Serba-Serbi Status Pengiriman Shopee dari Luar Negeri. Wajib Tahu Nih!

by Fanny
status pengiriman Shopee dari luar negeri

Belanja online tidak hanya bisa membuat Sobat MEA berbelanja abtar provinsi atau pulau, namun juga anatar negara! Caranya adalah dengan menggunakan Shopee yang tidak hanya tersedia di Indonesia, melainkan juga negara lainnya yang membuat Sobat MEA bisa membeli produk dari negara tertentu yang juga menyediakan layanan Shopee. Lalu, bagaimana mengetahui status pengiriman Shopee dari luar negeri? Serba-serbi pemesanan produk dari luar negeri akan kami bahas secara tuntas di artikel ini. Simak, ya!

Proses Pengiriman Barang dari Luar Negeri

Dapatkan update terbaru tentang tips jualan di Shopee

Dengan gabung ke komunitas Seller Marketplace MEA secara gratis di sini!

Ketika Sobat MEA membeli produk di dalam negeri, maka Sobat MEA bisa memilih salah satu dari banyaknya jasa pengiriman yang disediakan oleh Shopee. Lalu, bagaimana jika produknya dikirim dari luar negeri? Tenang saja, ada ekspedisi yang khusus menangani hal ini, yaitu Shopee Standard Express.

Ekspedisi pengiriman ini adalah ekspedisi logistik dari Cina. Pemilihan ekspedisi ini disebabkan oleh banyaknya produk yang memang berasal dari negara yang sama, yaitu Cina, sehingga proses pengemasan dan pengirimannya lebih mudah.

Produk akan dikemas oleh Seller dari Cina atau Hong Kong yang selanjutnya akan diproses oleh pihak Shopee Standard Express. Kemudian produk akan dilanjutnya ke Bea Cukai Cina untuk diperiksa lebih lanjut. Jika sudah lolos, pihak ekspedisi akan melanjutkan pengiriman ke Indonesia melalui layanan logistik. Proses pengiriman ini membutuhkan waktu setidaknya 2-3 hari.

Estimasi Waktu Pengiriman dari Shopee Luar Negeri

Mau banjir orderan di Shopee?

Pakai Jasa Optimasi Shopee dan naikkan omsetmu setiap bulan!

Setelah Sobat MEA mengetahui proses pengiriman barang Shopee luar negeri, Sobat MEA pasti bertanya-tanya, berapa lama estimasi waktu pengiriman barang yang kita beli?

Total waktu dari pemesanan hingga status pengiriman Shopee dari luar negeri membutuhkan sekitar 7-15 hari. Cukup lama bukan dibandingkan jika Sobat MEA berbelanja produk di dalam negeri yang membutuhkan waktu paling lama sekitar 7 hari? 

Untuk itu, Sobat MEA memang perlu bersabar menunggu paket untuk sampai ke rumah. Nah berikut ini adalah contoh estimasi waktu pengiriman jika Sobat MEA tinggal di Solo Jawa Tengah dan memesan produk dari Hong Kong:

  • Butuh setidaknya 5-7 hari sejak Sobat MEA melakukan pemesanan dan penjual perlu menyerahkan barang ke jasa ekspedisi.
  • Bea cukai Indonesia perlu memeriksa produk yang memakan waktu sekitar 1-2 hari sejak barang diterima.
  • Produk dari luar negeri biasanya akan diserahkan di Jakarta, sehingga membutuhkan waktu setidaknya 3-4 hari agar produk dapat diantarkan oleh ekspedisi lokal dari Jakarta ke Solo.

Waktu pengiriman memakan waktu 9-13 hari sejak Sobat MEA melakukan pemesanan. Jadi pastikan Sobat MEA tidak memesan barang yang dibutuhkan dalam waktu dekat karena proses pengirimannya sendiri memakan waktu yang cukup lama, ya.

6 Langkah Cara Mengetahui Nomor Resi

Makin cuan jualan di Shopee

Dengan gabung ke Kelas Shopee yang dipandu langsung oleh Coach Shopee!
  1. Buka aplikasi Shopee di perangkat Sobat MEA.
  2. Klik menu Saya yang berada di sebelah kanan bawah.
  3. Pilih menu Dikirim pada halaman belanja.
  4. Buka pesanan yang ingin dilacak, kemudian gulir halaman ke bawah sampai Sobat MEA menemukan Status Pengiriman.
  5. Klik Lacak.
  6. Sobat MEA bisa melihat status pengiriman Shopee dari luar negeri yang tertera keterangan ekspedisi, nomor resi, hingga prosisi paket.

Namun jika Sobat MEA tidak menemukan nomor resi, artinya barang belum dikirimkan oleh penjual, sehingga Sobat MEA perlu menunggu hingga nomor resi muncul. Jadi Sobat MEA juga perlu rutin mengecek Shopee untuk mengetahui status pengiriman Shopee dari Luar Negeri.

3 Cara Mengetahui Status Pengiriman Shopee dari Luar Negeri

Memesan barang dari luar negeri memang cukup membuat khawatir karena ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Seperti tidak lolos pengecekan di Bea Cukai, paket tertukar, hilang, dan kemungkinan buruk lainnya. Untuk itu Sobat MEA perlu mengetahui status pengiriman Shopee dari luar negeri agar dapat melacak paket dan bisa melaporkannya segera jika terjadi kesalahan.

Sama seperti cek resi Shopee Express, cara mengetahui status pengiriman Shopee dari luar negeri bisa Sobat MEA lakukan dengan 3 cara, yaitu melacak melalui situs Bea Cukai, situs SF Express International, atau situs pelacakan paket yang bisa Sobat MEA gunakan untuk semua jasa pengiriman. Semua caranya akan kami jelaskan satu per satu. Simak, ya!

1. Situs Bea Cukai Indonesia

  • Buka situs resmi Bea Cukai pada browser Sobat MEA atau bisa langsung klik link ini https://www.beacukai.go.id/barangkiriman.
  • Masukkan nomor resi barang pada kolom yang tersedia.
  • Isikan keycode untuk melanjutkan proses pelacakan.
  • Klik Submit kemudian Sobat MEA akan dibawa ke halaman yang menunjukkan informasi paket.
  • Klik See Details untuk melihat lebih detail.
  • Jika pada kolom History Status belum ada keterangan apapun, itu artinya paket belum masuk ke Indonesia dan masih diproses oleh jasa pengiriman di luar negeri.
Artikel Terkait  5 Keuntungan Shopee Affiliate Sebagai Ladang Penghasilan

2. Situs SF Express International

status pengiriman shopee dari luar negeri
  • Buka situs SF Express intl.sf-express.com atau https://spx.co.id/ di browser Sobat MEA.
  • Masukkan nomor resi paket yang ingin dilacak pada halaman utama.
  • Klik Cek Resi atau Lacak hingga muncul informasi status pengiriman Shopee dari luar negeri.

3. Situs Pelacakan Semua Jasa Pengiriman

Biasanya setiap ekspedisi pengiriman memiliki situs sendiri untuk memudahkan pelanggannya melacak paket. Namun tidak sedikir pula situs yang menyediakan layanan untuk melacak paket yang bisa digunakan untuk semua ekpedisi. Salah satunya adalah Shipper. Sobat MEA bisa mengetahui status pengiriman Shopee dari luar negeri dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Buka situs Shipper pada browser Sobat MEA atau cukup klik link ini https://shipper.id/tracking/.
  • Masukkan nomor resi ke kolom yang tersedia.
  • Kemudian pilih jasa ekspedisi yang Sobat MEA gunakan.
  • Halaman akan menampilkan detail lokasi paket sehingga Sobat MEA bisa mengetahui estimasi waktu pengiriman.

Sekian 3 cara mengetahui status pengiriman Shopee dari luar negeri yang bisa Sobat MEA coba. Semoga artikel ini membantu, ya!

You may also like

Leave a Comment