9 Tools Digital Marketing yang Wajib Pemula Miliki Untuk Kembangkan Bisnis Online

by Husna Rahman
tools digital marketing

Digital Marketing merupakan metode bisnis yang sedang naik daun hari ini. Dengan semakin berkembangnya teknologi, sudah mulai banyak bisnis konvensional yang melakukan digitalisasi. Sebagai seorang pebisnis online yang menerapkan digital marketing, tentu saja Sobat MEA harus memiliki tools digital marketing yang bisa mempermudah pekerjaan.

Digital Marketing sendiri memiliki beragam cara dan fokus. Seorang pebisnis bisa memanfaatkan banyak kanal atau platform untuk mulai berbisnis online. Mulai dari penggunaan platform marketplace, website dan teknik SEO lalu menggunakan iklan digital marketing, media sosial serta masih banyak cara-cara yang lainnya.

Apa itu Tools Digital Marketing?

shopeasytools

Sebelum masuk pada rekomendasi, Sobat MEA harus mengetahui lebih dulu apa itu tools digital marketing. Secara singkat, tools digital marketing adalah alat yang bisa mempermudah pekerjaan seorang pebisnis online.

Ada beragam kegunaan dan keunggulan dari setiap tools yang ada. Misalnya, ada tools yang berfokus untuk iklan, ada yang fokus untuk SEO dan ada juga yang berguna untuk membuat perencanaan konten sosial media sampai tools yang berguna untuk editing video dan juga desain grafis.

8 Tools Digital Marketing yang Wajib Pebisnis Online Punya

Setelah mengetahui apa itu tools marketing, MEA ingin merekomendasikan 9 tools terbaik yang wajib seorang pebisnis online miliki. Oke daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak rekomendasi dan penjelasan lengkapnya di bawah ini. Check this out~

1. Robotok

Pertama ada Robotok. Tools marketing satu  ini merupakan robot TikTok yang berguna untuk mengoptimasi akun TikTok pribadi maupun bisnis kamu. Robotok sendiri punya beragam fitur yang menunjang strategi marketing mulai dari optimasi sampai pembuatan konten TikTok.

Beberapa fitur unggulan dari tools marketing Robotok mulai dari riset hashtag TikTok, riset konten, auto follow dan unfollow, riset sound yang viral, comment FYP, broadcast, auto chat seller dan auto like.

Artikel Terkait  Belajar Digital Marketing dari Awal?

2. Shopeasytools

tools digital marketing

Kamu sedang fokus berjualan di marketplace Shopee dan sering keteteran dalam menjalankan operasional toko maupun optimasi produk? Jika memiliki masalah tersebut, maka tools yang paling cocok untuk kamu adalah Shopeasytools

Tools satu ini berguna untuk para seller Shopee yang ingin melakukan optimasi. Bahkan, Shopeasytools disebut sebagai tools penglaris Shopee karena banyaknya fitur-fitur yang berguna. Beberapa fitur tersebut mulai dari auto bid iklan, booster product otomatis, auto follow unfollow, riset kata kunci, riset harga produk, riset kompetitor auto chat dan juga scrape product.

3. Sebari

Selanjutnya ada WA Blaster, Sebari. Sebari sendiri merupakan tools untuk WA Marketing yang bisa memudahkan para pebisnis untuk mulai memasarkan produknya secara langsung pada customer. Jika secara manual, seseorang harus mengirimkan pesan satu per satu pada setiap customer. Namun dengan Sebari, promosi dan chat bisa dikirim secara langsung dengan satu kali klik saja pada ratusan hingga ribuan kontak.

Beberapa fitur unggulan Sebari  yang bisa Sobat MEA dapatkan antara lain penjadwalan chat, auto responder, blast anggota grup WA secara otomatis, pengiriman file secara massal, penarikan database dari grup, sampai fitur pembuatan template pesan sesuai kebutuhan.

4. Mailchimp

Email marketing menjadi salah satu cara yang efektif dalam melakukan pemasaran digital. Tentu saja mengirimkan email secara satu per satu akan menghabiskan waktu yang lama. Untuk itu, menggunakan tools Mailchimp adalah sebuah jawaban.

5. Google Analytics

Analytics merupakan tools gratis yang Google sediakan untuk para pebisnis online. Google Analytics akan memberikan Sobat MEA beragam laporan tentang performa website dari kurun waktu tertentu. Beberapa laporan ini mulai dari bouce rate, revenue, pendapatan, konversi, halaman dan produk terlaris sampai kualitas landing page atau konten di mesin pencari.

Meski tools yang gratis, faktanya Google Analytics ini memiliki beragam fitur unggulan. Beberapa fitur tersebut mulai dari goals, flow visualization sampai laporan audiens dan laporan real time website yang bisa digunakan juga untuk laporan Google Ads.

6. SEMrush

Selanjutnya ada SEMRush. Tools satu ini berfokus pada SEO. Namun, SEMrush juga memiliki fitur lain yang mensupport untuk iklan, content marketing sampai integrasi media sosial. Belum lagi, SEMrush sendiri menawarkan fitur Local SEO untuk bisnis-bisnis kecil.

Karena memiliki banyak fitur yang sangat lengkap, SEMrush sendiri memiliki biaya setiap bulannya. Kendati begitu, banyak fitur-fitur unggulan yang bisa Sobat MEA dapatkan dari SEMrush premium mulai dari keyword magic tools, On-page SEO checker, SEO content template, site audit, position tracking, backlink audit dan juga link building.

7. Canva

Selanjutnya ada Canva. Siapa sih yang nggak tahu tools ini? Canva sendiri merupakan tools gratis berbasis website yang bisa Sobat MEA gunakan untuk melakukan pengerjaan-pengerjaan desain, logo poster sampai konten secara online.

8. Unsplash

tools digital marketing

Sebagai seorang pebisnis online, memperhatikan hak cipta adalah sebuah keharusan. Sobat MEA nggak boleh menggunakan foto yang ada di Google secara sembarangan. Apalagi jika foto tersebut akan Sobat MEA gunakan untuk keperluan bisnis. Secara singkat, hal ini adalah pelanggaran hak cipta yang bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

Tapi tenang, Sobat MEA bisa menggunakan Unsplash sebagai tempat untuk mencari gambar dan foto secara gratis yang bebas dari hak cipta. Unsplash sendiri memiliki banyak sekali kategori dan bisa Sobat MEA gunakan untuk keperluan komersil.

Tentu saja ada beragam keunggulan Unsplash dari tools-tools penyedia gambar lainya. Mulai dari koleksi gambar dengan resolusi tinggi dan adanya credit untuk pemilik foto asli dan navigasi pencarian yang memudahkan Sobat MEA mencari foto yang diperlukan.

9. Notion

Terakhir ada Notion. Notion adalah tools yang sangat berguna untuk pembuatan dan penjadwalan konten sosial media. Notion memiliki tampilan layaknya kalender. Dalam setiap harinya, Sobat MEA bisa memasukan brief atau perancangan konten sosial media. 

Notion biasanya menjadi tempat untuk penulis, desainer grafis dan juga videografer untuk saling berkoordinasi. Notion bisa digunakan untuk menulis sebuah brief konten untuk desainer grafis sampai menulis script video sebagai guide untuk videografer dan editor.

Nah itulah 9 tools digital marketing terbaik yang wajib Sobat MEA sebagai pebisnis miliki. Tools ini bisa mempermudah Sobat MEA dalam melakukan beragam aktivitas digital marketing. Akhir kata, semoga saja artikel ini bisa memberikan referensi dan informasi positif untuk Sobat MEA yang sedang menjalankan bisnis maupun kamu yang sedang belajar menjadi digital marketer.

You may also like

Leave a Comment