Remarketing di TikTok Ads: Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

by Fanny
Remarketing di TikTok Ads

Membuat iklan adalah salah satu strategi marketing yang perlu dilakukan oleh pebisnis online di media sosial seperti TikTok. Melalui TikTok Ads, Sobat MEA bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan mendapatkan pelanggan baru. Sayangnya, tidak semua orang yang melihat iklan Sobat MEA akan langsung tertarik membeli produk yang Ditawarkan. Inilah mengapa Sobat MEA perlu melakukan remarketing di TikTok Ads.

Lalu, apa itu remarketing di TikTok Ads dan apa perbedaannya dengan retargeting? Apa saja manfaat yang akan Sobat MEA dapatkan dengan melakukan remarketing? Semua akan kami bahas di sini secara tuntas. Lets’s check this out!

Table of Contents

Apa Itu Remarketing TikTok Ads

Mau Konten TikTok Masuk FYP Terus?
Gabung ke komunitas dan belajar langsung dari ahlinya biar konten selalu FYP di sini. GRATIS!

Apakah Sobat MEA familiar dengan istilah remarketing? Jangan salah, remarketing berbeda dengan retargeting, ya. Remarketing adalah suatu tindakan yang untuk melibatkan kembali konsumen berdasarkan aktivitas atau pembelian mereka sebelumnya di toko Sobat MEA. Jadi di sini, Sobat MEA berusaha untuk menarik perhatian pelanggan lagi untuk membeli produk Sobat MEA.

Seperti misalnya saja ada pengguna TikTok yang sudah melihat iklan Sobat MEA, namun mereka tidak melakukan pembelian. Kemudian mereka mencari produk dengan kata kunci serupa. Lalu iklan Sobat MEA akan muncul lagi di kolom pencarian mereka karena kata kunci yang Sobat MEA gunakan sesuai dengan apa yang dicari oleh konsumen. 

Strategi ini menjadi kesempatan kedua yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk mendapatkan konversi atau penjualan. Remarketing di TikTok Ads juga bisa menjadi salah satu cara untuk Sobat MEA mempertahankan pelanggan agar tetap berbelanja di toko Sobat MEA saja. Hal ini karena mereka akan melihat lagi iklan Sobat MEA meskipun sudah mencari alternatif lain. Jadi akan muncul rasa percaya terhadap produk dan toko Sobat MEA.

Sedangkan retargeting adalah proses untuk menjangkau audiens kembali yang pernah mengunjungi website atau toko Sobat MEA melalui iklan. Jadi iklan ini nantinya akan muncul secara otomatis ketika konsumen mencari produk atau toko lain yang menjual produk yang serupa dengan yang dijual oleh Sobat MEA. Remarketing fokus untuk mendapatkan konsumen kembali melalui email, chat, atau newsletter ke konsumen.

Manfaat Remarketing di TikTok Ads

Gak Pede Bikin Konten Sendiri Buat TikTok?
Tenang aja, Tim MEA dan talent profesional siap membantu bikin konten menarik buat kamu. Klik di sini sekarang juga!

Setelah mengetahui apa itu retargeting di TikTok Ads dan apa perbedaannya dengan retargeting, maka sekarang saatnya Sobat MEA mengetahui apa manfaat dari retargeting di TikTok Ads, diantaranya:

1. Menjangkau Konsumen yang Lebih Luas

Ketika konsumen melihat suatu produk di toko Sobat MEA dan tidak melakukan pembelian, maka ini artinya mereka hanya melihat produk atas rasa penasaran saja. Jadi belum tentu mereka melakukan pembelian. Inilah mengapa remarketing di TikTok Ads ini perlu untuk dilakukan.

Sobat MEA bisa menerapkan tagged cookies sehingga audiens yang melihat konten TikTok bisa terlacak dan bisa Sobat MEA follow up melalui iklan atau email. Dengan begitu, Sobat MEA bisa mengajak audiens untuk melihat hingga membeli produk Sobat MEA.

Artikel Terkait  Penting, ini 3 Kelebihan dan Kekurangan Join Agency TikTok

2. Meningkatkan Brand Awareness

remarketing di TikTok Ads

Melanjutkan dari poin pertama, remarketing di TikTok Ads ini juga bisa meningkatkan brand awareness. Semakin banyak audiens yang mengetahui produk Sobat MEA, maka produk Sobat MEA akan dikenali oleh semakin banyak orang. Cara ini efektif untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Sobat MEA.

Seperti misalnya, Sobat MEA baru mulai jualan dan membangun brand sendiri. Tentunya akan sulit untuk meyakinkan konsumen untuk membeli dan mencoba produk Sobat MEA. Apalagi sudah ada kompetitor yang sudah mulai berjualan sebelum Sobat MEA.

Untuk itu, remarketing di TikTok bisa Sobat MEA manfaatkan untuk mengenalkan produk ke semakin banyak konsumen baik yang baru maupun lama. Produk yang sudah dikenal dengan baik oleh konsumen akan memudahkan proses penjualan.

3. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Salah satu hal yang membuat konsumen loyal terhadap suatu brand adalah kualitas yang ditawarkan oleh brand tersebut. Namun tidak hanya itu, konsumen juga perlu diingatkan mengenai produk apa saja yang sudah pernah mereka beli dan pakai melalui remarketing di TikTok Ads.

4. Meningkatkan Penjualan

remarketing di TikTok Ads

Manfaat berikutnya dari remarketing di TikTok Ads adalah Sobat MEA bisa meningkatkan penjualan produk secara efektif. Konsumen akan diingatkan kembali melalui iklan dan email bahwa produk Sobat MEA bisa membantu mengatasi masalah yang sedang mereka hadapi. Ditambah dengan adanya promo atau diskon menarik yang akan meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli produk Sobat MEA lagi.

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai pengertian, perbedaan remarketing dan retargeting, serta apa saja manfaat remarketing di TikTok Ads yang bisa kami bagikan. Semoga ulasan ini membantu dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment