TikTok Shop Buka Lagi Mulai 12 Desember 2023? Ini Penjelasannya!

by Viki
tiktok shop buka lagi

Siapa nih yang sudah lama merindukan e-commerce TikTok Shop beserta promo menariknya yang beragam? Nah, setelah sekian lama TikTok Shop ditutup, sebentar lagi, TikTok Shop telah resmi memberikan pengumuman mengenai TikTok Shop buka lagi pada akhir tahun ini. Tepatnya ada tanggal 12 Desember 2023 besok.

Ya, kabarnya, TikTok Shop akan kembali dibuka dan merger dengan GoTo. Dalam hal ini, pemerintah meminta untuk utamakan produk UMKM dan keamanan data.

Dilansir dari laman TikTok, pada hari ini, tanggal 11 Desember 2023, TikTok dan GoTo mengumumkan kemitraan strategis untuk menumbuhkan ekonomi digital Indonesia yang berfokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.

Dengan kata lain, TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan dengan Tokopedia di bawah PT Tokopedia, dimana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Sehingga fitur layanan belanja dan bisnis yang ada di aplikasi TikTok Indonesia akan dioperasikan oleh PT Tokopedia.

Table of Contents

Benarkah TikTok Shop Buka Lagi?

Kembali Raup Cuan di TikTok Shop
Yuk kepoin strategi jualan di TikTok Shop yang laris bareng seller berpengalaman di komunitas bisnis online MEA!

Menurut Hargo Utomo, Akademisi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), dikutip dari laman Kompas, menilai bahwa aksi merger antara TikTok dan GoTo perlu diamati dalam banyak hal. Salah satunya yaitu kepemilikan dan keamanan data pengguna. Ia meminta pemerintah waspada terhadap perlindungan data transaksi disedot dan disalahgunakan oleh pihak asing. 

Tapi Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM, Kementerian BUMN, Loto Srianita mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan pertemuan dengan TikTok Shop pada November 2023.

Loto Srianita mengatakan bahwa pemerintah sangat terbuka dengan kehadiran TikTok Shop selama mengikuti regulasi dan memberikan kesempatan kepada UMKM untuk berkembang di TikTok Shop. 

Artikel Terkait  Cara Optimasi Konten dengan SEO TikTok Agar Promosi Lebih Cuan. Yuk, Cobain!

Selain itu, pihaknya juga meminta TikTok Shop untuk selalu memonitoring transaksi penjualan nantinya agar tidak merugikan UMKM. Pemerintah juga meminta agar tidak ada lagi aktivitas predatory pricing atau permainan harga yang dapat memukul UMKM. 

Sementara itu, mengenai sinyal pembukaan kembali TikTok Shop nya sendiri telah diperjelas oleh manajemen TikTok yang membuka lowongan pekerjaan untuk mengisi posisi jabatan di platformnya. 

Kapan TikTok Shop Buka Lagi?

tiktok shop buka lagi

Melansir laman TikTok, Program TikTok Shop akan diluncurkan pada masa uji coba melalui kampanye Beli Lokal, tanggal 12 Desember, yang bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Pemerintah Indonesia menunjukkan inisiatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal.

Sementara itu, kerjasama antara TikTok dan Tokopedia akan dimulai dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan kementerian serta lembaga terkait. 

Dalam kampanye Beli Lokal ini, akan mempromosikan berbagai jenis merchant yang berfokus pada produk asal Indonesia. Program ini memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja, berjualan, hingga berinteraksi dengan merk lokal favorit.

Manfaat Program TikTok, GoTo, dan Tokopedia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, TikTok Shop bukan hanya sekadar diluncurkan, tapi juga akan memberikan banyak manfaat bagi para pelaku UMKM. Selain mendorong penciptaan lowongan kerja baru, lebih dari 90% merchant yang kebanyakan adalah UMKM juga akan mendapatkan dukungan dari berbagai program TikTok, GoTo, dan Tokopedia berupa:

  1. Promosi produk-produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok.
  2. Meningkatkan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan keahlian dan akses sumber daya.
  3. Tersedia alat pendukung pemasaran, branding dan praktik bisnis yang berkelanjutan bagi pedagang.
  4. Memberikan potensi untuk mempromosikan produk jualan di pasar internasional.
  5. Membuka pusat pengembangan bakat dan minat secara digital di berbagai tempat di Indonesia.
  6. Memastikan lokapasar yang memungkinkan persaingan berjalan dengan wajar wajar.
Artikel Terkait  Berapa Komisi TikTok Affiliate? Berikut Penjelasan Lengkapnya. Pemula Wajib Tahu!

Nah, manfaat-manfaat tersebut diharapkan dapat bekerja mulai kuartal pertama tahun 2024. Sedangkan dukungannya berhubungan dengan tujuan Grup GoTo yang ingin memperkuat posisi keuangan serta strategi perseroan untuk memperluas pasar.

Sementara untuk mendorong perkembangan ekonomi digital di Indonesia, TikTok dan GoTo membentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang akan dipimpin oleh Patrick Walujo, dan diwakili oleh PT Tokopedia dan TikTok.

Sekian informasi mengenai kapan TikTok Shop buka lagi beserta manfaat dan informasi lainnya. Bagaimana? Tertarik untuk berjualan dan berbelanja di TikTok Shop lagi?Pastikan Sobat MEA mempelajari regulasi dan kebijakan terbaru serta apa saja yang dibutuhkan sebelum menggunakan TikTok Shop, agar TikTok Shop dapat dimanfaatkan secara maksimal. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment