5 Tips Menentukan Target Audiens Facebook Ads yang Tepat

by Nabila Rubianty
tips menentukan target audiens facebook ads

Media iklan merupakan cara promosi yang sedang populer dan banyak digunakan saat ini. Namun kesuksesan iklan dinilai dari seberapa besarnya iklan tersebut dapat menarik perhatian audiens. Untuk itu, Sobat MEA perlu tips menentukan target audiens Facebook Ads yang tepat agar nantinya campaign yang dibuat bisa berjalan sesuai tujuan bisnis.

Facebook Ads merupakan layanan iklan berbayar yang diciptakan oleh Facebook. Sobat MEA tentu menyadari bahwa danya Facebook Ads membantu para pebisnis dalam memasarkan produknya.

Kemudian iklan yang sudah dibuat ini akan muncul pada platform platform yang berada di dalam naungan META. Jadi sangat memungkinkan Sobat MEA untuk membuat iklan di Facebook atau Instagram. 

Saat ini memang banyak sekali platform yang telah menyediakan layanan membuat iklan. Namun jika Sobat MEA menggunakan Facebook Ads, ada beberapa manfaat yang akan didapatkan mulai dari jangkauan yang luas, lebih mudah dilacak, hingga mudahnya mencari kesamaan audiens dari pelanggan yang sudah ada.

Table of Contents

Apa itu Target Audiens?

tips menentukan target audiens facebook ads

Bagi yang belum tahu, target audiens adalah sekelompok orang yang di targetkan untuk menjadi konsumen yang tertarik dan ingin menggunakan produk yang ditawarkan. Sekelompok orang ini akan dianalisis oleh perusahaan mulai dari jenis kelamin, usia, alamat tempat tinggal, dan lain lain. 

Target audiens ini bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam menentukan target yang tepat ketika membuat iklan agar dapat meningkatkan penjualan. Namun untuk menentukan target audience yang tepat, ada beberapa jenis target audiens yang disediakan Facebook Ads yang perlu diperhatikan agar menghasilkan iklan yang efektif yaitu:

  1. Core Audience
  2. Custom Audience
  3. Lookalike Audience

5 Tips Menentukan Target Audiens Facebook Ads

Belajar bangun bisnis dengan gabung Komunitas MEA!
Komunitas yang mengedukasi mengenai dunia bisnis serta terbukti membantu para pebisnis dalam mengembangkan bisnisnya hingga sukses.

1. Gunakan Fitur Lookalike

Tips menentukan target audiens Facebook Ads yang pertama yaitu menggunakan fitur Lookalike Audience. Lookalike Audience merupakan fitur Facebook Ads yang akan membantu Sobat MEA dalam menjangkau serta menetapkan audiens yang serupa dengan pelanggan yang sudah ada.

Menggunakan cara ini merupakan cara yang efektif dalam menentukan target audience yang tepat, karena Lookalike akan mencari sasaran yang memiliki kesamaan Dan dengan menggunakan cara ini, Sobat MEA memiliki peluang yang tinggi untuk mendapatkan konversi yang baik.

2. Menentukan Target melalui Lokasi

Ingin bisnis kamu terkenal? Yuk pakai jasa Facebook Ads!
Beriklan menggunakan Facebook Ads menjadi salah satu cara terbaik dalam memasarkan produk. Gunakan Jasa Facebook Ads agar iklanmu lebih efektif.

Tips menentukan target audiens Facebook Ads melalui lokasi dengan menggunakan fitur yang telah tersedia yaitu Local Awareness Ads. Fitur ini akan lebih mudah membantu kamu dalam menyasar lokasi yang spesifik. 

3. Custom Audience

Custom Audience merupakan fitur yang telah disediakan oleh Facebook Ads. Custom Audience akan menjangkau target yang lebih efisien. Untuk menjangkau target, Custom Audience biasanya menggunakan data pelanggan yang telah dimiliki sebelumnya. 

Dari data ini nantinya akan mendapatkan pelanggan yang memiliki keinginan besar untuk mendapatkan atau menggunakan produkmu dan akan menjadi customer tetap. Untuk fitur ini biasanya pelanggan pernah membeli produk di bisnismu melalui website atau aplikasi yang dimiliki oleh suatu brand

4. Gunakan Google Analytics

5. Algoritma Facebook

Bagi para pebisnis sangat memungkinkan untuk menemukan pelanggan baru, oleh karena itu algoritma Facebook akan menemukan pelanggan yang tertarik dengan produk dan jasa yang Sobat MEA tawarkan. 

Selain itu, untuk menemukan pelanggan baru, memungkinkan pelanggan lama akan memberikan rekomendasi mengenai produkmu ke orang lain. Dan jika orang tersebut tertarik maka kamu akan mendapatkan pelanggan baru. 

Itu dia beberapa tips menentukan target audiens Facebook Ads yang bisa kamu terapkan. Jangan sampai membuat iklan dengan target yang tidak tepat. Tentukan dahulu target yang tepat untuk iklan yang akan Sobat MEA buat agar lebih efektif. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment