3 Tujuan Digital Marketing. Bukan Hanya Tingkatkan Penjualan?

by Bimboi
tujuan digital marketing

Sobat MEA mungkin pernah melihat berbagai bisnis yang melakukan iklan di platform sosial media atau pun yang muncul pada situs yang Sobat MEA kunjungi. Iklan atau kampanye yang ada di internet merupakan salah satu cara digital marketing bekerja. Digital Marketing kini jadi salah satu cara yang digunakan pebisnis saat ini untuk memasarkan produk atau jasanya. Namun, tidak semua pebisnis tahu, apa tujuan digital marketing tersebut. 

Sebelum mengetahui apa tujuan digital marketing, mari kita ulas dahulu apa itu digital marketing dan apa saja aspek penting yang ada di dalamnya. 

Pengertian Digital Marketing

Saatnya belajar digital marketing dari para pelakunya langsung!
Yuk gabung ke komunitas bisnis online MEA sekarang juga!

Digital marketing merupakan metode pemasaran secara digital yang biasanya dilakukan oleh seorang marketer atau pebisnis. Pemasaran tersebut dapat berbentuk dalam berbagai hal. Seperti Iklan Radio, Iklan TV, konten marketing, dan iklan pada sosial media. 

Tidak ada perbedaan yang jauh berbeda dengan marketing konvensional yang telah dilakukan oleh orang-orang dari zaman dahulu. Perbedaan yang jelas nyata adanya adalah, seorang marketer atau pebisnis mendapat kesempatan dalam berinteraksi dengan calon konsumennya di internet. Sehingga, mudah untuk calon konsumen mengenal produk yang ditawarkan oleh marketer. 

2 Jenis Digital Marketing

Bagi Sobat MEA yang mungkin belum tahu, terdapat dua jenis digital marketing yang umum digunakan oleh para marketer di seluruh dunia. Nah berikut ini adalah 2 jenis digital marketingnya:

1. Push Digital Marketing

2. Pull Digital Marketing

Dalam pull digital marketing, marketer atau pebisnis menawarkan produk atau jasa dengan cara yang halus atau subtle. Sehingga calon pembeli merasa penasaran dan ingin mencari tahu tentang informasi produk yang ditawarkan. 

3 Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis

tujuan digital marketing

Dalam penerapan digital marketing, tentunya marketer dan pebisnis mendapatkan manfaat dari penggunakan digital marketing dalam bisnis. Jadi bukan hanya penjualan, berikut adalah 3 manfaat yang bisa didapatkan:

1. Mengangkat Sales atau Penjualan

Dengan luasnya jangkauan yang didapat ketika menggunakan iklan digital, penggunaan digital marketing akan mampu meningkatkan sales atau penjualan pada suatu bisnis. Penggunaan digital marketing seperti sosial media dan juga iklan mampu membuat calon target konsumen mulai mengenali suatu produk yang bermuara pada keputusan pembelian suatu produk oleh calon pembeli. 

2. Minim Biaya

Jika Sobat MEA terkendala akan biaya dalam pemasaran suatu produk atau jasa, digital merupakan solusi tepat untuk meminimalisir biaya pemasaran. Karena Sobat MEA dapat menggunakan iklan Meta yang bisa diatur sedemikian rupa, mulai dari biaya yang dikeluarkan setiap kali Sobat MEA ingin melakukan iklan, dan durasi yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

3. Menjangkau Target Market yang Lebih Luas

Sobat MEA bisa mengatur kepada siapa target iklan yang diingingkan. sehingga besar kemungkinan iklan yang Sobat MEA tayangkan akan tepat sasaran sesuai dengan strategi yang telah direncanakan. 

Selain dari jenis kelamin, Sobat MEA dapat mengatur target audiens dari umur, pekerjaan, lokasi, hingga status pernikahan. Canggih banget ya, Sobat MEA?! Bentuk Meta Ads yang dapat ditampilkan juga beragam, mulai dari teks, video, hingga gambar. Kamu dapat menggunakan media tersebut sesuai dengan target market yang sesuai, lho!

Artikel Terkait  Apa itu Monkey Business? Yuk Kenali Ciri-Cirinya. Berbahaya!

Tujuan Digital Marketing

Tujuan digital marketing

Setelah mengetahui pengertian serta manfaat dari digital marketing, Sobat MEA juga harus mengetahui apa sebenarnya tujuan dari digital marketing. Nah berikut ini adalah tujuan-tujuan utama yang bisa dicapai oleh metode digital marketing:

Brand Awareness

Tujuan dari digital marketing pada umumnya adalah meningkatkan sales atatau penjualan. Namun, dalam meningkatkan penjualan di era digital ini perlu untuk meningkatkan aspek-aspek lainnya. seperti, awareness pada merek atau produk yang hendak dijual, interaksi antara calon pembeli dan pembeli dalam rangka menjaga loyalitas dan membangun trust.  

Dengan begitu, produk ataupun jasa yang ditawarkan tidak hanya viral pada masa tertentu saja. Namun bisa tetap eksis dan mendapat penjualan di setiap waktunya. Hal ini juga harus dibarengi dengan strategi pemasaran yang efektif dan sesuai dengan target market pasar dan perilakunya yang kerap kali berubah mengikuti perkembangan zaman. 

Meningkatkan Loyalitas Customer

Loyalitas dan trust yang dibangun oleh suatu brand dapat dirasakan oleh audiens karena adanya interaksi antara suatu merek dengan audiens. Tentu hal ini sangat penting untuk menjaga loyalitas audiens agar tidak pindah ke lain hati saat membeli atau menggunakan suatu produk atau jasa. 

Dengan adanya branding yang positif dari suatu brand, mampu meningkatkan rasa loyalitas dan juga keinginan untuk pembelian berulang pada konsumen. Jadi, jangan lupa ya untuk menjaga hubungan kamu dengan audiensmu!

You may also like

Leave a Comment