11 Tips Optimasi SEO untuk Facebook. Yuk Pahami Dulu!

by Viki
seo untuk facebook

Di era digital yang semakin berkembang ini, SEO dikenal sebagai alat penting untuk meningkatkan traffic suatu website. Tapi tahu belum nih? Saat ini, SEO tidak hanya berlaku untuk website, tapi juga berbagai media sosial untuk meningkatkan performa konten, salah satunya yaitu SEO untuk Facebook. 

Sama seperti SEO Website, SEO Facebook juga menjadi strategi yang patut digunakan untuk membuat Facebook berada di halaman teratas ketika seseorang mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis yang dijalani. Jika Sobat MEA sudah menjalani teknik SEO dengan tepat, besar kesempatan akun Facebook milikmu menang di urutan pertama.

Tapi perlu diketahui, penggunaan SEO Facebook tidak bisa dilakukan satu kali saja, Sobat MEA harus melakukannya secara terus menerus selama menggunakan Facebook untuk tempat menjalankan bisnis. SEO untuk Facebook juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bekerja secara maksimal. 

Table of Contents

Kenapa Perlu Meningkatkan SEO Facebook?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Seperti yang kita ketahui, SEO merupakan teknik marketing organik yang memberikan traffic yang lebih stabil ketimbang traffic yang berbayar. Dengan menggunakan SEO, bisnis berpeluang mendapatkan traffic yang lebih banyak dari mesin pencari. Calon pembeli akan menemukan produk kita dengan sendirinya, kemudian menjadikan mereka leads yang relevan dan potensial. 

Begitupun dengan SEO Facebook, jika Sobat MEA bidik kata kunci yang pas, bisnis di Facebook akan berada di posisi teratas dan berpeluang mendatangkan calon pelanggan yang potensial. 

Selain itu, Sobat MEA juga bisa mendapatkan target konsumen yang jelas. Sehingga pastikan Sobat MEA sudah meriset kata kunci yang sesuai sebelum membuat konten Facebook agar bisnismu lebih mudah ditemukan oleh banyak audiens. 

Tips Meningkatkan SEO Untuk Facebook Page

Perlu diketahui, Facebook dapat membantumu untuk meningkatkan SEO ke situs web karena Facebook memiliki backlink (tautan balik) yang berkualitas tinggi hingga meningkatkan otoritas domain. Hal ini tentunya dapat membantumu untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google Ranking untuk relevant keywords.

Adapun cara kerja SEO Facebook Page yaitu menggabungkan istilah pencarian utama yang relevan dengan bisnismu, mengoptimalkan konten dan nama domain, serta mendapatkan backlink berkualitas dari situs web yang besar. Dalam hal ini, Sobat MEA perlu memperhatikan tingkat keterlibatan, kepercayaan audiens, hingga perubahan terhadap peringkat Google. 

Itulah mengapa Sobat MEA perlu menggunakan SEO untuk Facebook Page dengan benar. Selain hal-hal tersebut, SEO FB masih memiliki banyak keuntungan lain untuk bisnis, antara lain:

1. Personalisasi Halaman URL

Ketika membuat halaman, Facebook akan membuat page URL secara otomatis. Meski demikian, pengguna tetap bisa menyesuaikan custom URLs dengan nama pengguna pilihan. Kata-kata dalam URL yang dibuat ini berfungsi sebagai sinyal bagi Google untuk menentukan isi halamannya. 

Hal ini memberikan kesempatan bagi pemilik bisnis tersebut untuk meningkatkan kunjungan ke halaman Facebook. Oleh karena itu, pastikan Sobat MEA memilih salah satu nama merek yang mencerminkan aspek bisnis.

SEO Turut Meningkat Lebih Mudah, Asal Websitenya Berkualitas~
Yuk dapatkan website terbaikmu bersama GoWebin!

2. Gunakan Nama Facebook Page yang Unik

Tidak kalah penting dari sebelumnya, pemilihan nama Facebook Page justru menjadi yang mendasar pada strategi SEO di Facebook. Tapi pastikan nama halaman FB yang dipilih tidak bertentangan dengan brand lain. Oleh karena itu, Sobat MEA perlu menggambarkan produk atau jasa dengan deskripsi dan nama yang umum. Sobat MEA juga perlu memilih kategori yang paling sesuai dengan jenis bisnismu.

3. Tambahkan CTA (Call to Action)

Dalam halaman Facebook, Sobat MEA juga perlu menambahkan Call-to-action (CTA. Tombol ini akan muncul di bagian kanan atas pada bawah foto sampul. Ini merupakan cara terbaik untuk menarik perhatian audiens hingga melakukan pembelian. 

4. Berinteraksi dengan Pengunjung Halaman

Jangan lupa untuk melakukan interaksi dengan pengunjung FB Page yang dijalankan. Ini merupakan salah satu strategi yang efektif untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli. ISobat MEA bisa melakukan interaksi dalam berbagai bentuk, seperti live streaming secara langsung dan melibatkan pengguna.

Bersikap ramah dapat berperan besar dalam SEO Facebook. Dalam hal ini, Sobat MEA bisa membalas komentar di Facebook dengan cepat dan menunjukkan bahwa Sobat MEA peduli dengan pendapat para pengunjung. Pastikan Sobat MEA dapat menyelesaikan masalah pelanggan, menanggapi pesan, dan melakukan pendekatan proaktif untuk membangun kepercayaan pelanggan sekaligus meningkatkan SEO pada FB Page. 

5. Bagikan Konten yang Relevan Secara Konsisten

Sobat MEA tentu memahami bahwa konten marketing sangat berperan besar untuk menjadi unggul dalam niche atau target pasar yang spesifik. Oleh karena itu, Sobat MEA perlu membuat relevan dan menarik yang dapat mendorong pengunjung untuk mengikuti, menyukai, membagikan konten, dan berkomentar.

Tapi pastikan Sobat MEA mengunggahnya pada waktu yang tepat untuk memaksimalkan jangkauan dan traffic. Sobat MEA juga perlu bereksperimen dengan mengunggah pada waktu yang berbeda. Jika Sobat MEA sudah menemukan waktu yang tepat, pastikan mengunggah konten secara konsisten dengan rentang waktu yang sama. 

6. Lampirkan Gambar Utama yang Menarik

Selain itu, Sobat MEA juga perlu mengunggah gambar yang menarik sebagai gambar utama postingan halaman. Ini dapat menjadi salah satu cara  meningkatkan SEO dalam Facebook.

Cara ini juga tentunya dapat meningkatkan keterlibatan pengunjung pada halaman Facebookmu. Oleh karena itu, silakan tambahkan gambar untuk testimonial, ulasan, detail acara, dan data penting lainnya untuk meningkatkan brand awareness. Sebagaimana visual bisa menjadi lebih kuat daripada tulisan. 

7. Tambahkan Kontak yang Bisa Dihubungi

8. Siapkan Backlink ke Halaman Facebook

Backlink atau tautan balik merupakan elemen penting dari SEO Facebook. Karena sumber backlink yang memiliki reputasi baik terhadap kontenmu, dapat mencerminkan relevansi dan nilai halaman. Google juga akan memperkirakan kredibilitas halaman Facebook dengan menganalisis backlink tersebut.

Nah, Sobat MEA bisa mendapatkan backlink dari situs resmi ke halaman Facebook. Sobat MEA juga bisa berkolaborasi dengan brand lain. Jika perlu, tulis blog tamu dan dapatkan tautan ke halaman Facebook untuk meningkatkan peringkat SEO. 

9. Optimasi Bagian Deskripsi Pada Halaman Facebook

Pada halaman website, biasanya da meta deskripsi yang menggambarkan tujuan halaman tersebut dibuat. Meta deskripsi ini dapat terlihat pada hasil SERP Google. Hal ini juga berlaku pada SEO untuk Facebook.

Itulah mengapa Sobat MEA perlu menyelesaikan bagian “Tentang” di halaman Facebook untuk meningkatkan traffic. Hal ini dikarenakan Google juga akan menampilkan versi bagian Tentang Halaman Facebook di hasil SERP sebagai deskripsi meta.

10. Manfaatkan Facebook Ads

Sementara itu, jika ingin meningkatkan traffic yang lebih tinggi lagi, Sobat MEA bisa memanfaatkan layanan iklan Facebook atau Facebook Ads. Di sini, Sobat MEA dapat menargetkan audiens berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat, demografi, dan lain sebagainya. 

Dengan memasang iklan di Facebook, Sobat MEA dapat mendorong keterlibatan dan traffic ke halaman. Karena FB Ads dapat menarik audiens yang berminat dengan produkmu untuk berkonversi menjadi pelanggan.

11. Moderasikan Ulasan di Halaman Facebook

Jika Sobat MEA mendapatkan ulasan yang buruk, jangan sedih! Sobat MEA dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan SEO. Dalam hal ini, Sobat MEA perlu menanggapi pengulas, meminta maaf, dan menawarkan pembeli untuk memperbaiki produk yang dibeli. Setelah situasinya mereda, Sobat MEA dapat meminta mereka untuk mempertimbangkan penilaiannya kembali. 

Demikian penjelasan lengkap mengenai SEO untuk Facebook beserta cara meningkatkannya. Setelah itu, pastikan Sobat MEA selalu memantau peringkat Facebook Business Page yang Sobat MEA jalankan. Sobat MEA dapat mengunjungi insight Facebook untuk mengetahui kinerja halamanmu. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment