5 Tips Optimasi Shopee Live yang Perlu Diikuti. Pelajari Yuk!

by Viki
tips optimasi Shopee Live

Setiap upaya penjualan pasti ingin menjadi ramai hingga banyak pembeli, termasuk ketika melakukan Shopee Live. Hanya saja, persaingan bisnis Shopee juga semakin ketat, menjadikan kita dituntut untuk memberikan tampilan yang terbaik. Tapi jangan khawatir, ada beberapa tips optimasi Shopee Live yang bisa diikuti. 

Ya, bahkan melakukan siaran langsung di Shopee saja tidak bisa sembarangan. Diperlukan teknik khusus untuk menghasilkan Live Shopee yang cuan. Terutama bagi seller dan Shopee Affiliate, tidak hanya satu atau dua orang yang menawarkan produk serupa. Pastikan Sobat MEA pun mampu memahami pasar saat ini. 

Itulah mengapa MiMe akan membagikan beberapa tips optimasi Shopee Live yang penting untuk diikuti jika ingin memaksimalkan pemasaran. Ingat, promosi tidak sebatas cuap-cuap atau interaksi semata, Penonton pun ingin lebih dari itu. Jadi, simak artikel ini!

Table of Contents

7 Tips Optimasi Shopee Live Untuk Jualan

Mau tahu bagaimana cara meningkatkan performa Shopee Live?
Yuk optimalkan live Shopee kamu bareng MCN Shopee MEA untuk dapatkan performa terbaik pada bisnismu!

Sobat MEA tentu berfikir bahwa Shopee Live hanya perlu menghadap kamera sambil mengobrol dan menginformasikan seputar produk, harga, spesifikasi, hingga keunggulannya semata. Padahal ada strategi lain yang patut dilakukan agar lebih optimal.

Shopee sendiri menyediakan berbagai fitur menarik untuk promosi seperti Performa Toko, Voucher Toko, Flash Sale, Koin Penjual, Promo Ongkir Toko, Iklan Shopee, hingga Shopee Live. 

Tentunya untuk memaksimalkan hal-hal tersebut dan ciptakan Live Shopee yang cuan, perlu mengikuti tips optimasi Shopee Live melalui berbagai fitur yang dimilikinya. Melansir laman Shopee, berikut uraian lengkapnya:

1. Mengaktifkan Fitur Pengingat

Pertama, Sobat MEA perlu mengaktifkan fitur pengingat untuk meningkatkan kunjungan penonton pada streaming yang akan datang atau sedang berlangsung untuk memaksimalkan performa penjualan ketika siaran berlangsung.

Artikel Terkait  Awas Kecolongan, Gini 7 Cara Logout Akun Shopee Agar Data Tetap Aman!

Dengan fitur Pengaturan Pengingat, pengikut akun Shopee dapat melihat dan menyalakan pengingat sesi streaming di halaman toko. Tapi Sobat MEA juga dapat membagikan pengingat streaming ke pengikut di media sosial melalui fitur ini.

Adapun untuk mengaktifkan pengingat streaming yaitu melalui Pengaturan Pengingat di halaman Live Center.

Selanjutnya, silakan bagikan jadwal streaming yang sudah direncanakan ke media sosial untuk menarik lebih banyak penonton. Sobat MEA juga bisa langsung memulai streaming di halaman Pengaturan Pengingat dengan memilih Mulai Live.

Tunggu tombol Mulai Live muncul selama 30 menit sebelum jadwal streaming. Pada bagian ini, silakan isi rincian, tambahkan produk yang ingin ditampilkan. Dan Sobat MEA bisa mulai siaran.

2. Mengaktifkan Fitur Beri Tahu Pengikut

Jadikan Live Shopee lebih ramai bareng komunitas yang supportif!
tentunya bisa kupas tuntas juga berbagai rahasia sukses mentor expert, hanya di komunitas bisnis online MEA~

Sobat MEA juga perlu mengaktifkan fitur Beri Tahu Pengikut untuk membantu meningkatkan kunjungan saat live streaming. Dengan fitur ini, Sobat MEAdapat mengirimkan notifikasi ke Pengikut untuk memberitahu bahwa sesi live streaming sudah dimulai.

3. Mengaktifkan Fitur Siarkan ke Aplikasi Lain Saat Streaming

Fitur Siarkan ke Aplikasi Lain adalah fitur untuk menyiarkan sesi Shopee Live ke aplikasi selain Shopee. Proses penghubungan ini dapat dilakukan jika Sobat MEA telah memberikan otorisasi pada halaman “Mulai Live Streaming” di halaman Shopee Live.

Dengan begitu, Sobat MEA dapat menjangkau lebih banyak penonton dari luar aplikasi Shopee  pada Live Shopee yang disiarkan serta meningkatkan penjualan toko. Tapi tenang, seluruh proses transaksi dan pembayaran pesanan akan dilakukan melalui aplikasi Shopee.

Artikel Terkait  7 Cara Menambah Followers Shopee Affiliate untuk Tingkatkan Penjualan

4. Mengelola Fitur Tanya Penjual Shopee Live

Sementara itu, ada fitur Tanya Penjual yang memungkinkanmu untuk mendorong konversi pesanan dengan membahas produk sesuai permintaan, serta menjawab pertanyaan Penonton secara langsung.

Dengan fitur ini, Sobat MEA dapat mengetahui produk ditanyakan penonton dan menjelaskannya secara rinci. Untuk pertanyaan tersebut, Sobat MEA bisa mendapatkan notifikasi langsung di kolom Komentar atau pada Daftar Permintaan. Bahkan Sobat MEA juga dapat menampilkan produk yang ingin diperkenalkan untuk menjawab pertanyaan penonton tersebut. 

5. Menyematkan Produk Pada Live Streaming

Sobat MEA juga perlu menyematkan produk yang sedang dipromosikan saat sesi streaming untuk memudahkan Penonton dalam menemukan produk tersebut. Ini terbukti dapat meningkatkan performanya karena mereka dapat langsung melakukan transaksi di dalamnya. Sangat memudahkan, bukan?

6. Mengelola Komentar di Shopee Live

Selanjutnya, Sobat MEA juga bisa menjalankan sesi streaming dengan lancar dengan mengelola kolom komentar.

Misalnya, Sobat MEA mengadakan giveaway, memberikan informasi penting, atau highlight produk, tulis komentar yang terkait dan pin komentar tersebut untuk kemudian ditampilkan pada bagian paling bawah komentar selama siaran.

Sobat MEA bisa menyematkan komentar dengan memilih Pin Komentar. Atau membatalkannya, bisa pilih Unpin Komentar. 

Selain itu, Sobat MEA mungkin menemukan Penonton yang berkata kasar dalam kolom komentar selama streaming. Tapi Sobat MEA dapat memberhentikan mereka untuk komentar selama streaming berlangsung dengan memilih Blokir Komentar. Atau memblokir komentar dengan kata-kata tertentu. 

7. Menggunakan Fitur Polling Shopee Live

Sekian informasi mengenai tips optimasi Shopee Live yang patut diikuti. Tapi ingat, pastikan Sobat MEA berikan penawaran terbaik agar siaran yang ramai ini bisa sekaligus menghasilkan penjualan. Pastikan riset kompetitor juga sebelumnya. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment