5 Tren Digital Ads Terbaru 2024 yang Wajib Dicoba. Tahu?

by Viki
tren digital ads terbaru

Sebagai pebisnis yang ingin sukses menjalankan penjualan secara online, wajib hukumnya untuk menggunakan digital ads. Sebagaimana di era sekarang, digital marketing semakin berkembang pesat. Sehingga selain strategi suksesnya, penting juga untuk update terhadap tren digital ads terbaru. 

Pasalnya tidak semua pebisnis berhasil membawa bisnisnya ke level yang lebih tinggi. Itulah mengapa diperlukan kekuatan digital ads yang dapat memperluas jangkauan potensialnya. Dan hal ini berkaitan juga dengan bagaimana tren digital ads terbaru yang efektif. Dalam artikel ini, yuk, simak informasi lebih lengkapnya!

Table of Contents

Kenapa Perlu Memanfaatkan Digital Ads?

Mau punya skill pasang iklan di IG, TikTok sampai Google?
Yuk bongkar rahasia sukses ala digital marketer dan mentor berpengalaman di komunitas MEA!

Sebagai salah satu strategi digital marketing yang menguntungkan, digital ads tentunya memiliki keunggulan yang patut menjadi alasan perlu digunakan. Dalam hal ini, berikut beberapa keunggulan iklan digital untuk bisnis, di antaranya:

1. Hemat Biaya

Penggunaan digital ads hanya membutuhkan biaya yang relatif lebih sedikit daripada iklan konvensional. Hal ini dikarenakan pesan promosi akan didistribusikan melalui internet dengan memanfaatkan sarana dan pihak tertentu daripada ketika menggunakan iklan konvensional. 

2. Distribusi Pesan Lebih Luas

Seperti namanya, Digital Ads tentu menggunakan sarana online seperti situs web atau website, mesin pencarisocial media platform, dan sebagainya. Digital Ads memiliki pendistribusian pesan pemasaran yang tak terbatas. Sehingga, sifatnya akan menjadi luas dan menyeluruh ke semua audiens. 

Dari cakupan yang luas ini, menentukan jenis iklan kemudian menjadi penting untuk diperhitungkan sesuai dengan target pasar yang diinginkan.

3. Penyampaian Pesan Lebih Cepat

Jika biasanya beriklan secara konvensional perlu persiapan yang memakan waktu, Digital Ads justru dapat membantu promosi bisnis berjalan lebih cepat. Sekali klik, pesan pemasaran yang dibuat kana langsung menyebar ke target pasar bisnismu. 

Artikel Terkait  Konsultasikan Bisnismu Pada Jasa Konsultan Digital Marketing Ini! Jualan Lebih Cuan~

Kecepatan ini tentu tidak lepas dari peranan media internet yang bekerja secara real-time. Setelah iklan disebar, target pasar bisnismu dapat langsung melihat dan memberikan respons terhadap pesan yang disampaikan dalam hitungan detik.

4. Pesan Lebih Tepat Sasaran

Mau omzet toko kamu meningkat pesat?
Yuk langsung aja kerja sama bareng tim advertiser profesional MEA sekarang juga!

Iklan konvensional hanya dapat menyasar pasar secara acak. Sedangkan melalui iklan digital, Sobat MEA dapat mengatur tujuan sesuai target pasar dengan tepat sasaran. Misalnya, Sobat MEA menyasar target pasar milenial, Sobat MEA dapat memilih jenis iklan dengan bentuk visual yang menarik perhatian.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Digital Ads dikenal dapat meningkatkan brand awareness yang lebih efektif. Hal ini tentunya penting untuk menempatkan produk yang akan dijual dan meningkatkan eksistensi bisnis yang dijalani. 

Dengan demikian, Sobat MEA juga akan lebih mudah dalam mencapai tujuan bisnis. Karena iklan digital juga dapat membantumu memperkenalkan produk atau layanan bisnis. 

6. Bekerja Lebih Fleksibel

Menariknya, digital ads juga memiliki sifat yang fleksibel karena setelannya yang sangat luas. Sobat MEA dapat mengatur segala sesuatunya sesuai kebutuhan bisnis mulai dari konsep, bentuk, jenis, hingga budget yang ingin digunakan. Bahkan digital ads lebih terbuka terhadap perkembangan yang berlangsung. 

Itulah mengapa digital ads sangat efektif untuk menjangkau lebih banyak audiens dan membantu bisnis mencapai tujuannya. 

7. Dapat Dilacak Lebih Mudah

Di sini, Sobat MEA dapat memahami visualisasi grafik insight mengenai produk atau layanan bisnis, apakah iklan digital yang dipasang sudah bekerja dengan baik atau belum.

5 Tren Digital Ads Terbaru yang Paling Efektif

Ya, ini penting untuk mulai diperhatikan agar tidak tertinggal dan Sobat MEA dapat memasarkan bisnis yang lebih inovatif. Dengan strategi digital marketing yang baik, Sobat MEA juga akan lebih mudah dalam mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. 

Lantas, apa saja tren Digital Ads terbaru yang sedang viral? Berikut jenis-jenis iklan digital yang trending yang perlu diketahui:

1. Digital Experience

Pada tahun 2023, iklan digital kini berfokus pada optimalisasi pengalaman pengguna. Semakin canggih teknologi pemasaran, semua orang memiliki ekspektasi tinggi terhadap proses transaksi yang serba instan dan cepat.

Itulah mengapa kita perlu memikirkan bagaimana agar pelanggan bisa betah berlama-lama untuk berinteraksi dengan brand.

Misalnya, ketika pelanggan mengakses landing page iklan, pastikan Sobat MEA telah mengatasi masalah-masalah yang terkait seperti loading yang sangat lama, copywriting yang membingungkan, atau informasi yang tidak lengkap. Ini penting untuk diperhatikan agar mereka tidak beralih ke kompetitor lain. 

2. AI (Artificial Intelegence) dan Machine Learning

Dikutip oleh Mac Sources, Digital Marketer dapat memanfaatkan teknologi AI dan machine learning untuk meningkatkan efektivitas iklan online. Ada beberapa contoh penggunaan AI yang bisa digunakan seperti:

  • Automatic Marketing untuk mengelola kampanye yang efisien.
  • Rancangan pesan yang lebih personal untuk mencapai pelanggan yang tepat sasaran. 
  • Mempersingkat proses segmentasi data pelanggan yang berasal dari email, website, dan media sosial. 

3. Live Stream Shopping Ads

Berbeda dengan konten lainnya, Live Streaming memungkinkan pengguna untuk berjualan secara interaktif dan real time dengan konsumen. Dengan Live, konsumen juga dapat melihat produk secara langsung sebelum memutuskan pembelian. Sehingga iklan tidak hanya mendapatkan views, tapi juga sekaligus penjualan. 

4. User-Generated Content

User Generated Content akan terus menjadi tren digital marketing bahkan bisa jug diterapkan untuk iklan digital. Jenis iklan ini juga efektif untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. 

Dalam hal ini, Sobat MEA dapat mendorong konsumen, karyawan, brand loyalist, atau pihak lainnya untuk membuat sebuah konten yang berupa review dari konsumen atau brand story yang ingin dibagikan. 

Tentunya konsep konten tersebut akan tampak menarik, dan juga membuat brand terasa lebih dekat dengan para audiens.

5. Influencer Marketing

Sudah tidak jaman memasarkan produk seorang diri. Untuk itu, Influencer Marketing semakin marak digunakan oleh pebisnis online. Melansir laman Digital Marketing, Influencer Marketing dapat menjangkau audiens yang lebih luas dibandingkan pemasaran tradisional. 

Hal ini dikarenakan Influencer memiliki audiens yang sangat luas dan niche yang spesifik. Sobat MEA bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Menariknya, Influencer Marketing bisa menjadi cara beriklan yang paling praktis asalkan memilih Influencer yang tepat. 

Hanya saja, setiap Influencer memiliki rate yang variatif. Sehingga diperlukan strategi pemilihan Influencer yang tepat agar sesuai budget yang sudah direncanakan.

Nah, itu dia beberapa tren Digital Ads terbaru yang patut dicoba. Tapi ingat, pastikan Sobat MEA sudah merancang strategi pemasaran dengan benar untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selamat mencoba dan semoga sukses!

You may also like

Leave a Comment