Perbedaan TikTok dan TikTok Lite, Lebih Enak Pakai yang Mana?

by Viki
tiktok biasa vs tiktok lite

Menjadi salah satu platform media sosial yang naik daun, TikTok tiada hentinya berinovasi. Salah satunya dengan menciptakan versi lebih ringan yang bernama TikTok Lite. Lantas apa bedanya? Mari kita simak penjelasan TikTok Biasa Vs TikTok Lite di artikel ini!

Seperti yang kita ketahui, popularitas TikTok terus meningkat dari hari ke hari. Hingga penggunanya sendiri meluas ke 150 negara. Hal ini tentunya tidak lepas dari beragam fitur TikTok yang menarik seperti filter, stitch, efek, musik, dan TikTok Shop untuk berbisnis.

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Tak lama kemudian, TikTok meluncurkan TikTok Lite sebagai platform untuk membagikan video pendek dengan daya kerja lebih ringan agar pengguna semakin nyaman menggunakannya. Belum lagi, TikTok memberikan kesempatan bagi siapapun untuk viral dan mendapatkan cuan. 

Maka jangan heran jika Sobat MEA mudah menemukan kreator TikTok di mana-mana. Karena selain berkarya, mereka telah menjadikan TikTok sebagai ladang penghasilan melalui jualan, live streaming, endorsement, dan masih banyak lagi. 

Begitupun dengan aplikasi TikTok Lite. Bahkan pengguna TikTok Lite bisa mendapatkan cuan berbentuk koin sejak saat pertama kali mendaftarkan diri melalui kode referral

Koinnya sendiri berjumlah 100,000 atau senilai Rp. 10,000. Koin tersebut bisa naik lagi tergantung seberapa aktif pengguna di platform TikTok Lite. 

Table of Contents

Perbedaan TikTok dan TikTok Lite

Sesuai namanya, TikTok Lite menawarkan akses yang lebih ringan. Sehingga cocok untuk pengguna yang terkendala memori di perangkat yang digunakan.

Lantas apa yang membedakan kedua aplikasi ini? Berikut 4 perbedaan TikTok Biasa VS TikTok Lite yang bisa dirasakan:

1. Penyimpanan dan Penggunaan Baterai

Perbedaan pertama yang paling terlihat yaitu pada penyimpanan dan penggunaan baterainya. Di awal pun sudah dijelaskan bahwa TikTok Lite adalah TikTok versi lebih ringan. Sesuai namanya, Lite hadir dengan ukuran aplikasi yang lebih kecil dan beberapa fitur dikurangi. 

TikTok Lite sendiri memiliki ukuran sebesar 76 MB saja. Kalaupun ada data dan cache, hanya bertambah ratusan MB. Sedangkan TikTok membutuhkan ruang penyimpanan hingga 182 MB. 

Ukuran ini belum termasuk data dan cache lainnya dari penggunaanmu. Sehingga TikTok Lite cocok untuk pengguna yang memiliki ponsel dengan penyimpanan internal terbatas.

Sementara untuk penggunaan baterai, karena keduanya platform pemutar video, maka konsumsi baterainya hampir sama. 

Saatnya jadi seller lebih cuan bareng partner MCN MEA yang profesional
Yuk gabung MCN TikTok MEA sekarang juga untuk rasakan berbagai manfaatnya!

2. Antarmuka dan Waktu Loading

Sekilas, antarmuka dari kedua platform ini tidak ada bedanya. Sobat MEA dapat memutar video melalui beranda, dan disebelahnya ada menu lain seperti cari, unggah, notifikasi, serta profil. 

Sama seperti TikTok versi reguler, di versi Lite nya, Sobat MEA dapat menelusuri video dengan swipe layar ke atas. Tapi bedanya, TikTok Lite membutuhkan loading yang lama untuk memuat video

3. Opsi Mengunggah

Pada umumnya, versi lite dari aplikasi hanya memiliki fungsi inti dan membuat tampilan lebih sederhana. Inilah yang menjadi perbedaan TikTok biasa dan TikTok Lite. 

TikTok memiliki suara, efek visual, hingga transisi yang mengesankan. Sobat MEA pun bisa membuat konten video tertentu versi sendiri. Sedangkan TikTok Lite tidak menyediakan fitur rekam atau record dan hanya bisa menonton video dari pengguna lain.

4. Profil dan Pengaturan

Perbedaan terakhir ada di profil dan pengaturan. TikTok biasa memungkinkan pengguna untuk membuat TikCode sendiri seperti nametag yang ada di Instagram. 

Selain itu, ada juga beberapa opsi privasi dan pengaturan lainnya seperti block list, digital wellbeing, livephoto, wallet, dll. Sedangkan TikTok Lite tidak menyediakan opsi-opsi tersebut

Nah, setelah mengetahui perbedaan TikTok biasa dan TikTok Lite, Sobat MEA juga perlu mengetahui keuntungan dari kedua platform tersebut. Berikut ulasan selengkapnya!

Keuntungan TikTok Biasa Vs TikTok Lite

Selain memiliki perbedaan, TikTok Biasa dan TikTok Lite juga memiliki keuntungan yang bisa Sobat MEA dapatkan ketika menggunakannya. Tidak ada yang lebih baik ataupun lebih buruk. Hal ini tergantung kebutuhan dan tujuan penggunanya sendiri. 

Berikut keuntungan TikTok yang bisa Sobat MEA dapatkan:

  1. Update Tren Terkini yang Penting Untuk Konten.
  2. Meningkatkan Engagement dengan Audiens.
  3. Menumbuhkan Brand Awareness.
  4. Dapat Mengiklankan Produk atau Layanan.
  5. Mengubah Akun Publik Menjadi Akun Privat dan Mengizinkan Orang Lain Untuk Mengikuti.

Dengan keuntungannya tersebut, maka tidak heran jika banyak pebisnis yang menggunakannya. Karena memang cocok sekali untuk berbisnis dan terbukti menghasilkan cuan. 

Tidak kalah dari TikTok Biasa, TikTok Lite juga memberikan keuntungan, antara lain:

Selain itu, pengguna biasanya menggunakan TikTok Lite untuk mengumpulkan koin dari kode referral dan tayangan video. Uang tersebut bisa mereka tukarkan dengan uang tunai saat sudah mencapai nilai tertentu.

Nah, sekian penjelasan TikTok Biasa Vs TikTok Lite. Bagaimana? Tertarik pakai yang mana nih? Pastinya sesuaikan dengan kebutuhan terlebih dahulu ya. Kenyamanan kembali ke diri masing-masing. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment