Ini 9 Peraturan Shopee Video yang Wajib Diketahui. Anti Blokir!

by Fanny
barang paling laku di marketplace

Shopee menjadi salah satu marketplace terbesar dengan banyak pengguna yang dapat Sobat MEA manfaatkan untuk mendapatkan konsumen sebanyak mungkin. Ada berbagai fitur yang disediakan oleh Shopee yang bisa Sobat MEA gunakan untuk mempermudah pemasaran produk. Salah satunya adalah Shopee Video. Perlu diingat bahwa peraturan Shopee Video ini juga cukup ketat dan jelas, ya.

Shopee Video ini adalah fitur yang membuat Sobat MEA bisa mengunggah berbagai macam jenis video produk, promosi, atau konten lainnya dan membuat Sobat MEA bisa berinteraksi dengan audiens lainnya. 

Namun, Sobat MEA juga perlu mengikuti peraturan Shopee Video agar konten video tidak dihapus dan diblokir oleh Shopee. Untuk itu dalam artikel ini kami akan membagikan berbagai peraturan Shopee Video agar Sobat MEA dapat membuat unggahan yang berkualitas dan tidak melanggar ketentuan yang ada.

Table of Contents

5 Manfaat Shopee Video Untuk Bisnis

Mau tau cara cuan buat jualan di Shopee?
Gabung ke komunitas yang dipandu oleh Coach Shopee berpengalaman sekarang juga. Gratis!

Shopee Video memiliki banyak manfaat sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan produk. Jika sebelumnya Sobat MEA hanya bisa berinteraksi dengan pembeli melalui chat saja, maka sekarang Sobat MEA bisa berinteraksi dengan sebanyak mungkin audiens melalui konten yang diunggah. Berikut adalah manfaat lainnya yang akan Sobat MEA dapatkan dengan mengunggah konten di Shopee Video:

  • Meningkatkan brand awareness mengingat konten yang Sobat MEA unggah dapat menjangkau audiens yang lebih luas.
  • Meningkatkan interaksi dengan audiens dimana Sobat MEA dapat membalas komentar audiens dan menjelaskan produk secara lebih detail.
  • Media yang lebih relevan dengan pengguna. Hal ini karena banyak pengguna yang lebih menyukai untuk melihat produk secara lebih dekat terlebih dahulu sebelum membelinya. Untuk itu, pastikan agar konten yang Sobat MEA buat memiliki kualitas yang baik.
  • Meningkatkan kunjungan toko. Jika konten yang Sobat MEA buat menarik, maka audiens akan penasaran dan mengunjungi toko untuk melihat produk lainnya.
  • Analisa konten mudah untuk dilakukan karena semua datanya tersedia di dashboard Shopee Video.
Artikel Terkait  5 Cara Menambahkan Keranjang Kuning di Shopee Video

9 Peraturan Shopee Video

Dapat komisi Shopee Affiliate lebih gede? Emang bisa?
Dapatkan bonus komisi extra Shopee Affiliate dengan gabung ke MCN Shopee MEA

Fitur Shopee Video membuat Sobat MEA bisa mengunggah berbagai jenis konten menarik di akun pribadi maupun akun jualan. Pembuatan konten ini sendiri bertujuan agar Sobat MEA dapat mempromosikan produk dengan lebih jelas dan interaktif. Namun bukan berarti Sobat MEA bisa membuat konten secara sembarangan, ya.

Menurut laman resmi Shopee, ada peraturan Shopee Video yang perlu diikuti agar konten yang dibuat berkualitas dan aman untuk dilihat siapa saja. Tidak hanya itu, peraturan ini dibuat juga untuk melindungi pembuat konten dan audiens yang melihatnya. Nah berikut ini adalah 9 peraturannya:

1. Mengandung Kekerasan dan Ekstremisme

Sobat MEA tidak diperbolehkan membuat dan mengunggah konten yang mengandung kekerasan dan ekstremisme baik dari individu maupun organisasi yang berbahaya.

2. Mengandung Seksualitas dan Ketelanjangan

Sobat MEA juga tidak diperbolehkan untuk mengunggah konten yang menunjukkan beberapa bagian tubuh secara eksplisit. Bagian tubuh ini diantaranya adalah payudara, alat kelamin, bokong, dan organ intim lainnya. Selain itu, jenis konten yang menyiratkan tindakan seksualitas. Tidak hanya di situ, jenis konten berupa ketelanjangan anak hingga grooming juga dilarang keras.

3. Mengandung Perilaku Berbahaya

Peraturan Shopee Video berikutnya adalah Sobat MEA tidak boleh mengunggah konten yang menunjukkan perilaku berbahaya seperti melukai diri sendiri atau orang lain. 

4. Melibatkan Barang Ilegal

peraturan shopee video

5. Mengandung Perundungan

Konten juga tidak boleh mengandung tindakan perundungan, pelecehan, ancaman, peretasan, pemerasan, hingga doxing atau penyebaran informasi pribadi.

6. Mengandung Ujaran Kebencian

Pastikan juga konten yang Sobat MEA buat tidak mengandung ujaran maupun tindakan kebencian kepada individu maupun golongan tertentu.

7. Tidak Memiliki Integritas dan Originalitas

program jadi jawara

Peraturan Shopee Video berikutnya adalah Sobat MEA dilarang keras untuk mengunggah konten yang dapat merusak integritas Shopee maupun pengguna lainnya. Konten juga tidak boleh berisi peniruan identitas dan membagikan informasi yang dapat menyesatkan pengguna Shopee.

8. Melanggar Hak Cipta

Salah satu ciri khas dari Shopee Video adalah Sobat MEA perlu mengunggah konten original. Hal ini berarti Sobat MEA tidak dapat mengunggah ulang konten original milik orang lain karena hal ini akan melanggar hak cipta. 

9. Mengganggu Keamanan Platform

Sobat MEA juga dilarang untuk mengunggah konten yang dapat mengganggu keamanan dan proses layanan Shopee.

Lalu, apa yang terjadi jika Sobat MEA melanggar peraturan Shopee Video di atas? Akan ada 3 penalti yang Sobat MEA dapatkan jika melakukan pelanggaran dengan membuat konten di atas, yaitu:

  • Konten dihapus.
  • Fitur Shopee Video akan diblokir dari perangkat.
  • Akun Shopee Sobat MEA akan dibatasi atau diblokir
peraturan shopee video

Cukup menakutkan bukan penalti yang akan didapatkan jika melanggar peraturan Shopee Video? Untuk itu, pastikan agar Sobat MEA selalu membuat jenis konten yang aman, edukatif, dan menghibur agar konten tidak dihapus atau diblokir oleh pihak Shopee.

You may also like

Leave a Comment