Perhatikan! Ini 6 Tanda Akun Instagram di Hack & Tips Mencegahnya~

by Viki
tanda akun instagram di hack

Instagram telah menjadi tempat bagi orang-orang untuk berbagi momen, menginspirasi, berkomunikasi, dan bahkan berbisnis. Tapi popularitasnya yang tinggi juga menjadikannya target empuk bagi peretas atau hacker yang ingin meretas akun pengguna. Dalam hal ini, ketahui tanda akun Instagram di hack untuk tahu apa yang harus dilakukan supaya akun tetap aman. 

Penting bagi setiap pengguna Instagram untuk mengetahui tanda akun Instagram di hack supaya bisa mengambil tindakan pencegahan dan melindungi keamanan data mereka. Karena peretasan akun Instagram dapat menimbulkan hal-hal yang merugikan. 

Mau Tahu Cara Jualan di Sosial Media yang Baik dan Benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Biasanya berikut ciri-ciri akun Instagram telah dibajak oleh orang lain: 

  • Pemilik tidak dapat login ke akun Instagram.
  • Terdapat gambar asing yang muncul di halaman feed namun gambar tersebut tidak diposting secara pribadi oleh pemilik akun.
  • Akun Instagram tiba-tiba mengikuti banyak akun pengguna lain secara tiba-tiba.
  • Menemukan aktivitas mencurigakan seperti spam, informasi pribadi yang berubah pada bio, foto profil, alamat e-mail, atau nomor telepon, dan lain sebagainya. 

Table of Contents

Cara Mengatasi Akun Instagram di Hack

Jasa Kelola Toko di Instagram Terpercaya
Ingin bisnis di Instagram berjalan optimal dan akun tetap aman hingga cuan? Percayakan pada tim kelola Instagram MEA! Sudah banyak yang membuktikan keuntungannya~
Mengutip dari buku Instagram Marketing untuk Pemula, Jefferly Helianthusonfri, (2020:1), orang-orang mulai menggunakan Instagram tentu saja karena popularitasnya yang tidak diragukan lagi. sebagaimana di Instagram, pengguna bisa melakukan banyak hal seperti marketing, mencari informasi, membuat konten, dan sebagainya. Hal inilah yang membuat orang-orang memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi. 
  1. Ganti password akun IG. Jika masih gagal login, lakukan pemulihan akun melalui menu Lupa password dan ikuti langkah selanjutnya.
  2. Jika sudah berhasil login, aktifkan fitur keamanan otentifikasi dua faktor (2FA). 
  3. Sebaiknya laporkan kasus peretasan akun ke pihak Instagram melalui fitur “Bantuan” dengan membuka Profil > Pengaturan > Bantuan > Laporkan Masalah.
  4. Periksa aktivitas login. caranya klik Profil > Pengaturan > Keamanan > Aktivitas Login. Di sini, Sobat MEA bisa melihat lokasi di mana akunmu pernah login. Jika ada lokasi mencurigakan, klik ikon Titik Tiga pada lokasi tersebut, lalu klik Logout.
  5. Cabut akses aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan dengan membuka Instagram via browser, klik Settings > Apps and Websites > pilih Aplikasi Mencurigakan > Revoke Access untuk view and edit untuk melakukan penyesuaian.
  6. Pastikan kembali nomor telepon dan alamat e-mail yang tertera pengaturan akun adalah milikmu.

Tips Mencegah Akun Instagram dari Peretasan

Sebagai langkah pencegahan, ada beberapa hal yang bisa Sobat MEA lakukan untuk melindungi akun Instagram dari peretasan:

Mengubah Kata Sandi

Pertama, Sobat MEA perlu mengubah dan membuat kata sandi yang lebih rumit agar akun Instagram lebih aman. Jika Sobat MEA login di perangkat lain, pastikan Sobat MEA sudah logout dari perangkat tersebut. 

Melepaskan Hubungan dengan Facebook

Sebenarnya ini belum tentu bisa menyelamatkan akun yang diretas. Setidaknya, dengan melepaskan kaitan antara Facebook dan Instagram, akun IG Sobat MEA akan lebih aman. 

Otentifikasi Dua Faktor 2FA

Terakhir, Sobat MEA perlu mengaktifkan otentifikasi dua faktor yang disarankan oleh pihak Instagram. Dengan begitu, ini akan melindungi akun dari serangan peretasan yang membahayakan. 

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur two factor authentification:

  • Buka aplikasi Instagram dan pergi ke menu Profil yang ada di pojok kanan bawah.
  • Pilih ikon Tiga Garis dan pilih menu Settings. Pada halaman tersebut, pilih Security > Two Factor Authentification > dan klik tombol Get Started.
  • Lalu pilih salah satu dari tiga jenis metode 2FA yang bisa dipilih yaitu melalui aplikasi Instagram, WhatsApp, dan SMS. 
  • Jika memilih opsi SMS, pengguna akan diminta untuk memasukkan enam digit kode yang dikirimkan melalui SMS.
  • Selanjutnya, screenshot lima kode cadangan yang tertera untuk memulihkan akun, jika pengguna lupa dengan password akun atau gagal login. 
  • Sedangkan jika memilih opsi WhatsApp,  sobat MEA akan menerima kode tersebut melalui pesan di WhatsApp.

Menyalakan Mode Privasi Pada Akun Instagram

Sobat MEA juga bisa mengaktifkan mode private pada akun Instagram agar pengguna lain yang belum mengikuti tidak dapat melihat ataupun mengubah informasi pada akun Instagram. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkannya:

  1. Login ke akun Instagram.
  2. Pilih Settings > Privacy. Geser tombol yang ada di sebelah kanan yang berupa opsi Private account hingga berubah menjadi warna biru.
  3. Akun sudah menjadi mode privasi (Private). 
  4. Jangan lupa lindungi data Instagram dari aplikasi pihak ketiga
  5. Informasi yang tertera pada akun Instagram dapat digunakan untuk login ke beberapa jenis situs, aplikasi, dan game.

Demikian 6 tanda akun Instagram di hack, cara mengatasinya, hingga tips mencegah peretasan akun. Ya, memang penting bagi setiap pengguna Instagram untuk mengetahui tanda-tanda tersebut supaya bisa mengambil tindakan pencegahan yang tepat. 

You may also like

Leave a Comment