Ternyata Begini Ukuran Story Instagram yang Ideal! Jangan Asal Posting~

by Viki
ukuran story instagram

Sobat MEA tentu menyadari bahwa media sosial telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk Instagram yang telah menjadi wadah untuk berbagi momen penting hingga berbisnis. Apalagi dengan adanya fitur yang paling ikonik yaitu “Instagram Stories”. Tentunya Sobat MEA perlu mengetahui ukuran story Instagram agar tidak terpotong saat diposting. 

Mau Tahu Cara Jualan di Sosial Media yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Story Instagram adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto atau video singkat dalam format vertikal yang akan hilang dalam waktu 24 jam. Fitur ini telah menjadi salah satu bagian dari pengalaman pengguna yang telah mempengaruhi cara kita berbagi dan mengonsumsi konten di Instagram.

Dalam artikel ini, MiMe akan membagikan informasi seputar ukuran Story Instagram dan bagaimana cara menggunakan ukuran IG Story secara efektif dalam strategi pemasaran. Simak ya!

Berapa Ukuran Story Instagram yang Ideal?

Perlu diketahui, Instagram memiliki ukuran yang berbeda-beda untuk postingan feed, Reels, IGTV, hingga Instagram Story. Jika biasanya ukuran feed Instagram berbentuk persegi, maka story memiliki bentuk vertikal. Feed memiliki jenis ukuran foto dan video yang bervariasi, ukuran story Instagram justru hanya satu variasi.

Pada umumnya, story Instagram menggunakan satuan piksel yaitu 1080 x 1920 piksel. Sehingga memiliki lebar 1080 piksel dan tinggi 1920 piksel serta perbandingan rasio 9:16. Sedangkan ukuran yang tepat untuk membuat story berkualitas HD yaitu 1080 x 1920 piksel agar gambar terlihat lebih tajam

Jasa Pembuatan Konten Sosmed Terbaik

Butuh story yang interaktif dan potensial untuk jualan? Yuk kerja bareng tim konten sosmed MEA, terima beres~

Berikut uraian lengkap mengenai ukuran story Instagram yang cocok untuk membuat konten dapat menarik perhatian:

  • Kualitas HD:  1920 x 1080 piksel
  • Kualitas gambar menengah: 720 x 1280 piksel
  • Kualitas gambar kecil (pecah): 450 x 800 piksel

Dalam hal ini, semakin kecil ukuran Story Instagram yang dibuat, semakin cepat proses unggah yang dilakukan. Tapi kembali lagi pada koneksi internet yang Sobat MEA gunakan dan tujuan Insta Story yang Sobat MEA bagikan tersebut. 

Berapa Ukuran Video Instagram yang Berkualitas?

Yuk, Belajar Desain Konten Story yang Ciamik Agar Pelanggan Kian Tertarik!

Dapatkan dan kuasai berbagai strategi jitunya di sini!

Selain ukuran story Instagram, Sobat MEA juga perlu mengetahui ukuran video Instagram Story agar tidak macet, buram, atau tersendat saat diputar. 

Pada umumnya, video untul story Instagram harus memiliki frame rate minimal 30 FPS (frame per detik). Sedangkan ukuran resolusinya minimal 720 piksel. Dalam hal ini, penting untuk kompresi video Story IG yang diunggah. Meskipun kualitas di perangkat terlihat bagus, belum tentu bagus juga saat diposting. 

Untuk mencegahnya, penting untuk memilih resolusi story Instagram yang tinggi. Jangan lupa perhatikan juga frame rate pada videomu tersebut. Dengan begitu, bukan tidak mungkin konten yang Sobat MEA buat cocok untuk meningkatkan bisnismu.

Nah, itu dia uraian tentang ukuran story Instagram yang perlu Sobat MEA ketahui. Untuk hal ini, Sobat MEA dapat menggunakan berbagai fitur kreatif yang disediakan oleh Instagram untuk membuat cerita yang menarik, baik untuk pribadi maupun bisnis. 

Artikel Terkait  2 Cara Slowmo di Capcut Tanpa Patah-Patah, Ternyata Mudah!

Gunakan Story Instagram dengan bijak dan kembangkan strategi yang sesuai dengan tujuan. Ingatlah untuk selalu mempertahankan kualitas konten dan berinteraksi dengan pengikut secara aktif untuk mempertahankan eksistensi. 

You may also like

Leave a Comment