Sering Dikira Admin Sosmed, Ini 5 Tugas Social Media Specialist Yang Sesungguhnya!

by Bagus Alhadi
Tugas Social Media Specialist

Perkembangan teknologi membuat jenis pekerjaan makin beragam, salah satunya social media specialist. Kerjaan yang sering disebut admin sosmed ini mempunyai tugas yang sangat penting dalam membangun sebuah akun sosmed untuk berjualan, bukan hanya sekedar scrolling hp saja, melainkan tugas social media specialist lebih dari itu.

Media Sosial saat ini dianggap sebagai salah satu platform yang cukup ampuh untuk marketing. Dengan itu, banyak perusahaan yang kini membuka lowongan pekerjaan pada posisi social media specialist.

Pelamar kerja di posisi ini pun cukup banyak peminat, mulai dari kalangan Gen Z hingga Milenial. Maka dari itu, sebelum terjun lebih dalam ke dunia social media specialist, Sobat MEA harus membawa bekal ilmu terlebih dahulu dengan mengenal tugas-tugas social media specialist yang sering dikira admin sosmed ini.

Lantas apa saja tugas social media specialist itu? yuk kita bahas!

Apa sih Social Media Specialist itu?

Mau belajar bikin konten unik dan menarik agar menjadi social media spesialist yang mahir?

Yuk gabung dan belajar secara gratis bersama ahlinya disini!

Singkatnya, seorang social media specialist mempunyai peranan krusial dalam mengurus akun sosial media milik perusahaan. Bukan hanya sekedar upload foto dan video saja, social media specialist lebih fokus untuk menciptakan konten digital yang kreatif dan menarik demi meningkatkan traffic untuk berbagai platform media sosial dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness, memperkuat marketing, dan tentunya mendorong penjualan.

tugas-social-media-spesialist

Buang jauh-jauh pemikiran bahwa seorang social media specialist hanya mengelola akun dan konten media sosial saja, itu keliru lho. Soalnya, seorang social media specialist juga perlu memperhatikan dan memonitor performa akun dan konten yang pernah disebarkan sebelumnya. Profesi ini juga dituntut untuk bisa mengelola strategi konten supaya bisa mencapai target yang ditetapkan, entah itu target traffic atau penambahan followers.

Seringkali seorang social media specialist bekerjasama dengan tim creative untuk kebutuhan membuat konten digital dalam bentuk gambar, video, foto, maupun audio (podcast) yang menarik.

Dengan seiring berjalannya waktu, kini social media specialist gak cuma dibutuhkan oleh perusahaan saja lho. Namun, oleh kalangan individual juga, seperti halnya influencer atau public figure terutama dari kalangan artis dan juga politisi. Peran social media specialist disini sangat penting dalam membangun “citra baik” individu terhadap khalayak publik.

Tugas Social Media Specialist Apa Aja Sih?

Sebagai seorang social media specialist umumnya bertanggung jawab terhadap tugas yang telah diberikan oleh social media manager, diantaranya :

  • Mengembangkan content plan media sosial yang sesuai dengan platform dan audiens
  • Memperkuat identitas brand
  • Membuat konten yang memiliki value menarik
  • Mengelola konten media sosial dengan volume tinggi
  • Membangun hubungan baik dengan para audiens di media sosial
  • Sebagai perancang program dengan para influencer dan datang ke event–event
  • Menggunakan tools analitik, seperti Google Analytics, Google Search Console, TikTok Analytics, Facebook Analytics
  • Membuat laporan perkembangan media sosial
  • Menawarkan rekomendasi dan saran untuk strategi social media marketing
  • Selalu update dengan perkembangan tren media sosial
  • Menyampaikan arahan kepada tim desain terkait visual konten yang sudah ditentukan

Skill Apa Saja Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Social Media Specialist?

Tugas Social Media Specialist

1. Sosial Media Addict

Kecanduan disini adalah untuk selalu update tentang perbincangan di sosial media, selalu menemukan hal baru yang terjadi di kehidupan masyarakat, apalagi akses internet pada zaman sekarang ini segala informasi semakin cepat dan mudah didapat.

Sebagai social media specialist kamu harus addict terhadap setiap perkembangan informasi dan tren yang ada, bahkan sampai ke penggunaan tools, aplikasi, praktik dan teknologi untuk menunjang kebutuhan kerjamu. Kemampuan ini akan membantumu dalam menciptakan konten yang relevan.

2. Kemampuan Storytelling & Copywriting

Seorang social media specialist juga diakui sebagai mediator pesan dari perusahaan ke audiens melalui media sosial. Untuk melaksanakan tugasnya dengan baik, diperlukan keterampilan dalam menulis, termasuk kemampuan dalam storytelling dan copywriting.

Skill ini wajib dimiliki karena untuk menyesuaikan gaya bahasa dan penyampaian pesan yang tepat di berbagai platform media sosial.

3. Pemahaman Dasar SEO

SMS harus mengetahui dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan visibilitas konten di media sosial.

4. Networking dan Pengetahuan Yang Luas

Kemampuan berkomunikasi dengan baik wajib dimiliki oleh seorang social media specialist karena pekerjaan mereka selalu terhubung dengan audiens dan punya tanggung jawab membawa nama brand kamu di hadapan audiens. Agar tidak tampak bingung ketika berhadapan dengan audiens, maka kamu harus memiliki skill tersebut.

Nah itu dia rangkain tugas social media spesialist yang menurut sebagian orang tugasnya sama seperti admin social media. So apakah Sobat MEA tertarik untuk bekerja dibidang ini? Jangan lupa untuk belajar terus skill yang dibutuhkan ya. Kalau Sobat MEA tertarik untuk belajar tentang social media lebih banyak lagi, Ikuti terus komunitas MEA ya!

You may also like

Leave a Comment