Ukuran Banner FB yang Benar & 7 Tips Membuat Banner Efektif Untuk Bisnis

by Viki
ukuran banner fb

Seperti yang kita ketahui, Facebook adalah social media platforms yang membantu kita untuk terhubung, berbagi, dan mengikuti berita dari teman-teman, keluarga, hingga mengembangkan bisnis. Tapi untuk menggunakannya, Sobat MEA perlu mengetahui ukuran banner FB yang benar untuk meningkatkan penjualan. 

Ingin Belajar Bisnis Facebook yang Lebih Cuan?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Melansir laman resmi Facebook for Business, Facebook juga menyediakan peluang besar untuk memperluas jangkauan dan membangun hubungan dengan audiens mereka. Salah satu cara yang efektif untuk menarik perhatian pengguna Facebook adalah dengan menggunakan banner yang menarik dan profesional.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang ukuran banner FB yang ideal untuk profil pribadi dan halaman bisnis. Kami juga akan memberikan tips dan panduan tentang cara membuat banner yang menarik dan sesuai dengan aturan Facebook. Mari kita mulai!

Table of Contents

Ukuran Banner FB yang Benar Untuk Promosi

Mengapa Sobat MEA perlu mengetahui ukuran banner FB yang sesuai? Tentu saja agar  foto sampul dan foto profil terlihat menarik, dan tentu saja agar tampilan gambar sesuai ekspektasi.

Jika Sobat MEA upload foto dengan ukuran yang nggak sesuai, Facebook secara otomatis akan melakukan cropping atau melakukan resize gambar, sehingga hasilnya nggak maksimal.

Oleh karena itu, Sobat MEA perlu menyiapkan dari awal, terutama soal ukuran banner FB. Berikut uraian lengkapnya:

Untuk Profil Pribadi

Perhatikan bahwa foto dengan ukuran ini akan menampilkan dengan baik di desktop maupun perangkat seluler. Pastikan untuk mengunggah foto dengan resolusi yang tinggi agar tampilannya jernih dan profesional.

Jasa Facebook Ads Profesional
Jadikan Bisnis Lebih Dikenal Luas dengan Iklan FB yang profesional. Percayakan pada kami untuk hasilkan promosi yang lebih menguntungkan!

Untuk Halaman Bisnis

Ukuran banner Facebook untuk halaman bisnis berbeda dengan profil pribadi. Ukuran ideal untuk banner halaman bisnis adalah dengan aspect ratio 820 pixel lebar dan 360 pixel tinggi. 

Meskipun tingginya sama dengan cover photo profil, lebarnya sedikit lebih besar untuk memungkinkan tampilan yang lebih baik di desktop. Penting untuk diingat bahwa foto dengan ukuran yang lebih kecil mungkin akan terlihat buram dan nggak menarik bagi pengunjung halaman bisnismu.

7 Tips Membuat Banner FB yang Menarik

Jangan salah, mempromosikan bisnis menggunakan Facebook memiliki banyak keuntungan. Mengingat pengguna Facebook yang semakin banyak, maka semakin banyak pula peluang yang akan didapatkan. Itulah mengapa Sobat MEA harus membuat Facebook Page semenarik mungkin. 

Salah satu caranya yaitu dengan mengatur tampilan Facebook. Dengan hal tersebut, fanpage Facebook akan terlihat lebih menarik dan meyakinkan bagi customer.

Dalam hal ini, MiMe juga akan membagikan beberapa tips penting yang dapat Sobat MEA gunakan untuk membuat banner Facebook yang menarik. Berikut beberapa tips penting tersebut:

1. Sesuaikan dengan Branding

Pastikan bannermu mencerminkan identitas merekmu. Gunakan logo dan palet warna yang konsisten dengan identitas merek untuk membantu membangun kesan yang kuat.

2. Sederhana dan Jelas

3. Gunakan Gambar yang High Quality

Kualitas gambar sangat penting untuk menciptakan kesan profesional. Pastikan foto yang Sobat MEA gunakan memiliki resolusi tinggi dan nggak terdistorsi saat diunggah ke Facebook.

4. Pertimbangkan Responsif

Pastikan bannermu menampilkan informasi penting di tengah-tengah gambar, mengingat ukuran dan penempatan yang berbeda di desktop dan perangkat seluler.

5. Hindari Pelanggaran Aturan Facebook

Pastikan bannermu nggak melanggar pedoman Facebook. Jangan menggunakan gambar berisi konten yang nggak pantas atau melanggar hak cipta.

6. Perangkat Lunak untuk Membuat Banner

Sobat MEA nggak harus menjadi seorang desainer profesional untuk membuat banner yang menarik. 

Terdapat banyak perangkat lunak dan alat desain grafis yang dapat membantumu membuat banner dengan mudah, seperti Canva, Adobe Photoshop, atau Crello. 

Perangkat-perangkat ini memiliki template yang telah dioptimalkan untuk ukuran banner Facebook, sehingga Sobat MEA dapat dengan cepat membuat desain yang menarik.

7. Perbarui Secara Berkala

Agar halaman profil atau halaman bisnismu tetap menarik dan segar, pertimbangkan untuk memperbarui banner secara berkala. Sobat MEA dapat mengganti banner sesuai dengan kampanye pemasaran, musim, atau peristiwa khusus untuk menarik perhatian pengunjung.

Dalam hal ini, artinya ukuran banner FB yang ideal untuk profil pribadi adalah 820 piksel lebar dan 315 pixel tinggi, sedangkan untuk halaman bisnis adalah 820 piksel lebar dan 360 piksel tinggi.

Dengan mengikuti pedoman dan tips yang disebutkan di atas, Sobat MEA dapat membuat banner yang menarik dan profesional, yang dapat meningkatkan daya tarik dan pengaruh halamanmu dii Facebook. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

You may also like

Leave a Comment