8 Tips SEO untuk Pemula yang Wajib Diketahui. Pahami Dulu!

by Bimboi
tips SEO untuk pemula

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui SEO (search engine optimization) dan bagaimana fungsinya. Namun, bagi Digital Marketer dan SEO Specialist itu sangat dibutuhkan dalam mencapai sebuah target pemasaran. Sehingga ilmu dan pekerjaan sebagai seorang SEO Specialist sangat digandrungi saat ini. Namun sebelum jauh menjadi SEO Specialist tentu kita harus mengetahui dasar-dasar SEO dan tips SEO untuk pemula.

Jika tertarik, Sobat MEA wajib tahu 4 tips SEO untuk pemula yang akan penulis bahas. Jadi, bagi Sobat MEA yang ingin menjadi SEO Specialist, wajib banget baca tulisan ini sampai habis ya. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja kita kupas tuntas di artikel ini!

Table of Contents

Apa itu SEO?

Mau belajar jualan online tapi bingung mulai dari mana?
Yuk gabung di komunitas jualan online MEA sekarang juga dan diskusi bareng seller lainnya!

SEO merupakan salah satu cara dalam meningkatkan kunjungan atau traffic pada suatu situs melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, DuckDuckGo, dan Bing. SEO dibutuhkan oleh Marketer karena menjadi salah satu metode dalam melakukan promosi dengan biaya yang terjangkau. 

Umumnya, sebagian besar kunjungan atau traffic datang berasal dari hasil pencarian organik, yaitu SEO. Menariknya, ternyata SEO bisa membawa traffic lebih banyak daripada iklan berbayar, lho! Terkecuali Sobat MEA menggunakan iklan berbayar dengan biaya yang mahal.

6 Tools SEO untuk Pemula

Sebelum mengetahui beberapa tips SEO untuk pemula, tentu Sobat MEA harus mengenali beberapa tools yang bisa Sobat MEA pakai. Berikut daftar tools yang bisa Sobat MEA pakai: 

  1. Google Analytics
  2. Google Search Console
  3. Arefs
  4. Keyword Planners
  5. Keywordtool.io
  6. Moz

Sayangnya, ada beberapa tools untuk SEO yang berbayar untuk digunakan. Jadi, pilih sesuai kebutuhan kamu, ya! 

8 Tips SEO untuk Pemula

Mau punya landing page jualan tanpa harus ribet beli domain dan ngurus dari awal?
Gunakan saja Gowebin. Sekali order, landing page bisa tayang!

Setelah mengetahui apa itu SEO dan apa saja tools yang dibutuhkan, saatnya kita membahas apa saja sih tips SEO untuk pemula. Nah daripada berlama-lama lagi, yuk langsung simak 8 poin utamanya di bawah ini!

1. Keyword

kemampuan dalam mencari kata kunci, atau yang biasa disebut keyword Keyword yang dipilih haruslah relevan dengan konten yang dibuat. Hal ini bertujuan agar konten yang telah diunggah dapat ditemukan dengan mudah oleh para pencari melalui mesin pencari. 

2. Penulisan

Sobat MEA diharapkan bisa menulis konten yang rapi, dimulai dengan penggunaan heading yang tepat sesuai dengan daftar isi. Hal ini juga berpengaruh bagi SEO, lho Sobat MEA! 

3. Penggunaan Alt Text

Alt Text digunakan bagi pengguna Tunanetra untuk memudahkan mereka mengetahui konteks apa yang sedang di bahas pada suatu konten. Alt Text akan berbunyi ketika pengguna Tunanetra menyalakan fitur text to speech. 

4. Cara Kerja Mesin Pencari

Jika situs yang Sobat MEA miliki tidak ada pada index, maka tidak akan muncul dalam hasil pencarian. 

5. SEO On-Page

SEO On-Page merupakan tindakan optimasi konten pada sebuah situs untuk mendapatkan ranking yang tinggi pada sebuah mesin pencari. Penting bagi Sobat MEA yang ingin berkarir sebagai SEO Specialist memahami bagaimana cara optimasi webiste, optimasi konten, optimasi tag judul, link internal, dan bagaimana mengoptimasi performa halaman. 

6. Content Marketing

Content Marketing merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan brand awareness agar pengguna web dapat mengenal bisnis yang Sobat MEA jalankan. 

7. Content Management System (CMS)

Content Management System atau CMS merupakan aplikasi yang membantu Sobat MEA dalam membuat dan mengelola website tanpa melakukan coding. CMS bisa dijadikan pilihan mudah bagi pengguna yang ingin membuat website dengan dana dan kemampuan yang terbatas. 

CMS yang bisa Sobat MEA gunakan antara lain, WordPress, CMS Hub, Magento, Webflow, dan Joomla. Semisal Sobat MEA menggunakan WordPress, Sobat MEA wajib banget nih belajar SEO untuk WordPress, cara mengubah judul, menulis meta deskripsi, struktur URL SEO friendly, dan aspek-aspek lainnya.

8. Menerapkan Otomatisasi SEO

Tidak dapat dipungkiri, pengerjaan SEO mampu memakan waktu yang lama dan dilakukan berkala. Sehingga Sobat MEA perlu mengetahui cara otomatisasi SEO dengan tools yang ada. Tugas SEO yang bisa diotomatisasi antara lain: 

  • Menganalisa kualitas profil link.
  • Website crawls.
  • Position tracking.
  • Analisa keyword intent.
  • Membuat meta description skala besar.
  • Memantau penyebutan brand dan link baru .

You may also like

Leave a Comment