga harus bisa mengikuti tren agar konten selalu berkembang dan variatif mengikuti minat pengguna.

Oleh karena itu jika Sobat MEA sudah membuat konten namun jumlah view-nya selalu sedikit, pasti hal ini membuat Sobat MEA menjadi frustasi, bukan? Biar tahu letak kesalahannya, Sobat MEA tentu saja wajib untuk mengetahui apa sih penyebab TikTok 0 view. Nah berikut ini adalah beberapa penyebabnya. Yuk simak!~

1. Melanggar Pedoman Komunitas

Ada banyak sekali aturan untuk jenis konten yang nggak boleh dilanggar oleh pengguna. Nah berikut adalah beberapa jenis konten pelanggaran TikTok dan sering dilanggar pengguna;

  • Konten yang mengandung kekerasan.
  • Konten yang berhubungan dengan seksualitas atau ketelanjangan.
  • Konten rasis atau merendahkan kelompok tertentu.
  • Konten yang memberikan informasi yang salah.
  • Konten spam dan penipuan.

Bagaimana jika konten nggak melanggar hal di atas tapi jumlah views masih 0? Terkadang, algoritma TikTok juga nggak selalu benar dan bisa jadi salah menilai konten jualan Sobat MEA.

2. Video Baru Diunggah

Penyebab TikTok 0 views selanjutnya adalah karena video yang baru saja diunggah. Konten Sobat MEA akan lebih sulit untuk menjangkau ke pengguna lainnya jika video baru saja diunggah. Apalagi jika jumlah pengikut dan akun yang diikuti oleh Sobat MEA masih sedikit. Penyebab TikTok 0 views lainnya adalah ada kemungkinan konten Sobat MEA masih ditinjau oleh pihak TikTok, sehingga jumlah views-nya masih 0.

3. Video Nggak Menarik

Mau dapat komisi TikTok ekstra dan sampel gratis dari brand?
Yuk langsung aja gabung di MCN TikTok MEA sekarang juga!

Tingkat views dipengaruhi oleh jenis konten apakah menarik atau tidak. Jika Sobat MEA membuat video jualan yang membosankan atau nggak sesuai dengan keinginan audiens, maka jumlah views-nya juga akan sedikit. Pastikan Sobat MEA melakukan riset jenis konten yang menarik dan jumlah views yang tinggi untuk mengindari penyebab TikTok 0 view ini.

4. Shadowban

Shadowban TikTok ini bisa terjadi karena:

  • Mengunggah ulang konten TikTok yang sama berulang kali.
  • Mengikuti terlalu banyak pengguna.
  • Pemakaian bot atau otomatisasi.
  • Komentar nggak pantas pada unggahan pengguna lain.
  • Melanggar pedoman komunitas seperti yang dijelaskan pada penyebab TikTok 0 view poin pertama.

Sayangnya, Sobat MEA nggak bisa mengetahui apakah penyebab TikTok 0 view ini karena shadowban. Tapi yang pasti, shadowban ini bisa mempengaruhi seluruh aktivitas akun. Untungnya, shadowban hanya bersifat sementara dengan jangka waktu paling lama 1 minggu. Untuk itu Sobat MEA bisa menunggu agar akun bisa berfungsi kembali.

5. Akun Baru

Ikuti perkembangan cara dapat uang dari TikTok terbaru!
Dengan gabung ke Komunitas Seller dan Affiliate TikTok MEA

Ketika Sobat MEA ingin mengunggah konten pertama kali pada akun baru, pastikan Sobat MEA sudah melakukan aktivitas di akun tersebut terlebih dahulu. Misalnya saja Sobat MEA melihat konten orang lain, mengikuti pengguna lain, meninggalkan komentar, dan aktivitas lainnya. Baru setelah itu, Sobat MEA bisa mengunggah konten.

Hal ini karena TikTok akan melihat akun secara keseluruhan untuk mengetahui apakah konten dari akun tersebut layak untuk didistribusikan. Jika Sobat MEA langsung mengunggah konten pada akun yang baru saja dibuat, maka sistem TikTok belum bisa memberikan kepercayaan terhadap akun baru ini karena ditakutkan akun ini nantinya menjadi akun spam atau mengunggah hal yang tidak baik kedepannya.

Jadi pastikan akun Sobat MEA sudah aktif berinteraksi dengan pengguna lain terlebih dahulu sebelum mengunggah konten baru, ya.

6. Kualitas Video yang Buruk

penyebab tiktok 0 view

7. Nggak Menggunakan Kata Kunci dan Hashtag

Percaya nggak percaya, nggak menggunakan kata kunci dan hashtag bisa menjadi salah satu penyebab TikTok 0 view? Pemakaian kata kunci dan hashtag bisa meningkatkan pencarian produk atau topik unggahan. 

Sobat MEA bisa memasukkan kata kunci produk atau niche market ke dalam caption. Hal ini membuat pengguna yang mencari dengan kata kunci tersebut akan lebih mudah menemukan konten yang Sobat MEA buat. 

Pasalnya, menurut SEMrush sekarang para seller dan content creator harus menerapkan SEO TikTok agar hasil postingan lebih menarik.

Nah itulah  7 penyebab TikTok 0 view yang mungkin Sobat MEA lakukan tanpa sadari. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA semua ya. Aminn!

You may also like

Leave a Comment