6 Tips Memilih Platform Affiliate yang Tepat. Perhatikan!

by Viki
tips memilih platform affiliate yang tepat

Tertarik untuk menjalankan affiliate marketing? Pastikan Sobat MEA memilih program afiliasi yang memberikan keuntungan. Saat ini, banyak platform digital yang mengadakan program Affiliate dengan berbagai keuntungan. Untuk itu, penting untuk mengikuti tips memilih platform Affiliate yang tepat untuk bisnismu.

Karena Sobat MEA tentu tidak ingin usaha promosi menjadi sia-sia. Sebagaimana tujuan utama dari mengikuti program afiliasi yaitu mendapatkan penghasilan tambahan dengan mudah. Maka pastikan program tersebut terkenal dan dapat menjangkau khalayak luas melalui tips memilih platform affiliate yang tepat ini. 

Table of Contents

Apa itu Platform Afiliasi?

Bingung mana platform yang paling bagus untuk program afiliasi?
Yuk konsultasikan bareng tim MCN MEA untuk memperoleh solusi terbaik sekaligus bimbingan affiliate hingga cuan maksimal!

Buat Sobat MEA yang mungkin belum tahu, affiliate marketing adalah program yang memungkinkanmu untuk mempromosikan produk atau jasa. 

Program afiliasi adalah sebuah program dari perusahaan yang menghubungkan antara penjual dan content creator dan menyediakan produk untuk dipromosikan oleh mitra afiliasi, lalu memberikan komisi kepada mitra afiliasi yang berhasil menjual produk atau layanan milik penjual yang bekerja sama. 

Orang yang melakukan pemasaran ini disebut dengan mitra afiliasi. Mereka biasa mempromosikan produk atau jasa miliki penjual melalui berbagai saluran seperti situs web, blog, atau media sosial. Setelah itu, mereka akan menerima komisi berdasarkan kinerja dimana jika ada audiens yang melakukan tindakan tertentu, seperti pembelian atau klik tautan afiliasi.

Platform afiliasi sendiri adalah perantara yang menghubungkan Sobat MEA sebagai affiliate marketer dengan brand atau merchant yang membutuhkan marketer.

Dan sebelum memulai pemasaran afiliasi, memilih platform afiliasi yang tepat merupakan langkah awal yang sangat penting. Ini patut dipertimbangkan jika ingin menjadi Affiliate Marketer. Dalam hal ini, ada beberapa platform afiliasi yang populer seperti Shopee Affiliate, TikTok Affiliate, Tokopedia Affiliate, dan masih banyak lagi.

6 Tips Memilih Platform Affiliate yang Tepat

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Lantas apa yang harus kita lakukan untuk menemukan platform afiliasi yang tepat? Sebelumnya, pastikan Sobat MEA mempertimbangkan berbagai faktor untuk menemukan platform afiliasi yang menguntungkan.

1. Pastikan Programnya Jelas dan Transparan

Ketika memilih program afiliasi, pastikan memperhatikan secara saksama pada halaman FAQ (Frequently Asked Question) yang tertera pada situs web afiliasi tersebut. Sobat MEA bisa melihat bagaimana mekanisme afiliasinya dan apa yang harus dilakukan ketika ingin bekerja sama dengan mereka. 

Jika ada beberapa sistem dan peraturan yang terlalu dan rumit, sebaiknya jangan dipilih. Terkadang hal ini hanya akan membuatmu kesulitan. Apalagi jika Sobat MEA adalah pebisnis pemula yaang perlu waktu dan tenaga untuk menjalankan bisnis.

Misalnya, Sobat MEA diminta untuk melakukan proses verifikasi transaksi yang tidak real time dan berlangsung terlalu lama. Hal ini akan memperbesar kemungkinan kecurangan dari pihak yang mengelola program afiliasi  sehingga sebaiknya dihindari saja. 

2. Menawarkan Komisi yang Tinggi

Kedua, pastikan program afiliasi yang dipilih itu bersedia untuk memberikan komisi tinggi. Banyak sekali program afiliasi yang beredar di internet, tapi tidak semuanya berkomisi tinggi.

Padahal, Sobat MEA pasti ingin menghasilkan uang tambahan secara online melalui pemasaran afiliasi. Itulah mengapa mempertimbangkan program Affiliate adalah hal yang krusial. 

Selain itu, pastikan program afiliasi memiliki riwayat pembayaran yang bagus. Sobat MEA bisa menelusurinya melalui internet. Jika program afiliasi memiliki sistem pembayaran yang buruk, biasanya banyak pengguna yang komplain di Google ataupun situs webnya, dan Sobat MEA bisa memeriksa komplain tersebut sendiri. 

3. Memiliki Reputasi yang Bagus

Pastikan program afiliasi yang ingin dijalankan telah memiliki reputasi yang bagus dan dipercayai oleh masyarakat. Oleh karena itu, Sobat MEA harus melakukan pemeriksaan terhadap latar belakang perusahaan secara menyeluruh.

Ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, Sobat MEA bisa mengetahui kredibilitas perusahaan tersebut dengan membaca ulasan dari orang-orang di forum, Google, situs web, dan lain-lain.

Salah satu tanda dari program afiliasi yang bagus adalah memiliki konsumen yang banyak dan memiliki produk yang sering ditemukan  pada kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, afiliasi yang kurang bagus biasanya menjual produk yang tidak terkenal dan tidak dibutuhkan oleh pasar, sehingga banyak yang tidak merekomendasikannya. 

4. Menyesuaikan Topik Media Sosial

tips memilih platform affiliate yang tepat

Maka penting juga untuk menyesuaikan produk, audiens, dan kondisi media sosial. Misalnya, Sobat MEA ingin menjual produk elektronik, Sobat MEA perlu menentukan niche yang berupa orang-orang yang senang menngincar alat elektronik. 

5. Bisa Melacak Penjualan

Pastikan program afiliasi telah memiliki fitur untuk melacak penjualan agar Sobat MEA bisa mengetahui track record dari promosi yang dilakukan.

Sistem ini akan membantumu untuk mengetahui tingkat naik turun penjualan. Sehingga hal ini juga bisa menjadi patokan bagi untuk memasang strategi baru yang bisa mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal lagi.

Bahkan sistem ini bisa mengumpulkan jumlah pembeli yang menggunakan kode referal atau link affiliate yang dimiliki. 

6. Konversi Produk Berkualitas

Tips memilih platform afiliasi yang tepat yang terakhir adalah memilih program yang telah memiliki konversi produk berkualitas.

Meskipun produk sudah sesuai dan branding juga sudah dilakukan, tapi perusahaan memiliki catatan konversi yang buruk, maka ini dapat menghambat kinerja penjualan. 

Itulah mengapa Sobat MEA perlu mengetahui tingkat konversi yang dimiliki agar Sobat MEA tidak salah memilih affiliate. Untuk itu, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bergabung.

4 Tips Sukses Ikut Program Affiliate Marketing

Setelah mengetahu pentingnya memilih platform yang sesuai dengan audiens, sekarang kami akan membagikan 5 tips memilih platform affiliate yang tepat untuk Sobat MEA. Yuk simak!

1. Tentukan Target Pasar

Tips memilih platform affiliate yang tepat yang pertama adalah Sobat MEA harus menentukan target pasarnya terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan Sobat MEA untuk memilih platform, memahami perilaku audiens, media sosial apa yang paling banyak digunakan, hingga jenis konten seperti apa yang paling disukai. Sehingga Sobat MEA akan lebih mudah dalam menyusun strategi pemasarannya.

Contohnya saja Sobat MEA menjual makanan pedas khas Bandung seperti baso aci instan atau camilan lainnya. Jenis makanan ini banyak diminati oleh anak muda, khususnya perempuan yang masih bersekolah, kuliah, hingga kerja. Untuk demografinya, makanan seperti ini banyak diminati oleh konsumen dari berbagai daerah. Namun Sobat MEA bisa memfokuskan ke area Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur terlebih dahulu mengingat di daerah ini tidak banyak ditemukan pedagang baso aci asli.

Artikel Terkait  Apa Itu Customer Service? Ini Penjelasan, Tugas dan 6 Tips Menjadi CS yang Baik!

Di sini, Sobat MEA sudah mendapatkan target pasar yang cukup spesifik, yaitu perempuan Jawa dengan usia 17-25 tahun. Kemudian, Sobat MEA bisa melakukan riset kira-kira target pasar yang seperti itu banyak melakukan pembelian produk atau sering melihat penawaran melalui platform apa.

2. Pahami Karakteristik Pengguna Media Sosial

tips memilih platform affiliate yang tepat

Tips sukses ikut program affiliate berikutnya adalah dengan mengetahui media sosial apa yang paling banyak digunakan oleh target pasar Sobat MEA. Ketahui juga berapa lama mereka menggunakan aplikasi tersebut untuk mengetahui aktivitasnya.

Tentu target pasar Sobat MEA bisa tersebar ke berbagai platform yang membuat Sobat MEA juga harus membuat jenis konten yang berbeda pula sesuai dengan karakteristiknya. Hal ini akan kami bahas di poin selanjutnya. Karena tujuan dari memahami karakteristik pengguna ini tidak hanya untuk pembuatan konten, namun mengetahui bagaimana target pasar Sobat MEA bereaksi terhadap konten yang disajikan kepada mereka.

Seperti contohnya ketika mereka melihat suatu konten yang menarik dan relevan, apakah mereka akan meninggalkan jejak seperti like, komen, sharebookmark, klik tautan, atau akan lanjut scroll saja. Dengan mengetahui karakteristik ini, maka Sobat MEA akan lebih mengetahui jenis konten seperti apa yang paling bisa menarik reaksi dan interaksi dari target pasar.

3. Tentukan Jenis Konten yang Dibutuhkan

sSobat MEA harus bisa membuat konten sesuai dengan selera audiens. Konten ini bisa berupa review produk, informasi mengenai diskon, tutorial, atau konten lainnya. Dengan membuat konten yang sesuai kebutuhan target pasar, maka Sobat MEA bisa meraih engagement dan klik yang lebih tinggi, sehingga komisi yang didapatkan pun akan lebih banyak.

4. Lakukan Riset Kompetitor

Sobat MEA pasti memiliki kompetitor, bukan? Tips memilih platform affiliate yang tepat dan mudah berikutnya adalah dengan memperhatikan platform apa yang digunakan oleh kompetitor. Perhatikan juga jenis konten seperti apa yang mereka gunakan. Lihat juga bagaimana interaksi yang terjadi pada setiap konten. Dengan begitu, Sobat MEA bisa melakukan promosi produk dengan lebih baik dan efektif.

Demikin penjelasan tentang tips memilih platform afiliasi yang tepat untuk bisnismu. Ingat, hal ini perlu Sobat MEA pertimbangkan matang-matang, karena dapat menentukan hasil pemasaran yang Sobat MEA lakukan. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment