Pentingnya Rating Shopee Untuk Toko, Begini Cara Naikan Rating Shopee

by Husna Rahman

Rating dan ulasan positif menjadi dambaan bagi seorang seller Shopee. Selain menjadi kebanggaan, rating Shopee punya peran penting bagi toko. Nggak mengherankan banyak seller yang mencari cara menaikan rating penjualan di Shopee.

Hal tersebut bukan sesuatu yang berlebihan. Ada banyak manfaat yang bisa penjual dapatkan jika mendapat ulasan Shopee yang positif dari para pelanggan. Selain itu, memberikan rating dan penilaian juga sangat menguntungkan bagi para pembeli itu sendiri.

Table of Contents

Apa itu Rating Shopee?

Mau tahu rahasia-rahasia bisnis di Shopee?
Yuk gabung grup seller marketplace Komunitas MEA GRATIS!

Sebelum membahas lebih jauh, kita perlu memahami lebih dahulu, apa itu rating Shopee? Bagaimana cara memberi rating di Shopee? Apa pengaruh yang bisa pembeli berikan pada penjual saat memberi rating?

Menurut laman resmi Shopee, rating merupakan kumpulan ulasan produk yang pengguna beli secara online. Singkatnya, rating ini merupakan parameter penilaian terhadap sebuah toko berdasarkan pengalaman para pembeli secara langsung. Nggak hanya berbentuk teks, rating atau penilaian ini juga bisa berupa foto atau video.

3 Manfaat Rating Shopee Untuk Toko

Karena sangat penting, perlu dicatat bahwasannya fitur rating Shopee ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi para penjual di Shopee. Tentu saja manfaat ini bisa Sobat MEA dapatkan. Karenanya sudah wajib hukumnya bagi Sobat MEA cara meningkatkan rating Shopee. Nah berikut ini adalah 3 manfaat yang bisa Sobat MEA dapatkan dari rating Shopee yang baik:

1. Meningkatkan Penjualan Toko

Mau dapat komisi Shopee Affiliate sampai 30%?
Yuk dapatkan cuan baru lewat MCN Shopee MEA sekarang juga!

Pertama tentu saja meningkatkan penjualan di toko Shopee Sobat MEA.Ketika Sobat MEA menaikan rating toko maka hal tersebut akan membantu untuk meningkatkan penjualan di Shopee secara otomatis. 

Artikel Terkait  5 Cara Dapat Review Bagus. Jangan Skip Kalau Mau Toko Ramai!

Karena, saat toko Sobat MEA memiliki rating yang baik dari hasil ulasan pelanggan, secara otomatis calon pembeli lain akan lebih percaya. Shopee sendiri akan merekomendasikan toko dan produk Sobat MEA dalam skala yang besar karena sudah memiliki rating yang baik.

2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Rating atau ulasan pembeli yang positif akan dapat memberikan rasa percaya pada calon pembeli. Jika memang sudah pernah berbelanja, bukan hal yang nggak mungkin kalau pembeli akan melakukan repeat order. Apalagi jika produk yang dipesan memang sesuai dengan ekspektasi dan rating yang diberikan pelanggan lain.

3. Meningkatkan Visibilitas Toko

Manfaat terakhir yang bisa didapatkan oleh seller dari rating Shopee yang baik adalah meningkatkan visibilitas toko di banding dengan kompetitor. Jika produk atau toko Sobat MEA memang punya rating positif, maka sistem Shopee secara otomatis akan merekomendasikan toko Sobat MEA di jajaran paling atas.

3 Manfaat Memberi Rating Untuk Pembeli

Selain bermanfaat bagi para penjual, ada juga lo manfaat dan keuntungan memberi rating dan review produk untuk para pembeli. Nah berikut ini adalah 3 manfaat yang bisa didapatkan:

1. Sarana Berbagi Informasi Antar Pembeli

Memberikan review yang jujur sangatlah penting. Pasalnya, review produk ini bisa menjadi sarana berbagi informasi antar pembeli. Kelebihan dan juga kelemahan sebuah produk bisa pembeli jelaskan agar calon pembeli lain bisa berekspektasi atas produk yang mereka hendak beli.

2. Bahan Evaluasi dan Kritik Untuk Penjual

3. Mendapatkan Koin Shopee

Hal menarik yang Shopee sediakan untuk para penggunanya adalah bonus yang mereka berikan untuk pembeli yang memberikan ulasan produk. Pengguna bisa mendapatkan koin Shopee saat ia memberikan rating sekaligus penilaian pada produk yang dibeli.

Syarat mendapatkan koin Shopee adalah menulis ulasan yang menyertakan foto produk atau video. Koin yang bisa Sobat MEA dapatkan dari menulis ulasan ini adalah 25 koin. Nantinya, koin Shopee ini bisa digunakan untuk mendapat potongan harga di pembelian produk selanjutnya.

8 Cara Menaikkan Rating Shopee

rating shopee

Setelah mengetahui manfaat dari rating Shopee baik untuk pembeli atau penjual, saatnya kita membahas bagaimana cara menaikkan rating toko Shopee. Nah berikut ini adalah 8 cara yang bisa Sobat MEA lakukan:

1. Pastikan Produk Berkualitas

Hal yang paling penting dalam cara menaikkan rating Shopee adapah produk berkualitas. Jika produk yang Sobat MEA jual memang berkualitas, otomatis para pembeli akan merasa puas dan memberikan rating yang tinggi pada produk dan toko Sobat MEA.

2. Cepat Merespon Pelanggan

Selain harga produk, salah satu faktor yang membuat pelanggan berbelanja adalah cara kita merespon pelanggan. Toko yang baik adalah toko yang dapat merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat. Nah ini merupakan bagian dari pelayanan sebuah toko online. Jika pelayanan toko baik, sudah dapat dipastikan mendapat rating tinggi itu bukan hal yang sulit.

3. Pancing Pembeli Memberi Review

Pada cara selanjutnya adalah memancing pembeli memberikan ulasan setelah melakukan pembelian produk. Sobat MEA bisa menggunakan fitur broadcast Shopee untuk mengingatkan pembeli untuk memberikan ulasan setelah berbelanja.

4. Berikan Promo Spesial

rating shopee

Sebagai seorang seller Shopee, Sobat MEA wajib untuk kreatif dalam berjualan. Nah salah satu cara untuk memancing rating positif adalah dengan memberikan berbagai promo spesial secara berkala. Misalnya memberi flash salecashback maupun kode promo yang bisa digunakan saat checkout.

5. Gunakan Diskon atau Potongan Harga

6. Beri Voucher Gratis

Selain diskon atau potongan harga, Sobat MEA juga bisa loh menyediakan voucher toko. Nah untuk meningkatkan rating Shopee, Sobat MEA bisa mencoba memberikan voucher ini. Seperti kita tahu, Shopee merupakan marketplace yang punya berbagai voucher yang bisa digunakan oleh para pembeli.

7. Gunakan Fitur Gratis Ongkir

Sudah bukan rahasia lagi kalau seorang pembeli lebih senang berbelanja produk di toko yang menyediakan fitur gratis ongkir. Jika Sobat MEA memang ingin meningkatkan rating, maka sudah diwajibkan bagi Sobat MEA untuk menggunakan fitur gratis ongkir ini.

8. Sediakan Bonus Produk

Cara terakhir adalah dengan menyediakan bonus produk. Sobat MEA bisa memberikan tambahan produk bagi pembeli yang membeli produk tertentu. Misalnya, Sobat MEA menjual HP, maka Sobat MEA bisa memberikan casing HP sebagai bonus produk. Dengan memberikan bonus, seorang pembeli akan merasa senang dan nggak akan menolak memberikan penilaian pada produk yang Sobat MEA jual.

Nah itu dia serba serbi mengenai ulasan di Shopee. Semoga saja artikel ini bisa membantu dan memberikan informasi bagi para penjual maupun pembeli di Shopee. Aminn!

You may also like

Leave a Comment