4 Perbedaan Shopee Affiliate dan Program Afiliasi untuk Penjual

by Viki
perbedaan shopee affiliate dan program afiliasi untuk penjual

Seiring perkembangan digital, program afiliasi semakin diminati sebagai wadah cuan tambahan. Tidak heran jika program afiliasi juga menjadi strategi yang populer bagi bisnis online untuk meningkatkan penjualan. Dan ternyata ada perbedaan Shopee Affiliate dan program afiliasi untuk penjual.

Perlu diketahui, Shopee memiliki beberapa jenis program afiliasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari Shopee Affiliate Partner, Shopee Affiliate Influencers, hingga Shopee Affiliate untuk penjual. 

Tentunya semua program tersebut memiliki perbedaan yang berlaku baik cara beroperasi maupun manfaat yang ditawarkan. Sobat MEA pun perlu memahaminya karena ini tergantung pada tujuan yang diharapkan. Untuk itu, mari simak perbedaan Shopee Affiliate dan program afiliasi Shopee untuk penjual di artikel ini!

Table of Contents

Apa itu Program Afiliasi Shopee?

Mau belajar memaksimalkan program afiliasi yang menguntungkan?
Yuk gabung diskusi bareng Affiliate dan Mentor berpengalaman di komunitas bisnis Shopee!

Shopee Affiliate adalah program Shopee yang ditujukan untuk Kreator yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan mempromosikan produk Shopee. Mereka akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang berhasil terjual melalui link referral

Sedangkan program afiliasi untuk penjual adalah program Shopee yang memberikan keuntungan khusus untuk Penjual berupa komisi sebesar 10% dengan maksimal Rp10.000 untuk setiap penjualan yang dibuat melalui link toko & link produk penjual. Mereka akan mendapatkan komisi dari pembeli yang mengeklik link dan menyelesaikan pesanan dalam 7 hari.

Dalam Shopee Affiliate harus pilih kolaborasi yang tepat
Yuk dapatkan berbagai partner profesional yang siap optimalkan bisnis dan membimbing di MCN Shopee MEA!

Ada berbagai platform yang bisa digunakan untuk membagikan link afiliasi mulai dari Instagram, YouTube, Facebook, TikTok, hingga Twitter. Untuk hal ini, Sobat MEA perlu membuat konten promosi yang berkualitas untuk menarik perhatian konsumen. 

Artikel Terkait  Cara Posting Video Affiliate di Shopee. Promosi Lebih Viral!

Tapi kedua program afiliasi Shopee ini memiliki proses yang sangat mudah dan tidak ada kontrak eksklusif yang mengikat. Sehingga Shopee Affiliate Program sangat cocok bagi Sobat MEA yang ingin memiliki penghasilan dari rumah saja. 

Tapi selain dari segi pengertian, apa lagi sih perbedaan Shopee Affiliate dan program afiliasi untuk penjual yang menonjol? Simak!

Perbedaan Shopee Affiliate dan Program Afiliasi untuk Penjual

Program afiliasi dari Shopee kini menduduki peringkat pertama dengan nilai 68% lebih tinggi ketimbang pesaingnya seperti TikTok, Lazada, Tokopedia, dan platform lainnya. Shopee Affiliate pun memiliki pengguna sebanyak 70% ketimbang pesaing-pesaingnya tersebut. 

Hal ini terbukti dari Shopee yang memberikan keuntungan yang lebih banyak kepada Kreator dan seller yang memanfaatkannya. Selain pengertian di atas, ada juga beberapa perbedaan Shopee Affiliate dan program afiliasi untuk penjual yang perlu diketahui, antara lain:

1. Syarat dan Ketentuan

Untuk Shopee Affiliate, Sobat MEA diharuskan memiliki media sosial aktif dengan minimal 1 followers, memposting konten yang original dan terbuka untuk umum, dan tidak mempromosikan produk yang dilarang seperti rokok, obat-obatan terlarang, ganja, produk dewasa dan produk palsu.  

Sedangkan program afiliasi untuk penjual, tentunya diharuskan sudah memiliki toko di Shopee dan hanya menjual produk yang sesuai ketentuan yang berlaku di Shopee. Pastikan toko Shopee memiliki rating yang baik dan tidak melakukan pelanggaran. 

2. Komisi

Sedangkan Penjual akan mendapatkan komisi maks. Rp10.000 jika pesanan berasal dari Pembeli baru Shopee yang belum pernah melakukan transaksi di Shopee sebelumnya. dan maks. Rp10.000 didapatkan jika pesanan berasal dari Pembeli setia Shopee yang sudah pernah melakukan transaksi di Shopee sebelumnya.

3. Skema Pembayaran Komisi

Jika Sobat MEA menjadi Shopee Affiliate, Sobat MEA akan menerima komisi melalui ShopeePay atau rekening bank selama 1-2 hari. Pastikan Sobat MEA telah mencapai limit akumulasi saldo sebesar Rp20 juta untuk akun ShopeePay, dan Rp40 juta untuk akun ShopeePay Plus. 

Sedangkan bagi Penjual, komisi akan dibayarkan setiap 2 minggu sekali. Artinya, pesanan selama 2 minggu setelah pesanan masuk, perlu diverifikasi terlebih dahulu. Barulah kemudian pembayaran komisi akan diproses ke saldo penjual. Dalam hal ini, Penjual bisa mengeceknya melalui dashboard Shopee Affiliate Program. 

4. Manfaat

Keduanya pun memiliki manfaatnya masing-masing, dimana seorang Shopee Affiliate tidak perlu memiliki modal terlebih dahulu untuk menjalankan program ini. Bahkan Shopee Affiliate bisa langsung memilih produk Shopee yang akan dipromosikan.

Sedangkan Shopee Affiliate untuk penjual, tentu saja pemilik toko akan lebih mudah dalam memperluas jangkauan pasar, karena secara tidak langsung, produk akan dibantu pemasarannya. Sehingga tidak menutup kemungkinan potensi kenaikan penjualan juga akan lebih besar dibanding berjualan sendiri. 

Nah, jadi begitulah perbedaan Shopee Affiliate dan program afiliasi untuk penjual. Beragamnya jenis program afiliasi dari Shopee, memungkinkan siapapun untuk mendapatkan penghasilan tanpa kerepotan. Maka silakan pilih program yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan, dan jangan lupa terapkan strategi pemasaran yang jitu agar hasil lebih maksimal. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment