Penyebab, Dampak, dan 4 Cara Mengatasi Shadowban Instagram

by Fanny
shadowban instagram

Sebagai seorang content creator, tentunya Sobat MEA selalu ingin meningkatkan engagement dan menjangkau ke audience yang lebih luas. Tapi ada hal yang bikin para content creator ketar-ketir, nih, terutama kreator Instagram. Salah satunya adalah karena adanya shadowban Instagram.

Instagram Shadowban  adalah sebuah pembatasan yang diberikan dari Instagram ke akun tertentu yang melanggar kebijakan Instagram. Postingan yang berada di akun yang mengalami shadowban Instagram tidak akan muncul di pencarian maupun explore Instagram.

Pastinya Sobat MEA tidak mau hal ini terjadi di akun Sobat MEA, kan? Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai penyebab, dampak, dan bagaimana cara mengatasi shadowban instagram agar akun Instagram Sobat MEA bisa kembali seperti semula.

4 Penyebab Shadowban Instagram

Mau belajar jadi content creator di media sosial?

Yuk diskusi bareng content creator lain di grup diskusi Komunitas MEA

Shadowbanned adalah salah satu mimpi buruk para content creator mengingat konten yang Sobat MEA unggah hanya bisa dilihat oleh followers saja. Hal ini membuat engagement postingan Sobat MEA menurun dan bisa mempengaruhi performa postingan selanjutnya.

Agar hal ini tidak terjadi ke akun Instagram Sobat MEA, yuk perhatikan beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya Instagram shadowban ini!

1. Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga bisa menyalahi aturan Instagram. Algoritma Instagram juga bisa mendeteksi aplikasi bot Instagram yang Sobat MEA gunakan. Seperti misalnya jika sobat MEA menggunakan aplikasi bot untuk menambah jumlah likes, followers, atau komentar, maka Instagram bisa mendeteksinya.

2. Menyalahgunakan Hashtag

Yuk belajar FB/IG Ads bareng coach berpengalaman

Gabung di Kelas FB/IG Ads MEA aja

Menggunakan hashtag yang sudah diblokir juga bisa menyebabkan Sobat MEA kena Instagram shadowban. Sobat MEA juga tidak bisa menggunakan hastag yang misinformasi. Seperti misalnya Sobat MEA menpromosikan produk buatan sendiri, namun Sobat MEA menggunakan hastag dengan menyebutkan brand besar. Hal ini bisa menyebabkan akun terkena shadowban karena berkaitan dengan hak paten nama brand/merek.

3. Penyalahgunaan Batasan Waktu Pemakaian Instagram

Instagram memberikan Sobat MEA batasan waktu dalam pemakaian aplikasi baik untuk like, komen, follow, unfollow, dan aktivitas lainnya. Dalam setiap harinya, Instagram memberikan Sobat MEA batasan sebanyak 150 kali likes. Untuk komen, follow, dan unfollow, Instagram memberikan batasan sebanyak 60 kali. Salah satu penyebab shadowban adalah jika Sobat MEA melewati batas yang sudah ditentukan di atas.

4. Akun Sering Dilaporkan

Selain karena aktivitas yang dilakukan sendiri oleh Sobat MEA, aktivitas orang lain juga bisa menyebabkan akun Sobat MEA kena shadowban Instagram, loh. Salah satunya adalah jika akun Sobat MEA dilaporkan secara masif oleh pengguna Instagram lainnya.

Salah satu cara agar tidak dilaporkan dan tidak terkena shadowbanned adalah Sobat MEA harus menghindari postingan dan komentar yang berisi kata kasar, konten tidak pantas, spam, duplikat konten lain, penipuan, atau aktivitas negatif lainnya.

Dampak Shadowban Instagram

Saatnya toko kamu kebanjiran order dengan strategi FB/IG Ads

Serahkan aja ke tim advertiser profesional dari MEA

Hal ini akan menimbulkan kerugian jika akun Sobat MEA bergantung pada interaksi dengan akun lain, seperti akun untuk kebutuhan bisnis dan branding. Exposure di akun Sobat MEA akan ikut menurun atau bahkan tidak ada sama sekali jika terkena Instagram shadowban.

Jika hal ini terus dibiarkan, maka sistem marketing yang dijalankan bisa sia-sia saja dan kerugian bisnis bisa terjadi. Lalu, bagaimana cara mengatasi shadow banned Instagram?

3 Cara Mengatasi Shadowban Instagram

Setelah mengetahui penyebab dan dampak dari shadowban Instagram, tidak lengkap rasanya jika kami tidak memberikan cara mengatasi shadowban Instagram. Berikut beberapa langkah yang bisa Sobat MEA lakukan untuk mengatasi akun yang kena shadowban Instagram.

1. Sortir Konten

Langkah pertama yang bisa Sobat MEA lakukan pada akun Instagram yang kena shadowbanned adalah dengan memilah postingan atau konten yang pernah Sobat MEA unggah. Barangkali ada konten yang melanggar aturan dari Instagram dan membuat akun Sobat MEA kena shadowban.

Selanjutnya, Sobat MEA bisa mulai mengunggah konten yang tidak melanggar ketentuan Instagram, seperti tidak menggunakan kata-kata kasar dan tidak pantas, menggunakan hastag yang tepat dan sesuai, tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga, dan hindari penyebab shadowban di atas.

2. Mengirimkan Permohonan Pencabutan Shadowban Instagram

Cara mengatasi shadow banned Instagram yang kedua adalah Sobat MEA bisa mengirimkan permintaan pencabutan shadowban ke tim suport Instagram melalui email. Sobat MEA bisa melampirkan email serta username akun yang terkena shadowban. Jangan lupa untuk jelaskan secara rinci mengenai kondisi akun Sobat MEA.

3. Diamkan Akun Selama Beberapa Hari

Jika sudah melakukan cara mengatasi shadowban Instagram di atas dan akun Sobat MEA tidak membaik, maka Sobat MEA bisa menghubungi support team Instagram dan menanyakannya secara langsung agar bisa segera diatasi.

Nah itulah penjelasan mengenai apa itu shadowban instagram, penyebab, dampak, hingga cara mengatasi shadowban Instagram. Semoga artikel ini bisa membantu akun Sobat MEA yang sedang terkena shadowban ya. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment