SEO untuk YouTube: Cara Kerja Hingga 5 Tips Optimasinya!

by Viki
seo untuk youtube

Seiring perkembangannya, kekuatan SEO (Search Engine Optimization) tidak hanya berlaku pada website. Bahkan media sosial seperti YouTube juga perlu menggunakan teknik SEO untuk mengoptimalkan video dan channel agar mudah ditemukan. Seperti apa SEO untuk YouTube?

Mengutip laman Sprout Social, SEO (Search Engine Optimization) YouTube ini dapat membantu meningkatkan visibilitas video, menarik lebih banyak penonton, dan meningkatkan peluang video untuk dibagikan. 

Tingkatkan Penggunaan SEO yang Efektif Hingga Cuan di YouTube
Bareng kreator dan mentor berpengalaman dengan berbagai rahasia suksesnya di komunitas MEA!

Dan di dunia digital yang semakin berkembang, SEO YouTube semakin menjadi kunci yang menonjol pada jutaan video yang diunggah setiap hari. SEO ini tidak hanya dapat meningkatkan jumlah penonton, tapi juga membangun kualitas interaksi antara video dengan audiens. 

Dalam hal ini, diperlukan pemahaman mendalam mengenai target audiens, apa yang sedang tren, dan bagaimana mereka menanggapi konten video yang dibagikan. 

Dari data dan analitik tersebut, content creator dapat menyesuaikan konten yang lebih relevan dan menarik bagi audiens. Hal ini sangatlah penting karena YouTube merupakan mesin pencari video terbesar kedua setelah Google. YouTube memiliki potensi besar untuk memperluas jangkauan audiens hingga menghasilkan konversi. Nah, penasaran bagaimana SEO untuk YouTube bekerja, bukan? Simak selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Cara Kerja SEO untuk YouTube

Mau punya penghasilan extra dari Shopee Affiliate?
Yuk langsung gabung aja ke MCN Shopee MEA sekarang juga!

Hal ini dikarenakan YouTube merupakan bagian dari Google. Sehingga teknik SEO yang digunakan masih sama dengan SEO untuk mesin pencari web atau Google. Keduanya juga memiliki prinsip-prinsip yang sama meliputi penggunaan kata kunci yang strategis dan relevan, menggunakan judul yang menarik, deskripsi yang sesuai, hingga tag video. 

Cara Optimasi SEO untuk YouTube

Bagi content creator yang berpengalaman, tentunya tidak bisa menggunakan SEO untuk YouTube secara asal-asalan. Dalam upaya meningkatkan visibilitas dan jangkauan video, diperlukan 5 langkah khusus untuk mengoptimalkannya hingga mencapai tujuan. Berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan tersebut:

1. Gunakan Keyword yang Relevan dalam Judul dan Deskripsi Video

Sobat MEA tentu menyadari bahwa judul dan deskripsi merupakan elemen pertama yang dilihat oleh penonton dan YouTube. Sehingga Sobat MEA perlu memasukkan keyword yang relevan di dalamnya untuk membantu video dapat ditemukan dengan mudah. Misalnya, jika video berisi mainan anak, pastikan Sobat MEA menggunakan kata “mainan anak” pada bagian judul dan deskripsi.

2. Tambahkan Tag yang Relevan

Tidak kalah dari keyword, Tag justru membantu YouTube untuk mengklasifikasikan video ke dalam topik yang relevan. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan tag yang spesifik dan berkaitan dengan konten video. Misalnya, untuk video mainan anak, gunakan tag seperti “mainan anak,” “kids,” “mainan lucu”, dll.

3. Buatlah Thumbnail yang Menarik dan Deskriptif

Selain judul dan deskripsi, penonton juga biasanya akan memperhatikan thumbnail sebagai gambar pertama yang terlihat. Maka penting juga untuk membuat thumbnail yang menarik dan menggambarkan isi video. Thumbnail yang bagus dapat meningkatkan rasio klik-tayang (click-through rate/ CTR) yang dapat mempengaruhi performa SEO YouTube. 

4. Berinteraksi dengan Penonton Melalui Komentar dan Like

5. Sertakan Closed Captions atau Subtitle

Subtitle atau closed captions juga berperan penting dalam membuat video dapat diakses oleh audiens yang lebih luas, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan pendengaran. Selain itu, kedua teks ini juga akan membantu YouTube memahami isi konten video lebih baik yang mempengaruhi peningkatan SEO.

Demikian penjelasan mengenai SEO untuk Youtube. Tapi ingat, tetaplah untuk terus membuat konten yang sesuai niche secara konsisten pada channel YouTubemu. Karena kunci sukses yang utama dari monetisasi YouTube yaitu konten yang berkualitas. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan memudahkanmu untuk meraih keuntungan di YouTube, Aamiin!

You may also like

Leave a Comment