Ini Perbedaan Reach dan Impression Serta Profil Visit di Instagram. Udah Tahu?

by Husna Rahman
perbedaan reach dan impression

Pernah nggak sih kamu membuka insight Instagram tapi bingung istilah-istilah seperti reach, impression, dan profil visit? Sobat MEA pasti bertanya-tanya, apa sih perbedaan reach dan impression serta profil visit?

Sebenarnya, istilah ini penting banget untuk seorang content creator ketahui agar bisa mengevaluasi konten yang sudah Sobat MEA buat. Tapi nggak perlu khawatir, Sobat MEA sekarang bisa mengetahui istilah-istilah tersebut lewat artikel ini. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung simak aja di bawah ini!

Apa Perbedaan Reach, Impression dan Profil Visit?

Mau belajar jadi content creator handal?

Yuk gabung GRUP WhatsApp Content Creator MEA GRATIS sekarang juga!

Reach, impression dan profil visit adalah istilah-istilah analisis yang ada di media sosial Instagram. Ketiga hal ini adalah indikator yang sangat penting untuk mengukur sukses atau tidaknya sebuah akun dan juga konten yang Sobat MEA buat. 

Ketiga indikator ini juga bisa membantu Sobat MEA mengetahui apakah ada yang salah dengan konten atau postingan yang Sobat MEA buat selama ini. Meski sama-sama indikator analisis di Instagram, ada perbedaan-perbedaan mencolok dari ketiga istilah ini. Nah untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya. Check this out!~

Reach

Belajar Facebook dan Instagram Ads tanpa ribet

Yuk belajar semua hal tentang FB/IG Ads di Kelas MEA seakrang juga!

Reach adalah jumlah pengguna Instagram yang melihat postingan kita. Artinya, setiap pengguna hanya akan terhitung satu di tiap post yang dilihat. Data reach efektif untuk mengetahui berapa akun unik yang telah melihat atau terjangkau oleh konten atau postingan kita. 

Jika Sobat MEA ingin menciptakan brand awareness, maka reach adalah indikator yang sangat penting. Ada beragam cara untuk meningkatkan reach. Biasanya, reach yang kecil adalah konten atau iklan muncul kurang memiliki efek stop sehingga orang yang melihat konten nggak tertarik.

 

Impression

perbedaan reach dan impression

Impression adalah jumlah tayangan suatu post. Artinya setiap pengguna dapat memberikan data lebih dari satu tergantung berapa kali pengguna tersebut melihat kembali postingan yang sama. Data ini sangat bergantung pada kualitas konten yang kamu buat.

Postingan akan sering audience lihat dari waktu ke waktu apabila memiliki kualitas yang bagus, isi yang bermanfaat, atau mampu menghibur. Sementara buruknya impression adalah yang salah dengan kontenmu.

Profil Visit

Profil visit adalah jumlah pengguna Instagram yang mengklik profil kita setelah melihat postingan. Postingan ini sangat krusial untuk seller online maupun content creator karena memberi tahu seberapa efektif suatu postingan membawa traffic ke toko kita.

Apabila total orang yang melihat profil kamu rendah padahal reach dan impressionnya memuaskan maka kamu harus memperbaiki Call To Action. Call To Action atau CTA adalah permintaan kreator kepada audience untuk melakukan suatu tindakan.

Kamu dapat menyebutkannya di video kamu, konten feed, atau di caption. Berikut adalah beberapa CTA yang efektif untuk meningkatkan jumlah orang yang melihat profil akun Instagram:

  1. Kalo penasaran, yuk klik link di bio
  2. Kalau mau informasi bermanfaat seperti ini, yuk kunjungi profil kami
  3. Kalau penasaran, cek video sebelumnya ya!

Reach vs Impression

Setelah mengetahui penjelasan mengenai istilah ini, mana sih yang lebih bai untuk social media marketing? Apakah reach atau impression? Sebenarnya semua indikator ini adalah salah satu alat dan nggak bisa jadi ukuran sukses atau tidaknya sosial media yang Sobat MEA kelola.

You may also like

Leave a Comment