6 Tipe Kemitraan Shopee Affiliate. Yuk Pahami Sebelum Mulai!

by admin
tipe kemitraan shopee affiliate

Sobat MEA apa pernah mendengar istilah kemitraan Shopee Affiliate? Faktanya, masih banyak orang awam maupun para content creator yang belum tahu kalau ternyata ada beberapa tipe kemitraan Shopee Affiliate dengan program-programnya sendiri.

Sedikit informasi, kemitraan Shopee Affiliate merupakan salah satu cara kerja untuk kalian mendapatkan pendapatan dari salah satu platform e-commerce Shopee tanpa harus berjualan atau membuat toko online. Singkatnya, Sobat MEA hanya perlu untuk menjajakan produk saja.

tipe kemitraan shopee affiliate

Kemitraan Shopee Affiliates Program ini juga disambut dengan hangat oleh para influencer, pegiat sosial media dan blogger di Indonesia. Sebab keuntungan jadi mitra Shopee bisa mencapai puluhan juta perbulannya hanya dengan membagikan link produk Shopee. Bicara soal pendapatan, tentunya ada cara tersendiri untuk mendapat komisi Shopee Affiliate.

Nah karena orang yang akan mendaftar menjadi Shopee Affiliate memiliki background yang berbeda, baik pribadi maupun penjual. Lewat atikel ini, kita akan membahas secara mendalam tipe kemitraan Shopee Affiliate sekaligus cara mengikuti program Shopee Affiliate untuk pemula. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung simak aja penjelasannya di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu Tipe Kemitraan Shopee Affiliate?

Mau dapat komisi extra dan sample produk gratis dari Shopee Affilliate?
Tunggu apalagi, yuk dapatkan berbagai mancam keunggulan dengan gabung ke MCN Shopee MEA sekarang juga!

Singkatnya, tipe kemitraan di Shopee Affiliate adalah pilihan tipe yang harus dipilih Sobat MEA pada formulir pendaftaran mitra Shopee Affiliate. Lebih tepatnya, ketika Sobat MEA mengisi formulir pendaftaran, ada bagian ke dua formulir yang menyediakan pilihan tipe kemitraan.

Syarat & Ketentuan Daftar Shopee Affiliate

Gabung dengan Komunitas Shopee Affiliate GRATIS
Dapatkan ilmu dari diskusi bersama para pegiat Shopee Affiliate di Komunitas MEA

Sebelum masuk pada tipe-tipe kemitraan Shopee Affiliate, Sobat MEA harus mengetahui apa saja syarat dan ketentuan untuk gabung dan mengikuti program Shopee Affiliate ini. Menurut laman resmi Shopee Affiliate berikut adalah syarat dan ketentuannya:

  • Sobat MEA harus memiliki minimal 1 followers, friends, viewers atau subscriber di media sosial baik itu di YouTube, Instagram, TikTok, X (Twitter), Facebook sampai blog/website.
  • Jika ingin ikut program Shopee Influencers, Sobat MEA minimal harus memiliki 2000 subscriber, followers atau friends di YouTube, Instagram, TikTok, Facebook atau X (Twitter).
  • Akun media sosial Sobat MEA harus aktif, terbuka untuk umum dan punya konten original.
  • Akun media sosial mesti akun pribadi dan bukan akun seller atau akun bisnis.
  • Akun media sosial tidak mengandung konten SARA, pornografi dan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia.
  • Sobat MEA hanya bisa mempromosikan produk dari Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star Seller.
  • Tidak mempromosikan produk yang dilarang seperti rokok, ganja, obat-obatan terlarang sampai dengan produk dewasa atau produk palsu.
  • Menyetujui bahwa Shopee berhak untun mengunggah ulang konten di sosial media dan aplikasi Shopee.
  • Komisi dibayarkan paling cepat setiap 2 minggu sekali. Jangan lupa untuk mengecek komisi secara berkala.

6 Tipe Akun Shopee Affiliate

tipe kemitraan shopee affiliate

1. Tipe Mitra Cashback/Kupon

Tipe kemitraan Shopee Affiliate pertama adalah situs cashback atau kupon. Umumnya, tipe ini diperuntukan bagi Sobat MEA yang memang memiliki blog. Nantinya blog Sobat MEA dapat menyediakan kupon belanja atau cashback. Singkatnya, tipe kemitraan ini merupakan tipe program Shopee Affiliate yang cocok untuk blogger.

2. Tipe Mitra Perbandingan Harga

Berikutnya ada tipe mitra perbandingan harga alias komparasi harga. Tipe satu ini berfokus pada pemilik, pengguna blog dan juga influencer media sosial dengan niche tertentu. Jadi ini merupakan tipe kemitraan yang cocok untuk content creator yang punya konten spesifik.

Misalnya, Sobat MEA senang membuat konten dengan niche ibu rumah tangga. Maka Sobat MEA bisa membuat konten review produk dan perbandingan harga dari setiap produk-produk rumah tangga yang dipromosikan.

3. Tipe Mitra Network

Tipe kemitraan Shopee Affiliate yang berikutnya adalah Network atau Komunitas. Sama seperti namanya, tipe satu ini cocok dipilih oleh Sobat MEA yang memiliki komunitas, grup, kumpulan, organisasi, jaringan dan kelompok tertentu yang memiliki hubungan dengan penggunaan sebuah produk.

Misalnya Sobat MEA merupakan pengurus grup telegram para pecinta motor bebek se-Indonesia. Nah Sobat MEA dapat bergabung pada tipe mitra Network ini dan dapat menawarkan produk-produk otomotif yang berkaitan khusus dengan motor bebek.

4. Tipe Mitra Blogger/Media Seller

Sama seperti namanya, tipe kemitraan ini berfokus pada Shopee Affiliate tipe perorangan khususnya Sobat MEA yang dalam keseharian menjalankan blog dan aktif di media sosial. 

Sebagai blogger media sosial, Sobat MEA hanya perlu membuat artikel dan mempromosikan produk affiliate dari Shopee. Selain melalui konten artikel, Sobat MEA juga dapat menyebarkan dan mempromosikan produk affiliate menggunakan konten video di YouTube, Instagram, TikTok atau bahkan melalui konten Shopee Video.

Artikel Terkait  Cara Jualan Di Shopee Dengan Mudah ?

5. Tipe Mitra Brand/Seller

Jika Sobat MEA memiliki brand maka bisa banget bisa mendaftar dalam program Shopee Affiliate melalui tipe kemitraan Brand atau Seller. Pada pilihan ini sama seperti Shopee Affiliate umumnya, Sobat MEA selaku seller dapat menyebarkan link affiliate untuk meningkatkan penjualan. 

Singkatnya, program ini difokuskan untuk para seller Shopee yang ingin meningkatkan penjualan melalui traffic dari luar Shopee.

6. Tipe Mitra Lainnya

Terakhir ada tipe mitra Lainnya. Tipe ini ditujukan untuk Sobat MEA yang nggak masuk kelima kualifikasi sebelumnya namun tetap ingin bergabung di program Shopee Affiliate. Meski memilih tipe kemitraan ini, Sobat MEA tetap harus memiliki sosial yang aktif ya.

Nah itulah penjelasan mengenai beberapa tipe kemitraan Shopee Affiliate yang perlu diketahui. Semoga saja artikel ini dapat membantu Sobat MEA dalam berbisnis ya. Amin~

You may also like

Leave a Comment