Ini lho 5 Pilar TikTok Selling untuk Strategi Penjualan!

by Fanny
pilar TikTok selling

Jualan di TikTok tidak sekedar membuat konten saja, namun Sobat MEA perlu membuat strategi penjualan yang tepat untuk meraih penjualan yang optimal dengan modal seminimal mungkin. Lalu, apakah Sobat MEA sudah familiar dengan 5 pilar TikTok selling? Belum pernah dengar?

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan mengenai apa itu 5 pilar TikTok selling dan bagaimana strategi yang tepat sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan penjualan Sobat MEA. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Table of Contents

Apa itu Pilar TikTok Selling?

buku tiktok shop

Pilar TikTok selling adalah 5 komponen penting dalam penjualan di TikTok, yaitu konten, live streaming, iklan, affiliate, dan shop ads. 5 hal ini tidak bisa lepas dari strategi dan perencanaan promosi yang dilakukan di TikTok. Jika Sobat MEA tidak mengetahui 5 hal ini, maka Sobat MEA akan kesulitan dalam menyusun strategi penjualan.

Apakah 5 pilar TikTok selling ini perlu diterapkan dan dilakukan semua. Jawabannya adalah: tidak. Tergantung dari kebutuhan dan tujuan apa yang ingin Sobat MEA capai dalam penjualan produk. Untuk memudahkan pemilihan fokus pada beberapa pilar saja, kami akan membagikan 3 strategi yang bisa Sobat MEA coba.

5 Pilar TikTok Selling

Jualan di TikTok Masih Gitu-gitu aja?
Tingkatkan penjualan dengan belajar langsung dari ahlinya di komunitas sekarang. GRATIS!

Sebelum membahas strategi penjualan untuk 6 bulan yang efektif dan hemat, kami akan menjelaskan lebih mendetail lagi mengenai pengertian dan manfaat dari kelima pilar itu sendiri. Yuk simak!

1. Konten TikTok

Konten adalah hal yang tidak bisa dilewatkan ketika Sobat MEA jualan di TikTok. Ada berbagai macam jenis konten yang bisa Sobat MEA buat untuk mempromosikan produk dengan cara yang menarik. Mulai dari mengikuti konten viral, trend, challenge, atau membuat konten drama sendiri. Selalu pastikan konten yang Sobat MEA buat relevan dengan kebutuhan dan kesukaan audiens agar konten yang dibuat bisa bekerja secara efektif dalam menarik perhatian audiens.

Artikel Terkait  5 Cara Dropship TikTok Shop. Gampang dan Tanpa Modal Sama Sekali!

2. Live Streaming

TikTok dilengkapi denagn fitur live streaming di mana Sobat MEA bisa memasarkan produk dan berinteraksi secara langsung dengan audiens. Live streaming yang menarik mampu meraih banyak audiens baru secara efektif. Untuk itu, selalu persiapkan produk dan perlengkapam live agar live streaming yang dilakukan bisa mendatangkan banyak pelanggan baru.

3. TikTok Ads

pilar TikTok selling

Pilar TikTok selling berikutnya adalah TikTok Ads di mana Sobat MEA bisa mengiklankan konten agar bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan relevan dengan target market Sobat MEA. Konten TikTok Ads sendiri berbeda dibandingkan dengan konten TikTok biasa. Sobat MEA bisa mencari referensi di Top Ads Spotlight dan melihat contoh konten iklan yang memiliki performa tinggi sesuai dengan niche produk yang ingin diiklankan.

4. Affiliate

Selanjutnya ada juga konten kreator atau influencer yang bergabung dengan program TikTok Shop Affiliate di mana mereka bisa turut membuat konten dan mempromosikan produk Sobat MEA. 

Sebagai imbalannya, para kreator ini akan mendapatkan komisi sekian persen dari setiap transaksi yang berhasil. Hal ini menguntungkan kedua belah pihak karena kreator akan mendapatkan penghasilan tambahan dan Sobat MEA tidak perlu memasarkan produk sendiri karena sudah mendapatkan bantuan dari para affiliator ini.

5. Shop Tab

Shop tab adalah optimasi keranjang kuning. Pada marketplace, optimasi produk adalah sesuatu yang perlu dilakukan untuk meningkatkan visibilitas produk. Hal ini bisa dilakukan dengan iklan, bantuan affiliate, dan promosi lainnya.

3 Strategi Pilar TikTok Selling Untuk Penjualan 6 Bulan

Kesulitan Cari Affiliator?
Mending gabung ke MCN TikTok MEA aja dan dapatkan banyak affiliator sesuai niche produk kamu!

70 : 20 : 10

Strategi pertama dengan persentase 70% : 20% : 10%. Strategi ini terdiri dari 70% pembuatan konten, 20% live streaming, dan 10% untuk ads atau iklan.

Metode ini membutuhkan banyak usaha mengingat Sobat MEA mengandalkan konten untuk proses pemasaran produk. Tentu Sobat MEA harus bisa membuat konten yang unik dan beda, sehingga efektif untuk menarik perhatian audiens. Mungkin Sobat MEA akan kelelahan dan kehabisan ide mengingat perlu membuat banyak konten. Namun metode ini menjadi strategi yang paling hemat karena Sobat MEA hanya mengeluarkan sedikit biaya untuk iklan.

30 : 30 : 40

pilar TikTok selling

Jika Sobat MEA tidak bisa atau tidak ingin membuat banyak konten, maka Sobat MEA bisa menggunakan strategi 30% konten, 30% live streaming, dan 40% iklan. Tentu biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal karena Sobat MEA membutuhkan biaya iklan lebih banyak untuk menutup jumlah konten yang lebih sedikit.

50 : 50

Strategi pilar TikTok selling yang ketiga adalah persentase 50% : 50% antara konten dan affiliate. Di sini Sobat MEA tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembuatan iklan. Namun Sobat MEA membutuhkan banyak affiliator agar cara ini bisa bekerja secara efektif. Untuk memudahkan pencarian kreator sebagai affiliator, Sobat MEA bisa bergabung ke MCN TikTok.

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai strategi 5 pilar TikTok selling yang bisa Sobat MEA terapkan. Mana strategi yang paling cocok untuk bisnis Sobat MEA?

You may also like

Leave a Comment