SEO untuk LinkedIn? Ini Penjelasan dan Cara Penggunaannya!

by Viki
seo untuk linkedin

Sobat MEA mungkin sudah sering mendengar media sosial yang bernama LinkedIn. Tapi apakah Sobat MEA memahami SEO untuk LinkedIn? Jangan salah, teknik SEO ternyata berguna juga untuk postingan LinkedIn, terutama bagi Sobat MEA yang ingin mempromosikan bisnis atau menjalin relasi yang lebih luas.

Ini penting dikarenakan LinkedIn merupakan sebuah mesin pencari yang powerful. Sobat MEA perlu membuat konten LinkedIn berada di posisi teratas menggunakan kata kunci yang tepat. Lantas bagaimana penggunaan SEO untuk LinkedIn ini? Bagaimana cara mencari kata kunci yang tepat untuk LinkedIn?

Table of Contents

Bagaimana Implementasi SEO untuk LinkedIn?

Ingin tahu cara berbisnis di LinkedIn dengan SEO secara maksimal?
Yuk, kepoin dalam diskusi bareng seller dan mentor berpengalaman di komunitas MEA!

Perlu diketahui, SEO LinkedIn berbeda dari SEO pada umumnya. Tepatnya SEO dalam LinkedIn tidak selalu sama dengan Google.  

Bisa dibilang, penggunaan SEO Untuk LinkedIn ini sama seperti SEO untuk media sosial dimana hanya menggunakan short-tail keyword yang sesuai dengan title dari pekerjaan mereka.

Jika Sobat MEA mencari “servis copywriter untuk bisnis kecil” melalui Google, pengguna LinkedIn justru perlu mengetikkan “Copywriter” atau “Writer”. Tapi bisa saja ketika seseorang mencari sesuatu dengan long tail keyword di Google, profil LinkedIn milikmu akan ditemukan dalam bentuk SERP. Itulah mengapa Sobat MEA perlu mengoptimalkannya dengan LinkedIn SEO Keyword.

Cara Menemukan Keyword SEO LinkedIn

Mau punya landing page untuk personal branding kamu secara profesional?
Pakai saja Gowebin. Gunakan untuk membuat halaman personal branding atau tempat upload portofolio!

LinkedIn sendiri tidak memiliki tools khusus untuk meriset kata kunci yang efektif. Tapi bukan berarti pengguna tidak bisa menemukannya. Dan berikut langkah-langkah mengenai cara mencari SEO Untuk LinkedIn secara optimal, antara lain:

1. Gunakan Kalimat Pendek yang Relevan

Dalam hal ini, Sobat MEA bisa menemukan kalimat/kata yang paling luas dan memiliki hubungan dengan bisnis atau servis. Setelah itu, LinkedIn akan memberikan hasil pencarian teratas beserta daftarnya secara otomatis. Sobat MEA harus menerapkan ini saat membuat postingan konten sampai saat membuat summary.

2. Lihat Hasil Keseluruhan

Selanjutnya, Sobat MEA akan mendapatkan opsi untuk “See all results for [keyword]”. Silakan pilih opsi ini untuk mendapatkan hasil keseluruhan dari hasil pencarian.

Hal ini akan menunjukkan seberapa banyak jumlah dari hasil pencarian, dan apakah hasil pencarian tersebut berasal dari koneksi, perusahaan, grup, lokasi dari hasil, dan lebih banyak lagi

Sobat MEA juga akan melihat hasil teratas adalah koneksi yang ada dalam network, biasanya ini akan dikenal sebagai anotasi “1st,” “2nd,” dan “3rd.” Tapi sebenarnya ini tidak menunjukan hasil pencarian yang sebenarnya. 

Sebaliknya, LinkedIn justru akan memberikan prioritas kepada orang-orang ataupun perusahaan yang memiliki koneksi denganmu sebelumnya. Sehingga Sobat MEA hanya membutuhkan kalimat atau kata mana yang memiliki volume tertinggi dan hasil pencarian yang cocok.

3. Catat Volume Pencarian

Setelah mendapatkan hasilnya, Sobat MEA perlu mencatat hasil pencarian yang dilakukan. Sobat MEA juga bisa melakukannya dengan melihat total orisinil, atau memfilternya dengan pilihan “people and companies”.

Ini penting untuk dilakukan karena Sobat MEA tentu ingin mengetahui seberapa banyak hasil pencarian yang akan didapatkan ketika orang-orang menggunakan kalimat atau kata tersebut untuk mencari orang atau perusahaan yang menawarkan hal yang mirip. 

Artikel Terkait  Standar Ukuran Feed Instagram 6 Kotak untuk Feed Estetik

4. Lihat Peringkat Pertama, Kedua, Ketiga

Dari volume yang didapatkan, Sobat MEA perlu memfilter hasil pencarian dengan memilih opsi koneksi tingkat 1, 2, dan 3. Sebenarnya tidak ada cara untuk melihat bagaimana hasil pencarian yang dilihat oleh orang-orang ketika mencari kalimat/kata yang Sobat MEA gunakan. 

Tapi cara ini dapat sedikit membantu dengan menunjukan hasil pencarian mulai dari orang-orang yang memiliki koneksi hingga tidak memiliki koneksi denganmu. Hal ini juga akan menunjukan bagaimana ranking dari profil-profil tersebut pada kalimat/kata yang Sobat MEA gunakan.

Nah, hasil pencarian ini dapat dijadikan guide untuk menentukan kalimat/kata yang dapat digunakan pada profil LinkedInmu.

5. Analisis Keyword yang Digunakan

Setelah itu, Sobat MEA perlu menganalisa keyword apa saja yang digunakan oleh orang-orang yang berada di posisi teratas. Tapi ingat, ini bukanlah hasil yang sesungguhnya karena LinkedIn lebih mengandalkan koneksimu. 

Dalam hal ini, Sobat MEA perlu memilih keyword apa yang cocok dengan kalimat/kata yang digunakan dan traffic seperti apa yang ingin Sobat MEA dapatkan.

Kemudian buatlah daftar keyword ini dan ketikkan kembali pada kotak pencarian. Sobat MEA akan mengetahui hasil yang didapatkan. Sobat MEA juga bisa mengulangi proses ini untuk mendapatkan kalimat/kata yang berhubungan dengan keyword awal yang akan Sobat MEA gunakan.

6. Jadikan Keyword Sebagai Referensi

Jadi, begitulah penjelasan mengenai SEO untuk LinkedIn. Hal ini membuktikan bahwa SEO ternyata berlaku untuk semua lini termasuk platform LinkedIn. SEO LinkedIn tentu saja dapat dimanfaatkan untuk menjaring lebih banyak audiens untuk dijadikan sebagai relasi kerja maupun pengembangan bisnismu. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment