5 Strategi Promosi Shopee Affiliate Dijamin Makin Cuan!

by Fanny
cara menjadi team leader Shopee Affiliate

Shopee Affiliate Program adalah salah satu program di mana Sobat MEA bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari mempromosikan produk ke media sosial. Program ini bisa diikuti oleh siapa saja dan bisa Sobat MEA promosikan ke berbagai akun media sosial pribadi. Karena banyaknya kompetitor, Sobat MEA harus mengetahui strategi promosi Shopee Affiliate agar bisa bersaing dengan affiliator lainnya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan 5 strategi promosi Shopee Affiliate yang bisa Sobat MEA terapkan pada akun pemula hingga akun profesional biar makin banyak klik dan komisi yang bisa Sobat MEA dapatkan. Penasaran? Simak selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa itu Affiliate Marketing?

Mau dapetin komisi dari Shopee affiliate berlipat?
Gabung ke MCN MEA dan dapatkan benefit menarik lainnya. Klik di sini!

Sebelum membahas tentang strategi promosi Shopee Affiliate, Sobat MEA perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu affiliate marketing. Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, affiliate marketing adalah suatu jenis pemasaran yang akan membuat Sobat MEA mendapatkan komisi tertentu jika berhasil mempromosikan suatu produk di platform pribadi.

Seperti contohnya pada Program Affiliate Shopee ini, Sobat MEA bisa memasarkan produk Shopee dengan membuat konten atau ulasan yang menarik di media sosial pribadi. Kemudian Sobat MEA juga perlu memasukkan link produk pada konten tersebut. 

begitu, audiens yang tertarik dengan produk tersebut akan mengklik link dan melakukan pembelian. Nah dari pembelian yang berhasil ini, Sobat MEA akan mendapatkan komisi sekian persen dari penjual. Cukup mudah dan menjanjikan, bukan?

Tentu saja model bisnis ini menguntungkan bagi kedua belah pihak. Sobat MEA sebagai affiliator tidak perlu melakukan stok produk hingga pengemasan produk. Jadi Sobat MEA cukup mempromosikan produk saja melalui akun media sosial pribadi dan Sobat MEA bisa mendapatkan penghasilan tambahan. 

Sedangkan keuntungan untuk penjual sendiri adalah mereka tidak perlu mengeluarkan biaya atau usaha tambahan untuk mempromosikan produk. Hal ini karena proses promosi sudah dibantu oleh para affiliator.

Artikel Terkait  Cara Periksa Kualitas Produk Shopee, Bisa Hindari Potensi Pelanggaran

5 Strategi Promosi Shopee Affiliate

Mau belajar bikin konten affiliate yang menjual?
Yuk langsung gabung aja ke komunitas affiliate MEA sekarang juga. GRATIS!

Setelah mengetahui apa itu affiliate marketing dan bagaimana cara kerja Program Shopee Affiliate, sekarang saatnya kami membagikan 5 strategi promosi Shopee Affiliate. Berikut adalah strateginya:

1. Gunakan Teknik SEO

Strategi promosi Shopee Affiliate yang pertama adalah dengan menggunakan teknik SEO. Search Engine Optimization ini bertujuan untuk memudahkan website atau konten Sobat MEA untuk ditemukan oleh audiens. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan kata kunci yang relevan.

Seperti contohnya saja Sobat MEA mempromosikan produk perawatan kulit berupa serum untuk anti aging. Maka Sobat MEA bisa memasukkan kata kunci seperti serum anti aging, anti aging serum, serum anti penuaan dini, anti penuaan dini, skincare anti penuaan, dan kata kunci lainnya. 

Sobat MEA bisa menempatkan kata kunci ini di caption, hashtag, atau di bio akun. Dengan begitu audiens yang membutuhkan produk tersebut akan lebih mudah untuk menemukan konten atau produk yang Sobat MEA promosikan.

Penggunaan SEO yang tepat akan memaksimalkan jumlah kunjungan, klik, hingga pembelian. Hal ini akan turut mempengaruhi jumlah penjualan produk dan komisi yang akan Sobat MEA dapatkan.

2. Sesuaikan Konten dengan Platform

strategi promosi Shopee Affiliate

Seperti contohnya pengguna Instagram dan X memiliki preferensi konten yang berbeda. Di Instagram, pengguna lebih tertarik dengan konten berupa visual yang menarik. Di platform ini, Sobat MEA bisa membuat konten berupa gambar atau video ulasan produk. Sedangkan di X sendiri, para penggunanya lebih menyukai jenis konten berupa tulisan atau thread panjang yang menjelaskan mengenai kelebihan produk. 

Dari dua media sosial ini, Sobat MEA sudah bisa melihat bahwa jenis konten yang dibutuhkan untuk menarik perhatian audiens pun akan berbeda, bukan? Jadi pastikan Sobat MEA menyesuaikan jenis konten dengan platformnya, ya.

3. Pilih Niche yang Sesuai

Seperti yang kita ketahui, ada banyak produk di Shopee yang bisa Sobat MEA promosikan di media sosial pribadi. Cara tidak kebingungan memilih produk, maka Sobat MEA bisa menentukan niche yang sesuai dengan diri Sobat MEA atau audiens. Tujuan dari penggunaan niche ini adalah agar Sobat MEA lebih mudah dalam membangun branding akun.

Cara menentukan niche ini pun cukup mudah. Sobat MEA bisa memilih produk yang Sobat MEA minati atau yang Sobat MEA pahami dengan baik. 

Misalnya saja Sobat MEA tertarik dengan fashion. Kemudian Sobat MEA sendiri merupakan seorang wanita dengan tinggi badan 150 cm dan memiliki kesulitan untuk mencari baju dengan ukuran yang pas. Di sini, Sobat MEA bisa membuat rekomendasi outfit yang cocok untuk cewe petite.

Dengan niche yang spesifik ini, Sobat MEA bisa menjangkau audiens yang relevan pula. Bahkan Sobat MEA bisa eksplorasi banyak produk sekaligus untuk cewek petite atau dengan ukuran tubuh mungil. Sebagai contohnya, Sobat MEA bisa memberikan rekomendasi pakaian, celana, rok, hingga sepatu dan aksesoris lainnya agar audiens bisa memiliki outfit yang lucu terlepas dari ukuran tubuh mereka.

4. Kolaborasi dengan Influencer

strategi promosi Shopee Affiliate

Perlu diingat bahwa Sobat MEA harus memilih influencer yang memiliki niche yang sama. Hal ini bertujuan agar produk, branding, dan audiens yang dijangkau ini relevan. Jangan sampai Sobat MEA dengan branding mengenai akun reviewer busana muslimah bekerja sama dengan influencer yang hanya fokus pada produk perawatan kulit. 

Memang masih nyambung karena sama-sama kebutuhan wanita. Namun, target pasarnya berbeda jauh. Jadi, kami sarankan agar Sobat MEA memilah influencer yang akan diajak bekerja sama terlebih dahulu, ya, agar konten bisa menjangkau audiens baru yang potensial.

5. Unggah di Waktu yang Tepat

Setiap orang memiliki waktu luangnya untuk membuka media sosial. Jika Sobat MEA mengunggah konten di waktu audiens sedang sibuk dengan aktivitasnya, maka kecil kemungkinan untuk konten tersebut bisa dilihat oleh audiens. 

Semakin sedikit konten dilihat, maka akan semakin kecil pula tingkat klik dan keberhasilan pembeliannya. Hal ini menyebabkan jumlah komisi yang akan Sobat MEA dapatkan akan menjadi lebih kecil.

Untuk itu, kami sarankan agar Sobat MEA mengunggah konten di waktu audiens membuka media sosial. Seperti misalnya jika audiens Sobat MEA adalah pekerja kantoran, maka Sobat MEA bisa menguggah konten sekitar pukul 8-12 malam karena di jam itu audiens sudah selesai bekerja, sampai rumah, dan sudah bersantai sambil scrolling media sosial.

Nah itu dia pembahasan lengkap mengenai apa itu affiliate marketing, cara kerja Program Shopee Affiliate, hingga 5 strategi promosi Shopee Affiliate yang bisa Sobat MEA lakukan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment