Berapa Sih Ukuran Landing Page yang Ideal? Begini Penjelasannya!

by Viki
landing page untuk produk digital

Bagi pebisnis, Landing Page merupakan salah satu alat penting untuk memasarkan produk atau jasa. Landing page dapat memudahkan penjual untuk menyampaikan informasi produk secara menyeluruh sekaligus memudahkan pembeli untuk memahami produk serta melakukan transaksi di dalamnya. Tapi untuk membuatnya, perlu ukuran landing page yang tepat, lho!

Selain membuat Landing Page terlihat menarik, ukuran yang tepat juga dapat membuat promosi lebih efektif. Sebagaimana landing page memang sering digunakan untuk launching produk baru, menawarkan diskon, sampai menjadi tempat checkout para calon pembeli.

Dengan menerapkan ukuran yang sesuai, Sobat MEA dapat meningkatkan conversion rate dari pengunjung yang mengakses landing page tersebut. Semakin banyak pengguna yang berkunjung, semakin besar peluangmu mendapatkan pembeli. Tapi untuk hal ini, berapa sih ukuran landing page yang tepat? 

Table of Contents

Mengapa Ukuran Landing Page Penting?

Ingin Pandai Membuat Landing Page yang Efektif?
Yuk gabung diskusi bareng seller berpengalaman di komunitas bisnis online MEA yang full insight ini!

Perlu diketahui bahwa membuat landing page yang panjang dapat menghasilkan konversi yang lebih besar dibandingkan Landing page yang pendek. Karena pengunjung bisa mendapatkan informasi yang lebih detail dan lebih yakin untuk membeli produk yang mereka pelajari tersebut. 

Tapi jangan sampai memasukkan informasi yang terlalu banyak. Hal ini dapat membuat landing page terkesan rumit dan membingungkan pengunjung ketika mereka berkunjung. Alih-alih tertarik, mereka justru merasa malas untuk membacanya.

Berapa Ukuran Landing Page yang Ideal?

Mau punya landing page sendiri dengan mudah?
Pakai Gowebin aja. Kamu bisa dapat website + landing page sendiri!

Sebenarnya tidak ada ukuran landing page yang ideal untuk membuat landing page. Tapi ada beberapa faktor yang mempengaruhi seberapa panjang landing page yang harus dibuat. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi ukuran landing page tersebut:

1. Industri
2. Audiens
3. Kata kunci
4. Jenis produk yang dipromosikan

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi sehingga tidak ada ukuran yang pasti untuk landing page. Sobat MEA dapat menentukan sendiri ukurannya. Dalam hal ini, Sobat MEA dapat menganalisa landing page milik kompetitor dengan tools tertentu untuk menguji performa landing page milikmu. 

Namun menurut studi Unbounce menemukan bahwa halaman dengan gambar berukuran 1MB+ dapat mengurangi konversi sebesar 1,6%. Oleh karena itu, Sobat MEA bisa menggunakan alat bantu untuk mengoptimalkan gambar atau mengkompres gambar supaya lebih ringan untuk ditampilkan.

Landing Page Panjang vs Landing Page Pendek

ukuran landing page

Baik landing page panjang maupun landing page pendek, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sobat MEA perlu memilih sesuai kebutuhan dan tujuan bisnis. 

Waktu Untuk Landing Page Panjang

Berikut beberapa hal yang dapat menentukan kapan sebaiknya Sobat MEA memilih struktur yang panjang untuk landing page:

1. Lead Nurturing

2. Membangun Kepercayaan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, landing page panjang dapat membangun hubungan dengan pelanggan. Dalam hal ini, artinya landing page juga dapat membantumu membangun kepercayaan bisnis. Di sini, Sobat MEA dapat memasukkan testimoni, studi kasus, dan detail produk. Dengan ini, Sobat MEA dapat meyakinkan audiens untuk bertransaksi di tokomu. 

3. Menghasilkan Calon Pelanggan Potensial

Sobat MEA tentu ingin mendapatkan calon pelanggan potensial, bukan? Nah, landing page panjang dapat menjadi pilihan yang tepat. Tentunya melalui penyajian informasi detail, manfaat, dan fitur dari produk atau layanan di dalamnya. Sehingga Sobat MEA berpotensi besar untuk menarik minat calon pelanggan tersebut. 

Waktu Untuk Landing Page Pendek

Berikut beberapa hal yang dapat menentukan kapan sebaiknya Sobat MEA memilih struktur yang pendek untuk landing page:

1. Pengumpulan Data Calon Pelanggan

Bisa dibilang, landing page pendek lebih efektif untuk mengumpulkan data calon pelanggan. Karena landing page jenis ini dapat  menjaga halaman tetap ringkas dan jelas. Sehingga Sobat MEA dapat menarik pengunjung untuk mengisi form pengumpulan data secara langsung tanpa terkesan berbelit-belit. 

2. Promosi

Ketika hubungan dengan pelanggan sudah terbangun, inilah saat yang tepat untuk menawarkan produk atau jasa secara langsung. Dan Landing page pendek sangat cocok untuk mempromosikan penawaran atau diskon produk yang dijual. 

Tapi pastikan pengunjung sudah memiliki pengetahuan tentang produkmu, karena Landing Page yang pendek hanya akan menampilkan manfaat atau penawaran dari produkmu. Sehingga waktu yang diperlukan akan lebih singkat tapi menghasilkan konversi yang tinggi menjadi lebih efektif. 

3 Dimensi Landing Page

ukuran landing page

1. Landing Page Desktop

Pertama ada ukuran layar desktop dan laptop yang telah tersedia dalam berbagai ukuran dan resolusi untuk berbagai jenis perangkat. Tapi sebagian besar yang bisa digunakan untuk perangkat desktop adalah 1920 x 1080 piksel. 

Dalam hal ini, jika Sobat MEA ingin membuat landing page, usahakan menggunakan resolusi minimal 1280 piksel. Jika layar perangkat lebih kecil, nantinya ukuran tersebut akan menyesuaikan dengan ukuran layar. 

2. Landing Page Tablet

Menurut penelitian dari Statcounter, sebanyak 40,4% pengguna tablet menggunakan resolusi layar 1024 x 768 piksel. Oleh karenanya, Sobat MEA perlu membuat desain ukuran landing page yang disesuaikan dengan ukuran 1024 x 768 piksel untuk tablet.

3. Landing Page Mobile

Sebagian besar masyarakat telah menggunakan smartphone untuk mengakses internet. Maka jika Sobat MEA menargetkan pelanggan melalui iklan organik atau berbayar, mereka tentu akan melihat produk atau jasa melalui perangkat mobile. 

Sehingga Sobat MEA perlu memperhatikan tampilan landing page untuk perangkat mobile. Sobat MEA dapat menggunakan ukuran dimensi lebih dari 320 × 568 agar hasil lebih maksimal. 

Nah itu dia penjelasan mengenai ukuran landing page dari mulai resolusi, ketentuan penggunaan sampai dengan dimensi landing page. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang ingin menggunakan landing page untuk berbisnis.

You may also like

Leave a Comment