Bagaimana Perhitungan Komisi Shopee Affiliate? Ini Rinciannya!

by Viki
perhitungan komisi shopee affiliate

Program Shopee Affiliate memang sangat menguntungkan. Pengguna Shopee bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa perlu menjadi reseller. Tentu saja mengetahui  bagaimana perhitungan komisi Shopee Affiliate menjadi hal yang penting apabila Sobat MEA ingin mencari penghasilan dari progream Shopee Affiliate ini.

Skema penghasilan Shopee Affiliate ini prinsipnya adalah Affiliate mengajak calon konsumen untuk melakukan pembelian item produk Shopee melalui link Affiliate. Cara kerjanya pun sangat mudah, sobat MEA cukup mempromosikan link produk hingga audiens tertarik untuk berbelanja melalui link yang dibagikan.

Tapi ternyata masih banyak Affiliate Shopee yang belum memahami bagaimana perhitungan komisi Shopee Affiliate. Oleh karena itu, MiMe akan menjelaskan rinciannya secara lengkap. 

Table of Contents

Bagaimana Perhitungan Komisi Shopee Affiliate?

Komisi lebih besar asal collab dengan partner yang sat set!
Pastinya hanya bisa kamu dapatkan secara profesional bareng tim MCN Shopee MEA!

Biasanya nominal komisi dari program Shopee Affiliate ini sekitar 1-10% dan akan didapatkan setiap ada pembeli yang bertransaksi melalui link produk yang sobat MEA bagikan. Nilai komisi tersebut tergantung dari seller yang menyediakan layanan afiliasi di Shopee.

Jumlah komisi dari program Affiliate yang bisa didapatkan mencapai 4% untuk nilai komisi tetap, bonus 15% jika berhasil mengajak teman atau orang lain bergabung, dan ada juga tambahan komisi XTRA.

Untuk perhitungan komisi Shopee Affiliate sendiri, MiMe berikan satu contoh. Misalnya, Sobat MEA berhasil menarik buyer melalui tautan afiliasi yang dibagikan melalui media sosial sebanyak 4 produk (dompet, tas, sepatu dan jilbab) di 2 toko berbeda dalam satu transaksi.

Dapatkan berbagai strategi sukses yang penting bagi affiliate Shopee
Hanya dengan bergabung komunitas bisnis Shopee MEA!

Adapun perhitungan komisi Shopee Affiliate dari contoh tersebut, di antaranya:

  1. Dompet dari Toko X 4% x Harga Jual Produk (Rp125.000) = Rp5000
  2. Tas dari Toko X 4% x Harga Jual Produk (Rp200.000) = Rp8.000
  3. Sepatu dari toko Y 1% x Harga Jual Produk (Rp250.000) = Rp2.500
  4. Jilbab dari toko Y 1% x Harga Jual Produk (Rp50.000 = Rp500

Sehingga didapatkan jumlah komisi keseluruhan dari komisi yang didapat di atas adalah sebesar Rp16.000.

Kapan Pembayaran Komisi Shopee Affiliate Dilakukan?

Biasanya untuk proses pembayaran komisi dari Shopee Affiliate sendiri bisa dicek pada menu Laporan Komisi. Pembayaran komisi afiliasi berlangsung dalam waktu 1-2 hari menyesuaikan jenis bank penerima.

Cara Mencairkan Komisi Shopee Affiliate

Setelah pembayaran komisi sudah dilakukan, selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara mencairkan komisi Shopee Affiliate. Nggak perlu khawatir pencairan komisi Shopee Affiliate pun sangat mudah dilakukan. Berikut langkah-langkah yang bisa diakukan, di antaranya:

  1. Buka aplikasi Shopee di HP, pastikan sudah login akun.
  2. Masuk ke halaman Affiliate Program di akun Shopee.
  3. Selanjutnya masuk ke akun affiliate.
  4. Pilih menu Pengaturan Pembayaran, dan isi data diri secara lengkap.
  5. Jika sudah, klik tombol Konfirmasi.
  6. Tunggu hingga pembayaran diproses.

Perlu diketahui, Sobat MEA dapat mencairkan komisi dari Shopee Affiliate dalam 2 minggu sekali. Untuk komisi yang bisa dicairkan minimal sebesar Rp10.000. Tapi jika sobat MEA belum mencapai jumlah tersebut, biasanya pembayaran akan digabungkan dengan total komisi selanjutnya.

You may also like

Leave a Comment