3 Syarat Menjadi Dropshipper Shopee untuk Pemula. Mudah!

by Fanny
syarat menjadi dropshipper

Shopee adalah salah satu marketplace yang memiliki banyak pengguna. Inilah mengapa Sobat MEA tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berjualan di Shopee. Lalu, bagaimana jika Sobat MEA tidak memiliki produk untuk dijual. Tenang saja, Sobat MEA bisa tetap berjualan dengan mengikuti syarat menjadi dropshipper Shopee yang mudah ini.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai apa itu dropshipper, bagaimana cara kerjanya, syarat menjadi dropshipper Shopee, serta tips untuk menjalankan bisnis ini agar laris manis. Yuk simak ulasan selengkapnya di sini!

Table of Contents

Apa itu Dropshipper dan Cara Kerjanya?

Penjualan di Shopee Masih Gitu-Gitu Aja?
Yuk gabung ke komunitas dan belajar langsung dari ahlinya. Gratis!

Sebelum membagikan syarat menjadi dropshipper Shopee, Sobat MEA perlu mengetahui apa itu dropshipper terlebih dahulu. Jadi, dropship adalah salah satu metode penjualan yang bisa Sobat MEA lakukan tanpa harus melakukan produksi produk sendiri.

Di sini, Sobat MEA tetap harus memiliki toko online di Shopee dan memasarkan produk milik supplier. Nantinya, Sobat MEA perlu melayani pembeli seperti menerima pesanan dan menjawab pertanyaan mereka melalui chat.

Jika pesanan sudah diterima, Sobat MEA bisa meneruskannya ke pihak supplier agar supplier yang melakukan pengemasan dan pengiriman produk. Jadi Sobat MEA hanya melayani hingga ke tahap pembelian saja. Lalu, bagaimana dengan pembayarannya?

Biasanya, supplier akan memberikan harga awal yang bisa Sobat MEA naikkan untuk meraih keuntungan. Misalnya saja Sobat MEA adalah supplier gamis muslim. Supplier memberikan harga sebesar Rp105.000,-. Kemudian Sobat MEA bisa menaikkan harganya menjadi Rp110.000,- untuk bisa mendapatkan keuntungan. Sederhana sekali, bukan?

3 Syarat Menjadi Dropshipper Shopee

Bingung Cara Kelola Shopee?
Tenang aja, ada Jasa Kelola Shopee yang dipegang oleh tim profesional MEA. Klik di sini sekarang!

1. Memiliki Akun Shopee

Syarat menjadi dropshipper Shopee yang pertama adalah Sobat MEA harus memiliki akun Shopee. Sobat MEA bisa membuatnya melalui website Shopee atau mendaftarkan diri melalui aplikasi Shopee. Setelah itu, Sobat MEA perlu membuat toko yang akan menampilkan produk yang ingin dijual. Sobat MEA cukup membuat akun penjual di website resmi Shopee Seller Center dan masuk dengan menggunakan akun Shopee sebelumnya.

2. Bisa Mengoperasikan Shopee

Pastikan Sobat MEA juga mengetahui bagaimana cara mengoperasikan Shopee dengan baik agar bisa berjualan dengan lancar. Tenang saja, Shopee memiliki user interface yang mudah dipahami dan mudah untuk digunakan bahkan oleh pemula sekalipun. Jadi pelajari berbagai macam fitur Shopee agar bisa memenuhi syarat menjadi dropshipper Shopee yang kedua ini, ya!

Pemesanan produk bisa dilakukan dengan mudah, yaitu konsumen akan memesan produk dari toko Sobat MEA. Kemudian Sobat MEA harus memesankan produk tersebut dari pihak supplier. Jangan lupa untuk memasukkan alamat pembeli sebagai penerima. Jangan lupa untuk klik box Kirim sebagai Dropshipper sebelum melakukan pemesanan. Setelah pesanan diproses, Sobat MEA juga harus meneruskan resi kepada konsumen.

3. Pilih Supplier yang Tepat

Syarat menjadi dropshipper Shopee berikutnya adalah dengan memilih supplier yang terpercaya. Supplier sendiri biasanya memang hanya memproduksi dan mendistribusikan produk secara massal saja. Sedangkan Sobat MEA sebagai dropshipper yang akan menjualnya secara langsung kepada konsumen.

Tips Menjadi Dropshipper Shopee

cara mengoptimalkan dekorasi toko Shopee

Setelah mengetahui apa itu dropshipper dan apa saja syarat menjadi dropshipper Shopee, kami juga akan membagikan beberapa tips agar konsumen lebih memilih untuk membeli produk di toko Sobat MEA dibandingkan di toko lain. Berikut adalah cara menjadi dropshipper Shopee yang bisa Sobat MEA lakukan:

1. Tentukan Produk yang Akan Dijual

Ada banyak produk yang bisa Sobat MEA jual di Shopee. Namun akan lebih baik jika Sobat MEA cukup menjual produk dalam satu kategori yang sama dalam satu toko. Contohnya adalah produk fashion yang menjadi salah satu jenis produk paling laris di Shopee. Sobat MEA bisa memilih kategori yang lebih spesifik seperti misalnya produk fashion muslimah, pakaian wanita, pakaian pria, atau pakaian anak-anak. Pilih salah satu saja agar branding toko bisa terbentuk sendiri.

2. Siapkan Modal

Syarat menjadi dropshipper Shopee memang terlihat mudah dan sederhana, namun bukan berarti Sobat MEA tidak membutuhkan modal sama sekali. Hal ini karena Sobat MEA harus memesan barang kepada supplier terlebih dahulu menggunakan uang pribadi. Kemudian Sobat MEA baru akan menerima uang pembayaran dari konsumen setelah produk sudah diterima.

3. Bekerja Sama dengan Satu Supplier

Mungkin Sobat MEA berpikir bahwa bekerja sama dengan banyak supplier adalah ide yang bagus. Bisa ya, dan bisa tidak. Tentu dengan banyaknya supplier, Sobat MEA juga bisa mendapatkan semakin banyak produk yang bisa dijual. Namun hal ini akan menyulitkan Sobat MEA ketika ada konsumen yang membeli produk dari supplier yang berbeda.

Itu dia pembahasan mengenai pengertian, cara kerja, tips, dan syarat menjadi dropshipper Shopee yang bisa kami bagikan untuk Sobat MEA yang ingin mencoba bisnis ini. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment