Kenali 4 Tingkatan Toko di Tokopedia dan Perbedaannya!

by Fanny
Tingkatan Toko di Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu marketplace yang digunakan oleh banyak masyarkat Indonesia. Tampilannya yang sederhana dan navigasinya yang mudah, membuat banyak pembeli lebih menyukai aplikasi ini. Sobat MEA juga bisa menemukan berbagai macam produk yang disediakan oleh banyak penjual dengan berbagai tingkatan toko di Tokopedia.

Bicara soal tingkatan toko, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang apa itu level keanggotaan Tokopedia serta 4 tingkatan toko di Tokopedia dan perbedaannya. Penasaran? Yuk simakk penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Level Keanggotaan Tokopedia

Mau Naikin Omzet di Tokopedia?
Yuk gabung ke komunitas yang dipandu pebisnis online handal dan pelajari trik terbarunya. GRATIS!

Untuk Sobat MEA yang sudah biasa belanja di Tokopedia pasti menyadari bahwa beberapa produk memiliki logo menarik di sebelah kiri bawah. Ada ikon mahkota kuning dengan latar belakang hijau, ikon warna hijau dengan tulisan PRO, hingga ikon warna ungu dengan checklist warna kuning. Lalu, apa maksud dari ikon ini?

Ikon tadi adalah tanda dari level keanggotaan seorang penjual atau toko di Tokopedia. Untuk mendapatkan ikon tadi, ada beberapa hal yang harus dipenuhi seperti berapa lama berjualan di Tokopedia, rating toko, kecepatan membalas pesan konsumen, dan faktor lainnya.

Tingkatan toko di Tokopedia ini juga akan mempengaruhi keinginan konsumen untuk melakukan pembelian di suatu toko. Semakin tinggi tingkatannya, maka akan semakin bertambah pula kredibilitas dan tingkat kepercayaannya. Inilah mengapa banyak penjual yang berusaha untuk meningkatkan level keanggotaan Tokopedia mereka.

4 Tingkatan Toko di Tokopedia

Jualan di Tokopedia Masih Segitu-gitu Aja?
Tenang aja, ada Tim MEA yang siap bantu optimasi toko sampai omzet tembus puluhan juta. Klik di sini sekarang!

1. Regular Merchant

tingkatan toko di tokopedia

Tingkatan toko di Tokopedia yang pertama adalah Regular Merchant yang beranggotakan seller pemula. Di sini, penjual pemula bisa mempromosikan produk mereka dengan menggunakan fitur dasar yang sudah disediakan oleh Tokopedia. Regular Merchant tidak memiliki ikon atau logo khusus.

2. Power Merchant

tingkatan toko di Tokopedia

Power Merchant menjadi tingkatan toko di Tokopedia yang kedua. Di sini, Sobat MEA tidak akan dikenakan biaya bulanan atau biaya tambahan lainnya untuk berjualan. Sobat MEA dapat meningkatkan keanggotaan dari Regular Merchant ke Power Merchant dengan melakukan verifikasi akun dan memiliki Performa Toko dengan skor setidaknya 60.

Kelebihan daari Power Merchant ini adalah Sobat MEA bisa memanfaatkan fitur dari Tokopedia seperti Diskon Toko, Flash Sale Toko, Tokopedia Play, dan lainnya. Untuk penjual dengan Power Merchant akan memiliki ikon mahkota kuning dengan latar belakang hijau pada nama toko dan di sebelah kiri bawah pada setiap produk.

3. Power Merchant PRO

tingkatan toko di Tokopedia

Tingkatan toko di Tokopedia berikutnya adalah Power Merchant PRO dengan ikon bertuliskan PRO dan berlatar belakang mahkota. Sobat MEA bisa mengakses fitur yang lebih banyak dan lengkap dengan menjadi Seller Power Merchant PRO. 

Selain itu, ada keuntungan eksklusif lainnya seperti prioritas untuk penanganan komplain pembeli, dukungan pemasaran produk yang lebih baik, hingga akses ke pengembangan bisnis yang disediakan oleh Tokopedia. Tentunya Sobat MEA perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk bisa menjadi akun Power Merchant PRO.

4. Official Store

tingkatan toko di Tokopedia

Tingkatan toko di Tokopedia yang terakhir adalah akun Official Store. Jenis akun ini dimiliki oleh penjual yang memiliki merek sendiri yang sah serta memegang status jual resmi dari produsen atau distributor. Akun Official Store ditandai dengan chekclist kuning dengan latar belakang ungu. Berikut adalah keuntungan dari menjadi akun Official Store:

  • Logo merek akan ditampilkan secara jelas di halaman toko.
  • Didukung oleh kampanye dari Tokpedia yang selalu aktif.
  • Dukungan voucher dari Tokopedia.
  • Terdapat menu khusus di halaman utama Tokopedia yang hanya menampilkan toko Official Store, sehingga toko Sobat MEA akan lebih mudah untuk ditemukan oleh pembeli.
  • Diprioritaskan dalam fitur pencarian toko.
  • Tokopedia menyediakan desain toko yang eksklusif dan bisa Sobat MEA sesuaikan dengan branding toko.
  • Sobat MEA bisa mengakses berbagai fitur premium yang hanya tersedia untuk akun Official Store.
  • Tingkat kepercayaan pelanggan dan kredibilitas toko akan semakin meningkat.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai apa itu level keanggotaan Tokopedia dan 4 tingkatan toko di Tokopedia. Kalau Sobat MEA biasanya belanja di tingkatan toko yang mana, nih?

You may also like

Leave a Comment