5 Tempat Jual Foto di Internet yang Aman dan Terpercaya!

by Fanny
tempat jual foto di internet

Tempat jual foto di internet ini menjadi salah satu hal yang perlu diketahui oleh fotografer atau Sobat MEA yang memiliki hobi fotografi. Dengan mengetahui hak ini, Sobat MEA bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui hasil jepretan yang diambil.

Saat ini, ada banyak situs yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk menjual foto secara online. Setiap tempat jual foto di internet ini juga punya harganya masing-masing. Bagi Sobat MEA yang mungkin tertarik, dalam artikel ini kita akan membagikan tempat jual foto di internet yang aman dan pastinya terpercaya. 

Selain itu, kita juga akan membagikan tips menjual foto online agar stok foto yang dijual semakin cuan. Dari pada berlama-lama lagi, yuk simak daftar tempatnya di bawah ini!

Table of Contents

5 Tempat Jual Foto di Internet Terpercaya

Mau bisnis online kamu makin lancar dan cuan?
Gabung ke komunitas yang dipandu oleh Coach berpengalaman di sini sekarang juga. Gratis!

Apakah Sobat MEA sudah siap mendapatkan cuan dari foto-foto yang diambil? Agar keuntungan bisa segera di dapatkan, Sobat MEA harus menjual fotonya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa rekomendasi situs untuk tempat jual foto di internet yang bisa Sobat MEA coba.

1. Shutterstock

Situs pertama adalah Shutterstock yang menjadi tempat jual foto di internet yang populer. Shutterstock sendiri merupakan situs yang berisi kontributor dan pembeli dari seluruh dunia. Tidak hanya bisa menjual foto saja, Sobat MEA juga bisa menjual konten apapun seperti video, footage, audio, vektor, hingga model 3D di sini.

2. Getty Images dan iStock

tempat jual foto di internet

Tempat jual foto di internet berikutnya bisa Sobat MEA coba adalah Getty Images. Jika Sobat MEA berprofesi sebagai desainer grafis atau videografer, tentunya Sobat MEA sudah tidak asing bukan dengan foto-fo “gettyimages”. Nah, Sobat MEA juga bisa menjual hasil jepretan di aplikasi ini loh.

Untuk menggunakan aplikasi Getty Image dan iStock hampir sama seperti Shutterstock, yaitu Sobat MEA perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu dan membuat akun. Kemudian Sobat MEA bisa mengirimkan 3 hingga 6 foto sebagai bahan review. Lalu editor akan menyortir foto Sobat MEA dan melihat potensi penjualannya lebih cocok dipasarkan di Getty Images atau iStock.

3. Adobe Stock

tempat jual foto di internet

Adobe Stock adalah salah satu platform yang bisa Sobat MEA jadikan salah satu tempat jual foto di internet. Perlu diingat, platform ini memiliki penilaian yang ketat, Sobat MEA diwajibkan untuk mengirimkan foto terbaik agar bisa lolos tahapan seleksi.

4. Alamy

Alamy ini adalah website asal Inggris yang menerima berbagai jenis foto, video, vektor, hingga panorama 360°. Sobat MEA juga akan mendapatkan pembayaran yang cukup besar, yaitu 40-50% yang dinilai berdasarkan kontrak terlepas dari apakah Sobat MEA memiliki lisensi eksklusif dan 60 untuk lisensi eksklusif.

Salah satu hal yang menarik dari tempat jual foto di internet yang satu ini adalah memberikan penawaran komisi 100% untuk pelajar. Jadi jika Sobat MEA merupakan murid SMA atau kuliah, Sobat MEA akan mendapatkan keuntungan secara penuh dari penjualan foto di Alamy. Menggiurkan sekali, bukan?

5. 500px

Kemudian ada juga 500px sebagai tempat jual foto online yang telah digunakan oleh lebih dari 16 juta anggota.  Platform ini bisa digunakan juga untuk menjual konten berlisensi. Menariknya, pengguna dapat menjual foto bebas royalti sehingga pembeli hanya membayar sekali untuk menggunakan foto berkali-kali.

Menariknya, Sobat MEA dapat menerima royalti sebesar 30% untuk foto-foto non-eksklusif dan 60% untuk lisensi eksklusif di sini. Bahkan Sobat MEA juga berkesempatan mendapatkan penghasilan tambahan dengan mengikuti Photo Quest Competitions yang sedang diadakan. 

Tapi perlu diketahui bahwa 500px menerapkan sistem membership. Tapi Sobat MEA bisa menggunakan akun gratis untuk mengupload hingga 7 foto per minggu. 

Sedangkan untuk upgrade ke paket Awesome dikenakan biaya sebesar $3,99/bulan (sekitar Rp58.000/bulan) dan paket Pro sebesar $7,99/bulan (sekitar Rp117.000/bulan) untuk mendapatkan kesempatan upload yang tidak terbatas, dukungan pelanggan prioritas, dan tool analisis yang bermanfaat. 

6. Jual Foto di Website Sendiri

Mau punya website dan landing page untuk menunjukan bisnis dan keahlian?
Saatnya pakai Gowebin dari MEA dan dapatkan domain website kamu sendiri!

Selain menggunakan dan situs khusus untuk tempat jual foto di internet, Sobat MEA juga bisa menjual foto dengan membuat website sendiri. Dengan menggunakan website sendiri, Sobat MEA memiliki kontrol penuh akan tampilan dan desain website.

Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat website bisnis fotografi. Bagi pemula, Sobat MEA bisa menggunakan aplikasi website builder dengan fitur drag-and-drop yang mudah digunakan, intuitif, hingga ada bantuan tool buatan AI untuk membuat logo dan memperkuat branding.

Atau Sobat MEA bisa juga menggunakan content management system (CMS) seperti WordPress. Ini juga mudah digunakan, terlebih adanya ribuan tema yang tersedia. Sehingga Sobat MEA bisa mengedit website dengan mudah sesuai brand dan niche fotografi yang dituju. 

Tidak hanya itu, website pribadi memudahkan Sobat MEA untuk memberikan deskripsi produk, menentukan harga, dan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi karena tidak akan dipotong biaya platform. Pengunjung juga akan lebih mudah untuk melakukan pembelian serta menghubungi Sobat MEA terkait jual-beli produk.

4 Tips Menjual Foto di Internet yang Menguntungkan

tempat jual foto di internet

1. Tentukan Niche Fotografi

Objek foto sangat luas dan beragam. Agar Sobat MEA bisa menemukan target pasar yang tepat, Sobat MEA juga perlu menentukan niche fotografinya. Dengan begitu, Sobat MEA juga akan lebih mudah untuk memindai foto. Sebagai contoh, Sobat MEA bisa fokus pada satu objek, misalnya makanan, tumbuhan, arsitektur, orang, hewan, atau objek lainnya.

2. Pilih Platform

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah tempat jual foto di internet. Kami sudah membagikan 5 rekomendasi situs dan aplikasi yang bisa Sobat MEA gunakan untuk menjual hasil jepretan. Namun Sobat MEA juga perlu memilih mana yang paling tepat dan menguntungkan untuk Sobat MEA.

3. Pastikan Karya Memiliki Legalitas

Sebagai orang yang menggeluti industri kreatif, hak cipta menjadi salah satu yang sering dihadapi. Hal ini karena produk yang Sobat MEA jual berupa produk digital yang bisa dilihat, diunduh, bahkan ditiru oleh siapa saja. Inilah pentingnya memiliki legalitas dalam setiap karya yang diunggah agat tidak mengalami kerugian.

Itulah mengapa hasil jepretan Sobat MEA dijual sehingga orang yang menggunakannya pun sudah membeli lisensi dari fotomu dan dapat menggunakannya untuk kepentingan yang seharusnya. Dengan begitu, hasil karya Sobat MEA tidak akan digunakan untuk hal-hal yang merugikan Sobat MEA atau pihak lain.

4. Gunakan Aplikasi Editing Foto

Agar tampilan foto lebih menarik dan memiliki harga jual tinggi di tempat jual foto di internet, Sobat MEA juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi editing foto yang tersedia di Google Play Store maupun App Store. Semakin cantik foto yang ditampilkan, maka akan semakin tinggi pula peminat dan harganya.

Itu dia serba-serbi tempat jual foto di internet beserta tips-nya. Semoga artikel ini dapat menginspirasimu untuk terus berkarya dan menghasilkan cuan dari hobi fotografimu. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment