Ini Dia Ukuran Video Facebook yang Efektif Untuk Promosi Bisnis. Yuk, Intip!

by Viki
ukuran video facebook

Salah satu strategi pemasaran di Facebook adlan dengan mempertimbangkan ukuran video Facebook. Sebagai salah satu platform media sosial terbesar di dunia, Facebook menyediakan berbagai opsi ukuran video untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang berbeda. Lalu, mana ukuran video di Facebook yang paling tepat untuk iklan? Dalam artikel ini, MiMe akan membahas ukuran video Facebook Ads dan bagaimana Sobat MEA dapat memanfaatkannya untuk kampanye pemasaran.

Sebelum itu, yuk bahas ukuran video yang dapat Sobat MEA gunakan di Facebook. Ukuran video Facebook tergantung pada format dan jenis video yang Sobat MEA ingin unggah. Adapun penjelasannya Sobat MEA bisa simak di bawah ini. 

Table of Contents

Berapa Ukuran Video Facebook?

Konten video Facebook merupakan metode pemasaran yang paling efektif karena dapat dilihat banyak pengguna. Ketika mengunggahnya di feed, konten promosi yang berupa video tersebut akan bertahan sangat lama, bahkan bisa selamanya.

Artinya, konten Sobat MEA berpotensi menjangkau audiens dengan sangat luas. Selama video tersebut masih relevan, konten tersebut masih bisa tersebar di seluruh halaman timeline teman-teman Facebook. Jadi, bisa dibilang bahwa video Facebook bisa menjadi strategi promosi yang tepat. 

Gabung Komunitas Bisnis Facebook MEA
Dapatkan berbagai insight dan strategi jitu untuk cuan di Facebook serta berbagai ide konten promosi yang efektif dan juga bimbingannya. GRATIS!!!

Selain ukuran video iklan Facebook, Sobat MEA juga dapat mempertimbangkan format file video yang kompatibel dengan Facebook. Adapun format file video yang didukung oleh Facebook adalah MP4, MOV, AVI, dan lainnya. Tapi untuk hasil terbaik, kami sarankan untuk menggunakan format MP4 karena format ini memiliki kualitas yang baik dan ukuran video untuk Facebook yang relatif kecil, sehingga lebih mudah untuk diunggah dan hasilnya tidak akan pecah.

Artikel Terkait  7 Cara Membuat Feed Instagram Nyambung dengan Canva. Ternyata Semudah Ini~

Tidak hanya ukuran dan format file video, Facebook juga menawarkan berbagai fitur untuk memaksimalkan pengalaman pengguna saat menonton video di platform ini. Diantaranya adalah Sobat MEA bisa menambahkan teks, stiker, dan tautan ke video untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Sobat MEA juga dapat mengaktifkan fitur autoplay yang akan memutar video secara otomatis ketika pengguna menelusuri beranda mereka.

Lalu, berapa rasio ukuran video Facebook yang paling tepat untuk iklan? Setidaknya ada tiga jenis ukuran video Facebook yang umum digunakan untuk keperluan bisnis, yaitu:

1. Video landscape (16:9)

Format video ini adalah yang paling populer di Facebook. Ukuran optimal untuk video landscape adalah 1280×720 piksel dengan rasio aspek 16:9. Ini berarti bahwa video Sobat MEA harus memiliki lebar 1280 piksel dan tinggi 720 piksel. Video landscape dapat Sobat MEA gunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari iklan hingga video tutorial.

2. Video portrait (9:16)

Format video ini cocok untuk tayang di layar ponsel. Ukuran optimal untuk video portrait adalah 1080×1920 piksel dengan rasio aspek 9:16. Ini berarti bahwa video yang Sobat MEA buat harus memiliki lebar 1080 piksel dan tinggi 1920 piksel. Video portrait sering digunakan untuk iklan dan konten media sosial yang dirancang untuk tayang pada layar ponsel mengingat banyak pengguna yang mengakses Facebook dengan ponsel. Dengan format video ini, Sobat MEA bisa menampilkan lebih banyak informasi karena ukurannya yang penuh.

Jasa Iklan FB Profesional
Beriklan memang dinilai sebagai kiat promosi yang sangat efektif. Tapi perlu strategi yang pasti agar hasilnya gak bikin gigit jari. Nah, saatnya kamu konsultasikan iklanmu untuk hasil terbaik bersama kami!

3. Video square (1:1)

Tidak hanya mempertimbangkan ukuran video Facebook saja, masih ada beberapa faktor penting yang harus Sobat MEA perhatikan saat mengunggah video iklan ke Facebook. Hal ini berkaitan dengan efektivitas promosi nantinya. Oleh karena itu, yuk, lanjut simak artikel ini sampai habis. 

4 Faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Mengunggah Video Facebook

Ya, sebelum mengunggah video iklan ke Facebook, ada baiknya Sobat MEA memperhatikan beberapa hal penting terlebih dahulu. Setidaknya ada 4 faktor yang perlu Sobat MEA perhatikan, yaitu:

1. Pastikan Video Memiliki Durasi yang Sesuai

Video terlalu panjang akan membuat pengguna bosan dan langsung meng-skip video iklan Sobat MEA. Sedangkan jenis video pendek sendiri lebih disukai oleh pengguna Facebook, terutama untuk konten iklan. Untuk itu, pastikan video iklan yang dibuat bisa langsung menunjukkan manfaat dan tujuannya, ya. Selain itu, pastikan bahwa video memiliki kualitas visual dan audio yang baik, sehingga pengguna dapat menikmati konten tanpa kesulitan. Dengan durasi yang lebih singkat ini, maka ukuran video Facebook akan lebih kecil dan lebih mudah untuk diunggah.

2. Pertimbangkan Ukuran Video Facebook

Facebook memiliki batasan file size video yang dapat Sobat MEA unggah. Batas ukuran video tergantung pada jenis video dan resolusi yang Sobat MEA gunakan. Jika file size video terlalu besar, hal ini dapat menyebabkan video menjadi lambat atau bahkan tidak dapat dimuat. Oleh karena itu, pastikan ukuran file video Sobat MEA sudah sesuai dengan rekomendasi Facebook.

Ingin Video Promosi Lebih Maksimal?
Yuk, ketahui bagaimana beriklan di Facebook dengan video ciamik beserta berbaagai tips n trick nya yang sangat penting untuk bisnismu. Dan semuanya bisa kamu dapatkan hanya di sini.

3. Sertakan Deskripsi Video yang Jelas dan Informatif

4. Memilih Thumbnail Video yang Menarik

Thumbnail video adalah gambar mini yang ditampilkan di Facebook sebelum video dimainkan. Thumbnail yang menarik dapat membantu meningkatkan klik dan interaksi pengguna. Pilih thumbnail yang merepresentasikan konten video dengan baik dan menarik perhatian pengguna.

Itu dia tips seputar ukuran video Facebook yang perlu Sobat MEA ketahui. Meski video dapat mempengaruhi keberhasilann pemasaran, Perlu Sobat MEA ingat bahwa ukuran video Facebook hanya satu faktor dalam strategi pemasaran video.  

Selain ukuran, pastikan konten video yang Sobat MEA buat memiliki isi yang menarik dan relevan untuk target audiens. Gunakan narasi, animasi, dan visual yang menarik untuk membuat video iklan Facebook lebih menarik. Selain itu, pastikan konten video memiliki pesan yang jelas dan mudah dipahami oleh pengguna. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment