10 Rekomendasi Buku Digital Marketing Terbaik. Pemula Masuk!

by Nabila Rubianty
rekomendasi buku digital marketing

Digital Marketing menjadi sebuah bidang pemasaran yang sedang naik daun. Digital Marketing juga menjadi salah satu cara yang tepat, efektif dan relevan untuk menjangkau konsumen. Nggak mengherankan kalau banyak orang yang mencari rekomendasi buku digital marketing untuk mempelajari teknik pemasaran satu ini. 

Dengan perkembangan digital yang sangat pesat, tidak sedikit perusahaan besar maupun pengusaha UMKM yang membutuhkan orang yang menguasai digital marketing. Hal inilah yang mendorong banyak orang yang mempelajari dunia digital marketing ini.

Dengan perkembangan pesat ini, ada banyak sekali medium yang bisa digunakan untuk mempelajari ilmu satu ini. Salah satunya adalah melalui membaca buku. Nggak perlu khawatir, hari ini sudah ada banyak sekali rekomendasi buku digital marketing baik itu karya penulis luar negeri maupun dari dalam negeri.

Table of Contents

Apa itu Digital Marketing?

Mau belajar digital marketing secara gratis yang bikin bisnis makin lancar?
Yuk gabung di Komunitas Bisnis MEA dan belajar sama pebisnis online lainnya!

Menurut halaman MailChimp, digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang melakukan promosi melalui media sosial, mesin pencari dan medium-medium digital lain untuk menjangkau target konsumen yang luas. Singkatnya, segala bentuk pemasaran yang melibatkan perangkat elektronik disebut  digital marketing.

Tentunya digital marketing memiliki beragam keunggulan dibandingkan dengan marketing konvensional. Misalnya kemampuan digital marketing menjangkau target pasar secara luas, biaya yang lebih hemat, sampai melakukan brand awareness secara masif. Selain itu, digital marketing juga dapat dipakai untuk mencapai banyak tujuan pemasaran.

10 Rekomendasi Buku Digital Marketing

Setelah mengetahui apa itu digital marketing serta beragam keunggulannya, kita akan masuk pada pembahasan utama yakni mengenai rekomendasi buku digital marketing terbaik yang bisa Sobat MEA baca. Dari pada berlama-lama lagi, langsung simak daftar lengkapnya di bawah ini!

1. Hit Makers: The Science of Popularity in an Age of Digital Distraction - Derek Thompson

Ditulis oleh seorang senior bernama Derek Thompson, ia memberikan gambaran psikologi mengenai apa yang kita suka dan apa penyebab kita tertarik dengan suatu produk. Sobat MEA akan memperoleh penjelasan mengapa sosial media menjadi sesuatu yang sangat penting di era sekarang.

2. The Age of Influence - Neal Schaffer

 

Dalam buku ini, pakar pemasaran media sosial menjelaskan bahwa influencer memberikan pengaruh yang cukup besar untuk suatu bisnis. Influencer biasanya berasal dari kalangan artis, selebgram yang memiliki banyak followers. Selain itu, buku ini juga membahas kenapa seorang influencer dapat menumbuhkan kepercayaan  followers terhadap sebuah bisnis.

3. The Power Of Digital Marketing - GM Susanto

Buku ini dibuat khusus untuk memperkenalkan besarnya kekuatan digital marketing terhadap suatu bisnis. Buku ini sangat cocok untuk Sobat MEA yang ingin mengembangkan bisnisnya melalui digital marketing. Buku ini sangat ringan untuk dibaca yang membuatnya mudah dipahami. Apalagi, buku ini dibuat oleh penulis asal Indonesia.

4. Marketing 4.0 - Philip Kotler

5. Introduction to Algorithmic Marketing - Ilya Katsov

Buku ini ditulis oleh Ilya Katsov, Kepala Ilmu Data di Dinamika Grid. Sebagai seorang ahli data, Ilya Katsov akan memberikan pelajaran yang sangat berharga. Yup, Sobat MEA akan mempelajari cara kerja algoritma dalam pemasaran. Selain itu, buku ini juga menjelasakan penemuan sang penulis mengenai metode-metode dalam melakukan iklan digital yang efektif dan dapat langsung dipraktikan.

6. Digital Marketing Strategy - Simon Kingsnorth

rekomendasi buku digital marketing

Dalam buku ini Simon Kingsnorth memperlihatkan cara untuk merumuskan strategi marketing yang terbaik untuk perusahaan Sobat MEA. Selain itu, buku ini memberikan penjelasan mengenai pengertian digital marketing, bagaimana menganggarkan dan memperkirakan, akuisisi, personalisasi, layanan pelanggan, pengalaman penggun sampai membahas secara mendalam mengenai efektivitas strategi konten.

7. Digital Marketing Melalui Aplikasi Playstore – Usman Chamdani

Yang menarik dari buku ini adalah buku ini disusun berdasarkan studi kasus wisata belanja di Martapura Kalimantan Selatan. Buku ini mengulas bagaimana cara melakukan pengukuran strategi agar banyak dilirik dan bagaimana cara mengukur efektivitas tools digital marketing

Tentunya buku ini memiliki kelebihan dibandingkan buku yang lain, karena buku ini ditulis berdasarkan hasil studi kasus di lapangan. Sehingga hasil studi kasus yang dilakukan dapat dijadikan analogi dalam menjalankan usaha bisnis.

8. Strategi Manajemen Pemasaran di Era Digital – Yudi Nur Supriadi

Buku karya Yudi Nur Supriadi ini menjelaskan konsep manajemen digital marketing, bagaimana proses pemasaran digital, cara membuat perencanaan strategis, pengaruh globalisasi pemasaran, pemasaran strategis dan ekonomi digital. 

9. Komunikasi Merek di Media Sosial & Penerapannya Pada TV Berita – Hilda Rachmawati

10. E-Marketing – Adi Mursalin

Terakhir ada buku berjudul E-Marketing karya penulis Adi Mursalin. Lewat buku ini, Sobat MEA akan mempelajari tentang teori pemasaran yang diterapkan untuk digital. Selain itu buku ini juga akan mengulas bagaimana membuat strategi pemasaran konten, desain user experience dan bagaimana mengelola hubungan pelanggan secara online.

Itu dia beberapa rekomendasi buku digital marketing yang cocok untuk kamu yang ingin belajar dan menguasai dunia digital marketing. Semoga bermanfaat dan salam satu juga pembeli!

You may also like

Leave a Comment